Bawang Dayak Kalimantan untuk Obat Pria Jantan

Penasaran dengan keampuhan bawang dayak kalimantan yang konon bisa bikin kuat? Mari kita teliti dengan saksama akan kandungan dan manfaat bawang ajaib ini.

Bawang dayak memiliki nama yang beragam, ada menyebut bawang arab, bawang sabrang, bawang kambe, bawang hutan dan juga bawang berlian.

Sekilas memang mirip dengan bawang merah biasa, tetapi kalau kita perhatikan maka kita akan tahu perbedaannya. Apalagi kalau dicium, aromanya jelas berbeda denegan bawang biasa.

Bagi orang Kalimantan, bawang ini kerap dijadikan obat herbal sejak sekian lama bahkan diwariskan secara turun temurun. Tertuama pada bagian umbinya, bawang ini memiliki seribu satu manfaat termasuk untuk obat kuat alias strooong. Hikss

Ciri-Ciri Bawang Dayak Kalimantan

bawang dayak

bawang dayak kalimantan

Meski mirip dengan bawang biasa, tetapi ada beberapa perbedaan yang bisa kita kenali pada bawang ini. Di antara ciri-cirinya adalah sebagai berikut :

  • Bentuknya lebih kecil dari bawang biasa
  • Warna merahnya lebih menyala daripada bawang merah biasa
  • Permukaan kulitnya lebih licin daripada bawang biasa
  • Daunnya panjang, halus dan hijau serta ujungnya runcing
  • Tingginya sekitar 30-40 cm
  • Terdapat bunga berwarna putih dengan ukuran kecil. Bunga ini biasa mekar pada malam hari.

Di mana saja tempat tumbuhnya bawang dayak?

Selain di Kalimantan, bawang yang memiliki nama latin Eleutherine Palmifolia ini juga tumbuh di beberapa negara. Misalnya daerah hutan Amazon, Brazil, Meksiko bagian selatan, perbatasan Peru, Guyana, Bolvia, Suriname, Ekuador dan Guyana Prancis. Wow!

Karena itu tak heran jika orang Amerika Latin sudah lama mengenal bawang jenis ini, dan juga sudah tahu bagaimana memanfaatkannya untuk obat herbal.

Cara Menkonsumsi Bawang Dayak

Mungkin kite bertanya-tanya, gimana caranya mengkonsumsi bawang dayak? apakah dimakan langsung atau harus diolah terlebih dahulu.

Nah, caranya gampang broder, bisa dimakan langsung, bisa dijadikan bumbu masak, bisa dijadikan manisan, acar dan juga bisa dikeringkan seperti teh lalu dicampurkan dengan air hangat. Persis seperti bikin teh.

Bawang Dayak Menurut Pakar Medis

Menurut hasil penelitan pakar dari Universitas Soedirman Purwekorto yang bekerjasama dengan Politeknik Kesehatan Kemenkes Kaltim, katanya bawang dayak itu punya kandungan ajaib seperti steroid, triterpenoid, saponin, flavonoid, alkaloid dan tannin. 

Tahu nggak istilah-istilah di atas? hehe.

Yang jelas, zat-zat tersebut merupakan instrumen mematikan untuk membunuh bakteri, virus dan jamur. Hebatnya lagi, zat-zat pada bawang ini secara khusus bisa melawan bakteri jenis staphylococcus aureus (MRSA), P. Aeruginosa dan sejenisnya.

Kedua bakteri ini merupakan bakteri yang resisten terhadap antibiotik. Ia bisa menyebabkan infeksi kulit, pneumonia, sepsis bahkan infeksi darah. Ihhh ngeri kan. Lantas apa saja manfaat dari bawang ajaib ini?

Manfaat Bawang Dayak untuk Pria & Wanita 

Dengan segudang kandungan pada bawang dayak ini, tentu ada seribu satu manfaat yang bisa kita dapatkan. Baik pria maupun wanita, keduanya bisa memperoleh manfaat darinya. Di antara manfaat itu antara lain sbb :

  • Meningkatkan Stamina

Salah satu kandungan bawang dayak adalah antioksidan. Kandungan ini memiliki peran penting dalam menangkal radikal bebas dan zat racun lainnya di dalam tubuh.

Selain itu, bawang dayak juga mampu melakukan normalisasi metabolisme tubuh sehingga tubuh memiliki energi yang prima dalam melakukan aktifitasnya. Itu berarti, bawang ini juga bisa meningkatkan kestrongan para lelaki. Hmm.

Sebetulnya, masih ada sekian cara untuk meningkatkan stamina termasuk bagaimana membesarkan mr p dan ms v sehingga kualitas seksual anda meningkat. Minyak lintah papua misalnya, diklaim mampu meningkatkan stamina sekaligus memperbesar anunya.

Hanya saja, kandungan pada bawang dayak ini sudah melalui penelitian oleh berbagai kalangan sehingga konklusinya dianggap mendekati kebenaran.

  • Mengatasi Sakit Pinggang

Kalau anda sering beraktifitas, biasanya mengalami fenomena ini. Terutama pria dewasa, sakit pinggang termasuk daftar tamu rutin setelah bekerja.

Kalau dibiarkan begitu saja, sakit pinggang bisa mengganggu aktifitas seksual. Akibatnya, kualitas seksual anda menurun dan tidak mustahil pasangan anda akan mencari pelampiasan lain.

Untuk mengatasinya, anda bisa mengkonsumsi bawang ini. Kandungannya diklaim mampu atasi sakit pinggang. Dengan begitu, aktifitas anda pun akan normal kembali.

  • Mengatasi Infeksi

Seperti yang min katakan di atas, kandungan bawang dayak bisa membunuh bakteri jenis staphylococcus aureus (MRSA), dan P. Aeruginosa yang keduanya menjadi penyebab timbulnya infeksi.

Kesimpulan ini bukan isapan jempol semata apalagi sebelumnya juga sudah ada temuan dari Universitas Jenderal Ahmad Yani.

Dalam temuannya, para peneliti dari kampus ini mengungkap bahwa sifat antimikroba yang terdapat dalam umbi bawang dayak bisa menghambat pertumbuhan pakteri Trichophyton Rubrum dan Staph yang memiliki peran dalam pembentukan luka dan bisul.

  • Menghindari Penyakit Jantung dan Kanker Rahim Pasca Monopause

Siapa pun wanita pasti akan mengalami monopause dimana mereka akan mengalami penyusutan kadar estrogen dalam tubuh.

Untuk mengatasinya, wanita kerap kali melakukan tindakan terapi hormon dengan obat tertentu seperti tamoxifen. Sayangnya obat seperti ini ternyata memiliki dampak negatif terhadap rahim.

Solusinya?

Anda cukup mengkonsumsi bawang dayak. Sebab menurut para peneliti dari Universitas Indonesia, bawang dayak memiliki senyawa eleutherinol, yaitu senyawa aktif yang bisa memicu peningkatan hormon estrogen sebagaimana obat tamoxifen tanpa beresiko terhadap rahim.

  • Meningkatkan Kepadatan Tulang

Terutama setelah monopause, wanita memiliki potensi mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis. Dalam artikel yang dirilis oleh NHS.UK mengemukakan bahwa kepadatan tulang wanita akan berkurang hingga 20% pasca monopause.

Untuk mencegahnya, wanita harus memiliki kestabilan hormon estrogen yang salah satu sumbernya bisa diperoleh dari bawang dayak.

Maka dari itu, selain terapi melalui obat, hormon estrogen juga bisa anda dapatkan dengan cara mengkonsumsi bawang dayak. Disamping harganya lebih murah, tentu sajak resiko efek sampingnya juga lebih minim.

Lagi-lagi, sebuah penelitian dari Departemen Farmakologi dan Terapeutik FKUI mengungkap bahwa pemberian ekstrak bawang dayak dengan dosis 18 mg/200 g dalam rentang waktu 21 hari bisa meningkatkan kadar kalsium tulang.

Hanya saja, objek penelitian ini barus sebatas pada tikus yang direkayasa untuk menghentikan produksi hormon estrogennya terlebih dahulu. Adapun pada manusia, mungkin masih dibutuhkan riset lanjutan.

BACA : Manfaat Buah Lengkeng untuk Cegah Osteoporosis

Itulah beberapa manfaat bawang dayak yang bisa min sampaikan. Semoga bermanfaat, ya.

Oya ada catatan yang harus kita perhatikan. pertama bawang ini tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang punya alergi bawang, apa pun jenisnya. Sebab mereka akan mengalami gatal kulit, mata merah dan gatal-gatal.

kedua bawang ini bukan pengganti obat medis secara totalitas. Itu berarti, sekalipun kita penganut herbalis, tetapi sebaiknya kita juga mengkomparasikannya dengan keilmuan modern termasuk dalam soal medis.

Makanya dalam beberapa kasus kita juga sangat perlu mengkonsumsi obat-obatan produk modern. Demikian!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.