Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Berbuat Baik Tak Pernah Menyesal

Agar dapat mengunjungi situs ini, harap matikan fitur Adblock saudara, ya!

Buah Merah Papua, Kandungan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

/
143 Views

Buah merah papua atau yang disebut dengan Kuansu oleh sebagian masyarakat (sebutan orang wamena) adalah buah traditisional dari daerah Papua. Konon, Buah yang memiliki banyak manfaat ini memiliki nama ilmiah Pandanus Conoideus. Buah ini termasuk tanaman yang memiliki hubungan keluarga dengan pandan-pandanan sehingga tak heran jika bentuknya sangat mirip.

Masyarakat Papua biasa menikmati buah ini dengan cara dimakan langsung atau dijadikan sebagai olahan makanan, olahan saus, minyak dan obat-obatan. Bahkan kadang-kadang dijadikan olahan special ketika perayaan adat bakar batu (salah satu budaya masak masyarakat papua).

Secara traditional, buah merah ini sudah menjadi buah ataupun obat yang dikonsumsi secara turun temurun oleh masyarakat Papua. mereka menyakini kandungan khasiat yang terdapat didalam buah ini sangat penting untuk penyembuh berbagai penyakit.

khasiat buah merah
buah merah papua

Di Papua, kita akan menemukan banyak tanaman ini di pekarangan, kebun atau di hutan. Pembudidayaan buah merah pertama kali dilakukan oleh seorang warga asli papua yang bernama Nicolaas Maniagasi pada tahun 1983. Atas jasanya itu, beliau mendapatkan sebuah penghargaan lingkungan hidup Kehati Award pada tahun 2002.

Ketika dibukitkan secara ilmiah, ternyata orang yang mengkonsumsi buah ini, kita akan dapat banyak manfaat yang luar biasa untuk tubuh kita. Sebab, didalam buah merah sendiri terkandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita, seperti: protein, kalori, karbohidrat, lemak sehat, dan antioksidan seperti vitamin E, vitamin C, alfa-karoten, beta-karoten, dan zat warna antosianin.

BACA : Manfaat Jamu Nanas Merah untuk Obat Haid

Hebatnya lagi, kandungan antioksidan dan juga asam lemak (omega-3 dan omega-9) yang terdapat dalam buah ini bukan hanya untuk meningkatkan kekebalan tubuh saja, tetapi juga dapat membantu tubuh kita untuk menangkis radikal bebas yang akan menyebabkan sel-sel menjadi rusak. Jadi, bukan sekedar omong kosong belaka yaa terkait khasiat si merah dari Papua ini.

READ  1001 Manfaat Rempah-Rempah Temu Kunci yang Tak Banyak Diketahui

Kehebatan kandungan si merah dari Papua ini membuatnya memiliki khasiat yang mungkin masih jarang diketahui oleh khalayak. Mungkin karena mediasi ataupun kurangnya penelitian ekstra terkait buah ini. Nah artikel ini akan memberikan beberapa informasi terkait khasiat yang terkandung si Buah merah dan penyakit apa saja yang akan bisa divegah bahkan disembuhkan. Berikut beberapa khasiat buah Merah dari Papua ini :

√ Mencegah kanker

Karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, buah merah ini dipercaya dapat melindungi sel-sel tubuh kita dari serangan radikal bebas. Menurut penelitian, Kandungan tokoferol yang terdapat dalam buah merah sangat tinggi, bisa mencapai 11000 ppm dan kandungan karotennya juga besar, sekitar 7000 ppm.

Kedua antioksidan ini adalah antioksidan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan radikal bebas. Kerja antioksidan ini juga dapat memperlancar aliran darah dan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mencegah produksi sel kanker.

Menurunkan kolestrol jahat

Sebuah penelitian mengatakan bahwa ekstrak buah merah mampu meningkatkan kadar kolestrol baik dan mampu menurunkan kadar kolestrol jahat. Ini yang menyebabkan mengapa banyak orang mempercayai buah merah dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Namun karena penelitian ini baru dilakukan pada hewan, manfaat buah merah terkait kolestrol dalam tubuh manusia masih butuh pembuktian yang kuat.

√ Mencegah diabetes

Kandungan tokoferol dalam buah merah dapat membantu tubuh Anda mengontrol kadar gula darah yang ada di dalam tubuh. Karena itu, buah merah disinyalir dapat menyembuhkan bahkan mencegah penyakit diabetes.

READ  Ternyata Sikat Gigi Formula Saja Tidak Cukup

Adapun fungsi tokoferol dalam tubuh diantaranya untuk membantu meningkatkan kerja pancreas. Jadi penggunaan hormon insulin yang akan merubah gula menjadi energi akan sangat lebih efektif.

 Mencegah HIV/AIDS dan hepatitis B

Selain antioksidan yang banyak terkandung dalam buah ini, ternyata asam lemak omega-3 dan omega-9 dalam buah merah juga bisa berfungsi sebagai antivirus. Hal ini yang dapat menyebabkan hambatan dalam pembentukan membran lipid virus sehingga membuat virus tidak dapat berkembang biak. Oleh karena itu buah merah dipercaya membantu mencegah HIV/AIDS dan hepatitis B.

Menjaga kesehatan mata

Betakaroten merupakan jenis vitamin A yang sangat diperlukan oleh mata kita agar fungsi mata untuk melihat berjalan dengan normal. Nah didalam Buah merah ini terdapat kandungan betakaroten yang tinggi. Karenanya, ketika mengkonsumsi buah merah, kita dapat memenuhi kebutuhan betakaroten yang sangat penting untuk kesehatan mata.

Mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit lain yang terkait

karena menyimpan Tokoferol yang dapat memperlancat aliran darah dan mengencerkan darah, antioksidan yang didalam buah merah dapat mencegah tekanan darah tinggi. Ini yang akan melindungi tubuh kita dari membekuan darah yang berefek pada menyumbatan darah.

Ini akan menjaga tubuh anda dari berbagai penyakit yang berindikasi pembekuan darah atau penyumbatan darah, seperti: stoke, jantung dan sebagainya.

√ Memiliki sifat anti peradangan

Mesikipun secara ilmiah belum terbukti, tetapi buah merah dipercaya dapat meredakan peradangan. Ini disebakan karena buah merah memiliki sifat antioksidan kuat sehingga dapat mengurangi efek dari peradangan. Selain itu, manfaat lainnya juga dapat dijadikan obat alternatif bagi penyakit radang usus yang berpotensi berkembang menjadi kanker usus.

Itulah beberapa informasi terkait manfaat buah merah yang berasal dari Papua ini. Meskipun secara medis belum ditemukan terkait beberapa bukti penyembuhan, tetapi kandungan-kandungan yang terdapat didalam buah ini menjadi sesuatu yang direkomendasikan secara ilmiah. Tentu saja harus ada penelitian lebih lanjut untuk mengetahui fakta-fakta buah merah dan kandungannya sehingga tak ragu-ragu menikmatinya.

READ  1001 Manfaat Pete untuk Kolesterol dan Asam Urat
khasiat buah merah
sari buah merah papua

Mungkin ini juga yang menjadikan buah merah belum dikelola secara besar-besaran untuk dijadikan ekstrak obat yang dapat membantu dalam hal penyembuhan. Butuh kinerja lembaga kesehatan yang mumpuni untuk mengelolanya.

Minimnya kepekaan untuk mengelolah penelitian ini juga mungkin menjadi sebab kurangnya informasi valid terkait khasiat buah merah untuk penyembuhan bagi manusia. Padahal banyak sekali nutrisi yang terkandung di dalam buah merah ini.

Disisi lain buah merah yang dipaparkan sebagai sumber nutrisi, ada hal yang harus dijaga ketika kita mau mengkonsumsinya terutama untuk mereka yang bermasalah dalam bagian ginjal dan hati. Untuk itu, perlu berkonsultasi dahulu kepada dokter sebelum mengkonsumsi buah ini, terutama ketika menjadikannya buah ini sebagai obat penyembuh herbal.

Nah itu dia informasi menarik dari si buah merah yang berasal dari wilayah Papua ini. Sebenarnya jika ada yang mau mengembangkan penelitian terkait khasiat buah ini, mungkin akan lebih bermanfaat lagi untuk dunia kesehatan terutama ketika menjadi obat penyembuh, sebab kita sudah mengetahui apa saja yang kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah ini.

Pencarian Populer Lainnya :

buah merah papua
manfaat buah merah
khasiat buah merah papua
khasiat buah merah
buah merah papua asli
sari buah merah
buah merah asli papua
minyak buah merah
kapsul buah merah papua
buah merah wamena

BACA JUGA :

[2019] Pohon Kesambi, Kandungan, Manfaat Hingga Mitos

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

2 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar