Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Berbuat Baik Tak Pernah Menyesal

Agar dapat mengunjungi situs ini, harap matikan fitur Adblock saudara, ya!

img

♥ Begini Cara Menanam dan Budidaya Bunga Mawar Terbaik

/
/
714 Views

Para pecinta bunga, terkhusus lagi seperti bunga mawar, biasanya mereka menanam di dalam pot. Hal ini dilakukan karena beberapa hal, misalnya agar mudah ditata dan dipindah atau karena memang kekurangan lahan. Nah, jika demikian ada beberapa teknik cara menanam dan budidaya bunga mawar agar menghasilkan Bunga mawar terbaik.

1. Menentukan Bibit Unggul | Cara Menanam dan Budidaya Bunga Mawar

cara menanam dan budidaya bunga mawar
bunga mawar

Bunga mawar yang bagus banyak ditentukan oleh bibit yang berkualitas. Sehebat apa pun perawatan yang anda lakukan, jika bibit mawar bukan bibit unggulan maka hasilnya pun akan jauh panggang dari api. So, pertama kali yang kudu anda tentukan adalah memilih bibit bunga mawar yang unggul.

Bibit unggul tersebut adalah bagaimana mempersiapkan stek berkualitas baik. Caranya, sebaiknya anda memilih bagian batang tengah yang tidak terlampau jauh dari pangkalnya. Itu berarti, anda jangan malah memilih bagian ujung batang yang lebih muda. Sebab jika ini anda lakukan, panen yang diharapkan berhasil sangat tipis. Apalagi menanam mawar tidak mudah.

2. Memilih Pot | Cara Menanam dan Budidaya Bunga Mawar

cara menanam dan budidaya bunga mawar
cara menanam bunga mawar

Jika bibit unggulan sudah anda siapkan, berikutnya anda juga harus memilih pot yang baik. Pot bisa terbuat dari plastic, semen atau keramik. Jangan terlalu sempit ukurannya dan juga jangan terlalu rendah ketinggiannya. Perhatikan pula lubang air bagian bawahnya agar proses penyiraman tidak menimbulkan genangan air di dalam pot.

READ  99- Aneka Bunga Mawar: Sejarah, Jenis, Manfaat dan Cara Menanamnya

3. Memilih Jenis Tanah | Cara Menanam dan Budidaya Bunga Mawar

Memilih tanah untuk tanaman bunga mawar juga tak kalah pentingnya. Perlu diketahui, mawar akan lebih baik jika menggunakan tanah yang memiliki tekstur gembur berwarna hitam. Lebih bagus lagi adalah tanah yang berasal dari bekas pembakaran. Tentu, anda juga mesti melengkapinya dengan pupuk kompos. Asalkan jangan terlalu banyak.

4. Perhatikan Cara Memotong | Cara Menanam dan Budidaya Bunga Mawar

Stek mawar baiknya diambil dari tangkai yang sudah tua dengan ukuran potongan sekitar 4 sampai 6 cm. perhatikan pula alat pemotongnya, harus bersih dan tajam agar potongannya menjadi sempurna.

5. Gunakan Polybag | Cara Menanam dan Budidaya Bunga Mawar

Untuk menanam stek bunga mawar, anda bisa menggunakan polybag yang ukurannya seperempat kilo. Isi tempat itu dengan tanah yang baik sebagaimana yang sudah dijelaskan kemudian tancapkan stek bunga mawar sampai kira-kira setengahnya. Lalu beri air dan jangan lupa buatkan lobang di bawah polybag. Letakan di tempat teduh sampai mawar mulai berakar. Setelah baru tanaman mawar siap dipindahkan.

6. Pemindahan Tanaman | Cara Menanam dan Budidaya Bunga Mawar

Waktu yang tepat untuk memindahkan tanaman ini yaitu ketika tanaman sudah mulai muncul daun. Maka saat itu mawar siap dipindah ke media tanam lainnya. Jangan lupa ketika memindahkan, campurkan pupuk kompos dengan tanah sebanyak 2:1. Cara memindahkannya pun bukan dicabut, tetapi dengan cara merobek polybag kemudian baru ditanam.

hati-hati ketika merobek polybag, jangan sampai tanahnya berubah apalagi hancur. Perhatikan pula perkembangan daun dari tanda-tanda terkena penyakit seperti adanya bercak hitam atau daun karat. Sebab penyakit ini akan menyakibatkan bunga mawar menjadi mudah rontok nantinya.

7. Campuran Lain Cara Menanam dan Budidaya Bunga Mawar

Seperti yang sudah kita sampaikan, campurkan pupuk kompos secukupnya ke dalam tanah, jangan pupuk-pupuk kimia. Tanaman bunga mawar lebih baik dengan tanah alami. Meski demikian anda juga bisa menambahkan campuran pasit sebagai bahan campuran. Mungkin sekitar seperempat dari ukuran tanah.

READ  1001- Jenis Jenis Bunga Hias yang Bisa Mengubah Rumah Menjadi Surga

Demikian itu cara menanam bunga mawar dan mebudidayakannya. Ketujuh cara itu sangat penting agar menghasilkan bunga mawar yang terbaik. Nah berikut ini akan kami jelaskan pula jenis-jenis bunga mawar sebagai berikut:

A. Bunga Mawar Merah

Umumnya bunga mawar merah sering diartikan sebagai bentuk cinta dan kasih sayang dari si pemberi kepada si penerima. Padahal ada juga arti-arti lain yang diwakili oleh mawar merah ini, diantaranya sebagai bentuk keberanian seperti yang diberikan sebagai simbol penghargaan saat meraih kemenangan. Juga sebagai simbol kepahlawanan sebagaimana upacara pemakanan pahlawan misalnya.

B. Mawar Merah Muda

Adapun bunga mawar yang berwarna merah muda, ini sering diartikan sebagai simbol kebahagiaan. Maksudnya, jika ada seseoerang memberikan jenis mawar ini kepada anda berarti ia sedang bahagia. Tapi perlu diperhatikan, warna merah muda mirip dengan oranye, jadi jangan sampai tertukar memilih warna.

Sementara mawar yang berwarna merah tua biasanya diartikan sebagai bentuk terima kasih kepada si penerima. Sebaliknya, jika yang diberikan adalah mawar merah muda, kadangpula bermakna cinta kadang juga bermakna kagum.

C. Mawar Peach

Berikutnya ada pula bunga mawar yang berwarna peach yang sering diartikan sebagai bentuk pertemanan dari seorang sahabat. Sebab warna ini biasa melambangkan kehangatan akan sebuah ikatan. Oleh sebab itu, jika anda memiliki seorang sahabat dekat, berikanlah bunga mawar yang berwarna sepert ini.

D. Mawar Kuning

Berbeda dengan arti bunga mawar sebelumnya, warna kunin justru melambangkan perasaan cemburu atau simbol Victorian. Victorian maksudnya adalah rasa cemburu yang hadir ketika hubungan keduanya saling meletup-letup.

E. Mawar Putih

Jika mawar merah memiliki konotasi cinta dan kasih sayang, maka warna putih melambangkan kesucian. Oleh sebabnya mawar putih memiliki nilai yang sangat mendalam. Tidak hanya itu, putih juga melambangkan kedamaian, kebeningan hati dan ketenangan. Maka dalam suatu agama, ada yang menjadikan mawar ini sebagai bagian dari prosesi ritualnya.

READ  99- Manfaat Bunga Mawar untuk Kesehatan Tubuh Manusia
F. Mawar Oranye

Mawar warna ini tidak jauh maknanya dari mawar putih. Seringkali dijadikan simbol spiritual, cinta, kesatuan, kesucian, kemurnian dan sebagainya. Hati-hati jangan sampai tertukar dengan mawar merah tua di atas, coz warnanya agar mirip-mirip. Hehe. Nanti salah arti lagi.

G. Bunga Mawar Hitam

Adapun mawar hitam ini, memiliki arti yang misterius. Ada yang mengatakan artinya kesedihan terutama saat berkabung dan ini mungkin terinspirasi dari pakaian hitam bagi keluarga yang ditinggal mati anggota keluarganya, biasanya menggunakan baju hitam. Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa mawar hitam artinya kebangkitan. Artinya bunga mawar hitam ini adalah alarm bagi tanda-tanda kebangkitan manusia.

Baca : Sejarah Bunga Mawar

Keistimewaan Bunga Mawar

Bunga mawar memang sangat unik, mulai dari sejarahnya, jenisnya, makna-makna yang terkandung di dalamnya bahkan khasiatnya bagi kesehatan manusia. Nah, di samping itu ada juga beberapa keistimewaan bunga mawar yang patut kita ketahui. Di antaranya yaitu sebagai berikut:

1. Tentu bunga ini cocok untuk dijadikan pewangi alias farfum.
2. Bunga ini bisa jadi media peyejuk hati seorang wanita. Wanita bisa luluh hatinya.
3. Dapat mempermudah jalan cinta seorang lelaki. Katanya!
4. Bisa menjadi sumber warna alami. Banyak pelukis yang menjadikannya sebagai acuan.
5. Bisa sebagai obat campak, batuk kering, kekejangan, bengkak betis.

Demikian seputar bunga mawar yang selalu jadi primadona. Jika pun dalam pemabahan ini ada yang keliru, setidaknya ada sebagian informasi yang benar sehingga dapat menambah wawasan kita tentang bunga mawar. Baik dari sisi sejarah, jenis, makna filosofis, cara menanam dan keistimewaan tersendiri yang luar biasa. Demikian!

Baca Artikel Terkait:

99- Manfaat Bunga Mawar untuk Kesehatan Tubuh Manusia

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar