Buah-Buahan untuk Diet Paling Ampuh

Buah selalu mempunyai banyak manfaat untuk tubuh kita. Bukan hanya mengandung nutrisi yang banyak, atau bisa menjaga kekebalan tubuh atau juga melancarkan peredaran darah, tetapi buah juga bisa menjadi menu yang bisa menjaga berat badanmu agar bisa stabil dan sehat. Makanya, buah menjadi menu wajib harian kamu, termasuk buah-buahan untuk diet.

Di samping itu, mengkonsumsi buah segar yang terature juga akan menjadikan kita memiliki berat badan yang ideal dan kondisi fisik yang sehat.

Sebab, di dalam buah terdapat banyak nutrisi yang bermanfaat meskipun kamu tidak mengkonsumsi makanan lain selain buah.

Hanya saja, perlu dicatat, tidak semua jenis buah bisa menjadi menu yang berdampak baik untuk mengatur berat badan kita terutama ketika program diet.

Ada juga tipe buah yang justru malah membantu menaikan berat badan dan tidak sehat untuk dikonsumsi. Lantas apa saja buah yang baik untuk program diet?

Buah-Buahan untuk Diet

Sekali lagi, bagi kamu yang sedang program diet dan hidup sehat harus tau betul buah mana saja yang recommended untuk dijadikan menu utama program diet.

Tentu saja, selain mengandalkan buah, kamu juga harus menopangnya dengan makanan bergizi dan pola hidup sehat yang seimbang. Dari beberapa sumber, artikel ini memberikan rekomendasi buah yang cocok untuk normalisasi berat badan:

1. Alpukat

buah untuk diet

buah alpukat

 

Buah yang banyak mengandung asam lemak omega 9 ini memiliki tekstur yang lembut dan berserat. Alpukat mempunyai khasiat untuk membantu metabolism tubuh dan membantu pembakaran lemak serta memicu energy.

Selain itu, buah ini juga mengandung asam oleat yang akan membantu penyerapan nutrisi dalam makanan hingga 15 kali lipat, menghentikan resistensi insulin untuk mengontrol kadar gula darah yang ada didalam tubuh dan bisa mencegah rasa lemas tubuh ketika masa diet.

Untuk yang menjadikan alpukat sebagai menu diet baiknya tidak dikonsumi dengan gula, susu ataupun yang mengandung gula dan lemak.

Jika ingin menkombinaskannya, alpukat bisa disulab menjadi campuran salad, topping sandwich atau smoothies.  Dijadikan apapun, alpukat mudah diolah.

BACA : Kiat Langsing Pake Kepiting

2. Pisang

manfaat pisang

buah pisang

Buah yang diyakini sebagai obat penyembuh bisul perut dalam dunia obat – obatan traditional ini merupakan buah yang banyak vitamin B6.

Vitamin ini mempunyai fungsi membuat serotonin dalam otak sehingga dapat menekan rasa lapar, mengurangi rasa tegang dan membuat relaks.

Selain itu, kandungan karbohidrat didalam pisang dapat membantu mengatasi rasa lapar ketika masa diet berlangsung. Oleh sebab itu, pisang menjadi buah yang direkomendasi untuk menjadi menu santap dalam dietmu.

3. Apel

buah untuk penderita diabetes

buah apel

Apel adalah buah yang mempunyai serat yang baik ketika dikonsumsi. Banyak mengkonsumsi apel sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Apalagi mengkonsumsinya bersamaan dengan kulitnya yang memiliki kandungan petcin (sejenis serat) tentu lebih baik lagi. Kandungan ini sangat membantu kalian yang sedang dalam program diet.

Apel juga mengandung flavonol yang disebut quercetin yang dalam beberapa penelitian memiliki bahan antikanker. Selain itu penelitian yang berasal dari Nutrition Journal menyimpulkan bahwa anak dan remaja yang rutin mengkonsumsi buah apel lebih sulit terkena diabetes di bandingkan dengan anak-anak yang jarang mengkonsumsi buah apel.

4. Stroberi

buah untuk diet

strawberry

 

Stroberi mempunyai kandungan ellagic acid sebagai antioksidan yang tinggi. Penelitian yang beredar, Ellagic acid yang terdapat di dalam apel terbukti dapat menghalangi pertumbuhan tumor dalam paru-paru, osephagus, payudara, cervix, dan lidah.

Di samping itu, stroberi diyakini memiliki antibakteri yang dapat digunakan sebagai pembersih system pencernaan yang kotor Untuk yang sedang berdiet, vitamin C dalam stroberi juga sangat cocok untuk menu sehat semasa diet.

5. Pepaya

buah untuk diet

buah pepaya

 

Kandungan kalori di dalam pepaya sangat mendukung untuk kamu yang lagi berdiet. Sebab, kalori ini sangat baik untuk melangsingkan tubuh.

kandungan kalori didalam pepaya mencapai 39 gram dan ini bisa mambuatmu lebih lama kenyang sehingga jarang lapar.

Mengkonsumsi papaya setiap hari dapat mengurangi porsi makanan yang berkarbohidrat. Sehingga lemak yang ada di dalam tubu dapat berubah menjadi energy.

Selain itu juga, pepaya adalah buah yang membantu kamu untuk melancarkan pencernaan.

6. Jeruk

buah untuk diet

buah jeruk untuk diet

 

Diet menggunakan jeruk termasuk kategori diet yang cepat, sehat dan mudah. Kamu hanya perlu meminum perasaan air jeruk atau mencampurkan dalam minuman saja setiap hari.

Kemampuan jeruk untuk menurunkan berat badan ini disebabkan kandungan antioksidan yang berasal dari phytochemical di dalamnya. Antioksidan ini disebut dengan hesperidin.

Jeruk juga memiliki sumber vitamin C yang tinggi dan juga kandungan folate yang sangat penting untuk tubuh. Selain itu jeruk juga memiliki sumber pectin yang berguna untuk menurukan tekanan darah.

Jadi vitamin C yang ada didalam jeruk dapat mengubah lemak menjadi energy.

Di tambah lagi jeruk memiliki sifat uretic alami yang mampu menguraikan makanan yang ada bertumpuk-tumpuk di dalam usus.

Tentu saja ini sangat ampuh untuk menurunkan berat badan, karena makanan yang bertumpuk adalah salah satu pemicu mengapa bobot berat badan bertambah.

7. Beri

buah untuk diet

buah beri

 

Buah beri bisa menjadikan kita kenyang lebih lama. Ini disebabkan serat yang terdapat dalamnya tidak mudah dirusak oleh kalori sehingga dapat menjaga rasa lapar.

Maka dari itu, buah ini menjadi buah yang sangat direkomendasikan dalam menu diet bagi yang memprogramkannya.

Dalam artikel yang ada di Harvard Medical School, orang yang mengkonsumsi buah – buahan beri akan terjaga berat badannya dan kondisi jantungnya dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsinya. 

Selain itu juga antioksidan yang terkandung didalam buah beri dapat mencegah peradangan di dalam tubuh dan menangkal tubuh kita dari serangan para radikal bebas.

BACA : Manfaat buah plum untuk ibu hamil

8. Buah persik

buah untuk diet

buah persik

 

Mengkonsumsi buah gersik untuk diet sangatlah cocok, sebab kandungan serat dan mineral yang terkandung didalam buah persik menjadi salah satu penjaga pencernaan anda agar terhindar dari masalah.

Buah gersik juga tidak banyak mengandung kalori. Tetapi, justru buah gersik mengadung banyak air.

Sisi lain buah gersik juga dapat menjaga rasa kenyang yang lumayan panjang karena didalam buah ini terdapat kombinasi yang luar biasa antara serat, mineral dan air.

Inilah beberapa rekomendasi terkait buah yang cocok untuk program dietmu. Buah ini memang selalu enak dan mempunyai banyak manfaat untuk tubuh kita.

Tetapi, jangan lupa berimbang dengan aktivitas makan bergizi dan gaya hidup yang sehat merupkan hal penting yang tidak bisa diabaikan.

Sebab percuma rasanya jika kamu sudah menjadikannya menu dalam program diet, tetapi gaya hidupmu masih belum sehat atau makananmu masih belum bergizi. Ini akan membuatmu stagnan atau bahkan gagal mencapai target diet yang akan kamu lakukan. 

BACA : Buah Merah Papua : Kandungan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.