52 Alat – Alat Kesehatan untuk Pemula Paling Lengkap

Nama Alat Medis sangat banyak dan beragam. Hal ini meniscayakan teman-teman -terutama yang menggeluti dunia medis– untuk memahaminya satu per satu.

Bagi adek-adek yang masih kuliah di kesehatan, barangkali akan ada tugas-tugas dari dosen yang berkaitan dengan alat kesehatan secara lengkap.

Atau mungkin hanya dituntut untuk tahu alat – alat kesehatan tertentu saja semisal alat bedah, atau alat diagnose dan sejenisnya.

Sungguh mengherankan jika teman-teman yang bergelut dalam dunia medis tetapi tidak mengenal alat alat ini.

Meskipun cara menggunakannya belum terlalu bisa, tetapi setidaknya teman-teman mengenal gambar dan fungsinya.

Ini sangat penting teman-teman. Nah, atas dasar itu kk ingin sharing ke adek-adek mahasiswa dan siapa pun yang menggeluti dunia kesehatan terkait alat-alat kesehatan ini.

52 Nama Alat Medis dan Fungsinya

Karena begitu banyaknya alat-alat medis ini, kk hanya akan sharingkan 52 saja.

selain nama dan gambar, kk juga akan memberikan penjelasan terkait fungsinya. Bahkan pada beberapa alat akan kk jelaskan cara menggunakannya. Baiklah, langsung aja ya :

1. Alat Suntik

alat medis

alat suntik

Alat suntik ini pasti adek-adek sudah tahu. Sekalipun barangkali ada yang belum pernah disuntik sama sekali, tetapi kk yakin setidaknya pernah melihat benda ini.

alat suntik dalam dunia medis sering disebut Syringe.

Istilah lain yang juga digunakan adalah Spuit atau Spet. Adapun fungsinya, alat suntik digunakan untuk memasukan obat cairan ke tubuh manusia melalui pembuluh darah.

2. Alat Infus

alat alat medis

alat infus

Alat infus termasuk alat kesehatan yang cara kerjanya mirip dengan suntikan, yaitu ditusukan ke kulit guna memasukan cairan obat ke dalam tubuh sehingga obat tersebut akan mengalir melalui pembuluh vena.

Perlu diketahui bahwa alat infus ini atau sering disebut infus set adalah alat sekali pakai. Itu berarti ketika alat ini digunakan untuk seorang pasien, maka tidak bisa digunakan lagi untuk pasien lainnya.

sementara cairan obat yang dimasukan, ada yang berupa vitamin, obat atau elektrolit.

3. Stetoskop

alat alat kesehatan

stetoskop

Stetoskop adalah alat kesehatan yang berfungsi untuk memeriksa akustik (suara) dalam tubuh. Melalui alat ini, nanti dokter akan tahu pergerakan detak jantung, nafas, keadaan lambung dan juga pergerakan usus.

Singkatnya, alat ini digunakan untuk mendiagnosa awal seorang pasien. Kk yakin adek-adek pernah lihat, bukan?

4. Termometer

alat alat kesehatan

termometer

Termometer adalah alat kesehatan yang berfungsi untuk mengukur suhu.

Mekipun temometer ini berbagai jenis dan bentuk, tetapi termometer yang dimaksud dalam dunia medis ini adalah termometer badan yang digunakan untuk mengukur suhu tubuh.

Hingga perkembangan saat ini, termometer pun sudah semakin canggih hingga ada termometer digital. (BACA : Jenis-Jenis Termometer Beserta Kelebihan dan Kekurangannya)

5. Tensimeter

alat alat kesehatan

tensimeter

Tensimeter adalah alat kesehatan yang berfungsi untuk mengetahui tekanan darah. Makanya kita sering mendengar istilah tensi darah. “Tensi darahnya berapa?”.

Nah tensimeter ini ada 2 jenis yang bisa anda pakai, yaitu tensimeter manual dan tensimeter digital. (BACA : Jenis-Jenis Tensimeter Beserta Kelebihan dan Kekurangannya)

6. Tongkat Bantu Jalan (Iteuk : bahasa sunda)

alat alat kesehatan

tongkat bantu jalan

Alat ini pasti adek-adek sudah mengenalnya. Sebab alat ini sudah sering digunakan terutama oleh orang-orang lanjut usia.

Hanya saja dalam dunia medis, tongkat bantu jalan ini memiliki berbagai varian terutama pada bagian bawahnya. Ada yang berkaki satu, ada juga yang berkaki empat.

7. Kruk (Iteuk: bahasa sunda)

alat medis

kruk

Alat ini juga pasti Judah adek-adek ketahui. Hanya saja barangkali Namanya belum familiar. Iya kan?

Nah sekarang adek-adek tahu kalau alat yang digunakan untuk menopang kaki ini Namanya kruk. Kruk berfungsi untuk menyeimbangkan badan terutama bagi pasien yang mengalami cedera kaki.

Adapun cara menggunakannya, biasanya pasien memakai 2 pasang yang dihimpit di kedua ketiak. Kendati demikian, ada juga yang hanya menggunakan sebelah saja.

8. Kursi Roda

alat medis

kursi roda

Kursi roda biasa digunakan untuk pasien yang tidak bisa berjalan karena kecelakaan, patah kaki, atau cacat bawaan.

Alat ini ada yang manual sehingga membutuhkan tenaga tangan untuk maju dan mundur, namun ada juga yang elektrik.

Kendati begitu, alat ini juga bisa dikendalikan oleh orang lain dengan cara didorong. Nah untuk lebih detailnya, kursi roda memilki beberapa varietas yaitu kursi roda standar, cerebral palsy, trafeling dan lain-lain.

9. Ranjang Pasien (Bed Pasien)

alat kesehatan

bed pasien

Ranjang pasien atau bed pasien adalah ranjang yang biasa digunakan untuk pasien rawat inap.

Berbeda dengan ranjang biasa, bed pasien ini dilengkapi sejumlah instrument seperti fitur untuk menaikan bagian kepala ketika merasa terlalu datar, dan juga fitur untuk menaikkan bagian kaki.

Selain itu ranjang pasien juga dilengkapi empat roda sehingga memudahkan perawat untuk memidahkan pasien ketika diperlukan.

Oya, bed pasien juga ada 2 jenis yaitu manual dan elektrik.

10. Inkubator Bayi

alat medis

inkubator bayi

Sebagian adek-adek tentu ada yang belum pernah lihat alat ini. sebab alat ini biasa digunakan untuk bayi yang baru saja lahir.

Adapun peruntukannya, inkubator bayi berfungsi untuk perawatan bayi secara intensif akibat lahir secara premature.

Umumnya seorang wanita mengandung selama 9 bulan, dalam rentang waktu tersebut sang bayi menginkubasi (mengeram) di dalam rahim.

Namun karena satu dan lain hal, terkadang ada bayi yang lahir premature sehingga keluar sebelum sempurna pengeramannya.

Untuk menjaga kesehatannya, bayi tersebut perlu diinkubasi menggunakan alat elektromedik yaitu inkubator. Adapun inkubasi itu sendiri artinya pengeraman. Gampang?

11. Phototherapy (Lampu Fototerapi)

gambar alat medis

phototherapy

Phototherapy adalah lampu yang memancarkan cahaya biru guna memecah bilirubin pada tubuh bayi. Alat ini digunakan untuk bayi yang lahir secara premature.

Jadi kalau adek-adek bertanya harus diapakan bayi premature? Maka jawabannya tergantung kondisinya juga.

Kalau mengalami kekuningan (icterus) akibat kadar bilirubin yang berlebihan, maka tak ada pilihan kecuali harus dilakukan penanganan melalui alat ini.

12. Infant Warmer

alkes dan fungsinya

Infant Warmer

Infant Warmer adalah alat medis yang berfungsi untuk menstabilkan suhu bayi.

Hal ini disebabkan karena ketika bayi lahir, ia belum dapat menyesuaikan dengan kondisi lingkungan sehingga membutuhkan alat bantu untuk stabilisasi suhu tubuh dengan lingkungan sekitarnya.

13. Suction Pump (Alat Penyedot Cairan)

gambar alat medis

suction pump

Suction Pump adalah alat medis yang berfungsi untuk mengeluarkan lendir atau dahak yang tidak berguna di dalam tubuh.

Alat ini kadang disebut suction apparatus kadang juga disebut penyedot dahak, mungkin agar lebih mudah kali ya.

selain dahak, ada juga objek-objek lain yang bisa disedot seperti cairan, darah dan lain-lain.

14. Anesthesia Machine (Mesin Anestesi)

gambar alat medis

mesin anestesi

Mesin Anestesi adalah alat kesehatan yang berfungsi untuk menghilangkan kesadaran pasien sebeum melakukan proses pembedahan.

Jadi kalau selama ini adek-adek sering denger kalo yang mau bedah itu harus puasa dulu, nah ternyata ada satu lagi yaitu penghilangan kesadaran. Tapi hanya sesaat ya, nggk selamanya. Hiks.

15. X – Ray

gambar alat medis

x-ray

X – Ray adalah alat kesehatan yang berfungsi untuk mengambil gambar bagian dalam tubuh manusia dengan instrument sinar x.

proses ini biasa dikenal dengan istilah rongsen (rontgen). Perlu adek-adek ketahui, alat ini memiliki dampak tidak baik jika dilakukan terus – menerus. Sebab kandungan radio aktif sangat berbahaya untuk tubuh kita.

16. USG (Ultrasonografi)

gambar alat medis

usg

Berbeda dengan x-ray yang menggunakan sinar x, USG juga digunakan untuk melihat orga tubuh manusia bagian dalam melalui gelombang suara ultra (frekuensi tinggi).

Selain untuk memeriksa janin -yang biasa terjadi pada umumnya- USG juga bisa digunakan untuk mengetahui berbagai organ dalam lainnya seperti ginjal, liver, lambung, jantung, usus dsb.

17. Dental Unit

alkes dan fungsinya

dental unit

Dental merupakan alat medis yang lengkap alias sepaket yang berfungsi untuk keperluan pemeriksaan, perawatan dan pengobatan yang berkaitan dengan gigi dan mulut.

Karena sifatnya khusus, maka alat ini biasa ditemukan di poli kesehatan gigi dan dikendalikan oleh dokter spesialis gigi.

18. Dental Instrumen

alkes dan fungsinya

dental instrument

Dental instrument adalah seperangkat alat kesehatan untuk keperluan gigi. Misalnya ada scaler gigi, ada kaca mulut, ada pinset dan sebagainya.

Bedanya dengan dental unit, dental instrument ini bagian dari dental unit yang khusus untuk bagian mulut saja.

sementara dental unit, berkaitan juga dengan tempat duduk, lampu, westafel dsb.

19. Tabung Oksigen

gambar alat medis

tabung oksigen

Kalau yang ini kk yakin adek-adek sudah paham. Ingat, ini bukan tabung gas ya, hehe. Meskipun bentuknya mirip-mirip, tapi tabung ini berisi oksigen yang berfungsi untuk mensuply pasien yang darurat oksigen.

Adapun cara kerjanya, tabung ini membutuhkan regulator agar bisa mengontrol keluarnya oksigen dari tabung dan masuk ke pasien secara teratur.

20. Regulator Oksigen

gambar alat medis

regulator oksigen

Nah tadi kan kk bilang kalau penyaluran oksigen dari tabung ke pasien itu harus melalui regulator. Tujuannya agar oksigen bisa terkontrol dan asupan oksigen pun dalam batas normal alias stabil.

Dengan kata lain, regulator adalah alat medis yang berfungsi untuk mengatur laju oksigen dari tabung ke pasien.

21. Nebulizer

gambar alat medis

nebulizer

Hmm…gampangnya, nebulizer ini adalah alat yang digunakan untuk mengubah obat cair menjadi uap, lalu uap ini dihirup oleh pasien. Alat ini biasa digunakan oleh penderita pernapasan.

Dengan mekanisme begini, obat bisa langsung masuk ke paru-paru dan berjalan secara efektif.

22. ECG (Electrocardiograph)

alkes dan fungsinya

ECG

ECG adalah alat medis yang berfungsi untuk merekam kelistrikan otot jantung sehingga dapat dianalisa apakah pasien mengalami gangguan irama jantung atau tidak.

Alat ini memiliki beberapa elektroda yang akan ditempelkan ke dada pasien sehingga aktifitas otot jantung dapat diketahui. Penampakan hasilnya berbentuk tegangan listrik.

23. Defibrillator

alkes dan fungsinya

defibrillator

Defibrillator merupakan alat medis yang berfungsi untuk melakukan normalisasi irama jantung setelah mengalami gangguan. Seperti akibat kecelakaan, shock, tenggelam dan sejenisnya.

Cara kerjanya, alat ini akan memberikan stimulus energi listrik dengan kadar yang wajar sehingga jantung akan terkejut dan akhirnya normal kembali.

24. ESU (Electrosurgical Unit)

alkes dan fungsinya

esu

ESU adalah alat medis yang memiliki fungsi untuk melakukan pembedahan tubuh pasien. Tujuannya tiada lain agar tubuh yang dibedah tidak mengeluarkan banyak darah yang bisa mengganggu peroses operasi.

Cara kerjanya, alat ini menggunakan alat pemotong elektronik dengan memanfaatkan tenaga listrik.

25. Hematology Analyzer

alkes dan fungsinya

hematologi analyzer

Hematology Analyzer adalah alat kesehatan yang berfungsi untuk mengalisis keadaan sel-sel darah sehingga seorang dokter bisa menentukan akan jenis penyakit yang diderita pasien.

Dengan demikian, penanganan terhadap pasien pun semakin menjadi efektif.

26. Pasien Monitor

gambar alat medis

pasien monitor

Nah, gimana adek-adek masih semangat membacanya? Hehe. Sekarang kita bahas apa itu alat medis yang bernama Pasien Monitor?

Ya alat ini memiliki fungsi untuk memonitori kondisi pasien secara realtime. Adapun bagian yang dimonitoring yaitu tekanan darah, irama jantung, suhu tubuh, kadar oksigen, dll.

27. Chemistry Analyzer (Photometer)

nama alat kesehatan

Chemistry Analyzer

Photometer adalah alat medis yang berfungsi untuk mengetahui sekaligus mengalisa zat-zat kimia yang ada dalam darah seperti kolesterol, glukosa, asam urat, enzim liver dan sejenisnya. Adek-adek pernah lihat alat ini?

28. EEG (Electroencephalograph)

nama alat medis

Electroencephalograph

EEG merupakan alat medis yang berfungsi untuk mengalisis kelistrikan otak. Cara kerja alat ini cukup ditempelkan ke kepala sehingga akan nampak hasilnya pada layar computer.

Perlu kita tahu, EEG menggunakan perinsip emisi dan transmisi ultrasound dengan kisaran frekuensi 2 sd 15 MHz.

29. Centrifuge

nama alat kesehatan

Centrifuge

Definisi centrifuge adalah alat kesehatan yang digunakan untuk memisahkan partikel zat yang larut dan endapannya. Dengan prinsip gaya centrifugal, alat ini mampu mengumpulkan komponen yang masanya lebih berat.

30. Lampu Periksa

nama alat medis

Lampu Periksa

Sebagaimana gambarnya, kk kira adek-adek gampang memahami. Ya lampu periksa ini fungsinya hanya satu, yaitu memberikan penerangan ketika dokter memeriksa fisik pasien.

Melalui ini, akan memungkinkan dokter mengalisa lebih akurat.

31. Lampu Operasi

nama alat medis

Lampu Operasi

Sebagaimana lampu periksa, lampu operasi juga memiliki yang sama yaitu untuk memberikan penerangan.

Bedanya, lampu periksa untuk peneringan diagnosa fisik sebagaimana umumnya, sementara lampu operasi digunakan khusus untuk proses operasi pasien.

32. Lampu Terapi Inframerah

nama alat medis

Terapi Inframerah

Meski sama-sama lampu, tetapi lampu terapi inframerah ini memiliki energi yang lebih tinggi.

Ketika dipancarkan ke tubuh pasien, maka pasien akan merasakan hangat sehingga berdampak pada lancarnya peredaran darah pasien.

Jadi, fungsinya untuk memperlancar peredaran darah.

33. Dry Heat Sterilisation

nama alat kesehatan

Dry Heat Sterilisation

Alat ini berfungsi untuk mensterilkan alat-alat medis yang bahannya dari logam dan tidak tajam. Bisa juga untuk alat medis yang terbuat dari kramik dan kaca.

Cara kerjanya, alat ini menggunakan radiasi inframerah bertemperatur tinggi dan tidak menggunakan zat cari dalam proses sterilisasinya.

34. Autoclave

nama alat kesehatan

Autoclave

Autoclave juga adalah alat medis yang fungsinya untuk melakukan sterilisasi.

Hanya saja, alat ini bekerja dengan menggunakan uap panas bertekanan tinggi yang mampu membunuh mikro organisme hingga sporanya.

Bahan alat ini terbuat dari stainless steel dengan dilengkapi elemen pemanas.

35. UV Sterilisator

nama alkes dan fungsinya

lampu UV Sterilisator

Alat ini juga masih berfungsi untuk mensterilkan sesuatu. Bedanya dengan alat steril sebelumnya, alat UV Sterilisator ini digunakan untuk mensterilkan ruangan seperti kamar operasi, ruang ICU, NICU dan lain-lain.

Cara kerjanya, alat ini menggunakan sinar UV (Ultraviolet) yang cukup beresiko untuk manusia. Makanya selalu dikendalikan dengan remot dari luar ruangan.

36. Fetal Monitor (CTG)

nama alat medis

Fetal Monitor

Fetal Monitor adalah alat medis yang berfungsi untuk memantau perkembangan janin seperti keadaan detak jantungnya lalu hasil analisisnya ditampilkan dalam bentuk grafik.

Alat ini sangat canggih untuk mengetahui perkembangan janin tersebut. Hasilny apun sangat akurat.

37. Fetal Doppler

nama alat medis

Fetal Doppler

Adek-adek, Fetal Doppler memiliki fungsi yang sama dengan Fetal Monitor yaitu untuk memantau detak jantung janin.

Hanya saja, alat ini tidak secanggih CTG di atas. Makanya sering digunakan di dunia kebinanan. Adapun cara kerjanya FD mengandalkan gelombang suara ultra.

38. Ambulag (Pulmonary Resuscitator)

nama alkes dan fungsinya

ambulag

Adek-adek pernah lihat orang yang kritis pernafasan? Lalu ada orang yang memberikan nafas buatan? Pernah nggak. Klo kk pernah, tapi lihatnya di film. Hehe.

Ya sebagaiman gambarnya, Ambulag adalah alat medis yang digunakan untuk memberikan nafas buatan ke pasien yang lagi kritis. Misalnya akibat kecelakaan atau tenggelam.

39. Ventilator

nama alkes dan fungsinya

Ventilator

Ventilator adalah alat kesehatan yang tugasnya untuk menggantikan sebagian atau seluruh kerja paru-paru. Alat ini lebih canggih dari ambulag karena cara kerjanya berjalan secara otomatis.

40. Hearing Aid (Alat Bantu Pendengaran)

nama alat medis

Hearing Aid

Nama alat bantu pendengaran adalah Hearing Aid. Alat ini mungkin adek-adek juga sering lihat. Namun kk yakin tidak semua tahu nama alat ini.

alat ini berfungsi untuk membantu pendengaran seseorang yang mengalami gangguan. Variannya ada banyak yaitu ITE, ITC dan BTE.

Di samping itu, alat ini juga bisa disetel agar sesuai dengan kondisi pendengaran pengguna.

41. Oxygen Concentrator

nama alkes dan fungsinya

Oxygen Concentrator

Alat ini berfungsi untuk mensuply oksigen bagi pasien yang membutuhkan.

Bedanya dengan tabung oksigen (sebagaimana di jelaskan pada nomor 18), alat ini bisa mengambil oksigen di sekitar yang kemudian di save dan dikonsentrasikan menjadi oksigen murni yang tingkatnya mencapai 95%.

42. Syringe Pump

nama alkes dan fungsinya

Syringe Pump

Syringe Pump adalah alat medis yang berfungsi untuk mengatur laju keluarnya caiaran pada alat suntik. Dengan demikian volume dan waktunya bisa diseting sesuai keinginan dokter.

Lebih mudahnya lagi, syringe pump adalah pompa alektronik digital seperti yang terlihat pada gambar.

43. Pulse Oximeter

nama alkes dan fungsinya

Pulse Oximeter

Puls Oxymeter adalah alat medis yang digunakan untuk saturasi oksigen. Maksudnya, alat ini digunakan untuk mengukur kadar oksigen di dalam darah pasien.

Adapun cara kerjanya, pulse oximeter akan dijepitkan pada jari pasien sehingga diketahui kadar oksigen dalam darah. Bentuknya berupa prosentase.

44. Infus Pump

nama alat medis

Infus Pump

Infus Pump adalah alat poompa elektronik yang fungsinya untuk mengatur laju cairan infus dari alat infus manual. Alat ini berbasis elektronik dengan dilengkapi sensor mekanik sehingga pengaturannya lebih mudah.

45. Syringe Destroyer

nama alkes dan fungsinya

Syringe Destroyer

Sesuai gambarnya, Syringe Distroyer adalah alat untuk menghancurkan jarum suntik yang sudah digunakan.

Meski alat ini tidak berkaitan langsung dengan kesehatan, tetapi rumah sakit tetap membutuhkan ini sebagai manajemen limbah dan kebersihan lingkungan.

46. Benang Operasi

nama alat kesehatan

Benang Operasi

Alat ini pasti adek-adek juga paham. Sebagaimana benang biasa, benang ini juga digunakan untuk merekatkan sesuatu.

Hanya saja kalau benang biasa untuk menjahit pakaian sementara benang operassi untuk menjahit bagian tubuh yang terluka. Dengan demikian resiko infeksi pun dapat dihindari.

47. Reagen

nama alkes dan fungsinya

Reagen

Reagen Adalat alat medis yang memiliki fungsi untuk mereaksikan darah sebelum masuk ke alat uji.

Oleh sebab itu alat ini sebetulnya tidak berkaitan langsung dengan pertolongan medis, hanya saja menjadi sangat berguna jika digabung dengan alat lain seperti hermatology atau photometer.

48. Desinfectan

nama alat kesehatan

Desinfectan

Desinfectan adalah bahan medis yang hanya digunakan sekali pakai. Fungsinya, alat ini digunakan untuk membersihkan alat-alat medis sebelum dimasukan ke alat sterilisator.

Selain itu, alat ini juga bisa digunakan untuk membersihkan tangan.

49. Kasa Pembalut

nama alat medis

Kasa Pembalut

Kasa pembalut adalah alat medis yang memiliki banyak fungsi. Misalnya untuk proses penyuntikan pasien, untuk membasuh luka, untuk membersihkan sesuatu dan sebagainya. Bahannya terbuat dari kapas.

50. Foley Catheter

nama alat medis

Foley Catheter

Foley Catheter merupakan alkes berupa selang fleksibel yang digunakan untuk menyalurkan urine dari kantung kemih ke urine bag. Selain itu alat inin juga dilengkapi dengan balon guna mencegah terjadinya kebocoran.

51. Urine Bag

nama alkes dan fungsinya

Urine Bag

Seorang pasien kadang tidak bisa bergerak sekalipun untuk ke kamar mandi. Lalu bagaimana ketika ia hendak buang air kecil?

Nah, di rumah sakit ada alat urine bag, yaitu alat medis yang berbentuk kantong dari bahan plastic pvc yang fungsinya untuk menapung pipis pasien. Alat ini termasuk alat sekali pakai.

52. Pispot (Urinal)

nama alkes dan fungsinya

Pispot

Sebagaimana urine bag, alat ini juga berfungsi untuk mempermudah pasien ketika hendak buang air kecil.

Alat ini terbuat dari bahan plastic yang dilengkapi dengan pegangannya sehingga mempermudah pasien untuk memegangnya.

Demikian adek-adek, kesemua alat alat kesehatan yang super lengkap.

Silahkan adek-adek baca dan pahami, kalau bisa hafalkan juga bentuk dan fungsinya. Semoga bermanfaat, ya.

BACA : Penjelasan Forcep Alat Bantu Persalinan 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.