Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Berbuat Baik Tak Pernah Menyesal

Agar dapat mengunjungi situs ini, harap matikan fitur Adblock saudara, ya!

Buah untuk Penderita Diabetes yang Paling Direkomendasikan | Info Valid

/
173 Views

Meskipun buah merupakan jenis makanan yang memiliki banyak kandungan nutrisi untuk tubuh, tetapi ada juga beberapa buah yang menjadi pantangan untuk para penderita penyakit tertentu, seperti diabetes. Lantas, apa saja buah untuk penderita diabetes yang baik dikonsumsi? Ini yang akan kami jelaskan. Ingat, ada buah-buah tertentu yang malah tidak baik untuk para diabetes.

Pasalnya, para penderita diabetes ini adalah tipe orang yang harus menjaga asupan makanannya agar tidak memicu naiknya tekanan gula darah. Dengan demikian, kontrol gula dalam tubuh tetap dalam keadaan normal.  

Asupan buah bagi penderita diabetes pun diharuskan teratur dengan memperhatikan porsi nutrisi serta senyawa dalam buah. Sebab ada beberapa buah yang justru menjadi pemicu naiknya tekanan darah. Ini akan menyebabkan efek negative bagi tubuh para penderita diabetes.

Oleh sebab itu, pengetahuan tentang rekomendasi buah untuk pederita diabetes sangatlah penting untuk diketahui. Artikel ini merangkum beberapa informasi dari beberapa sumber terkait rekomendasi buah yang aman untuk penderita diabetes:

1. Juwet

buah untuk penderita diabetes
buah juwet

Buah kecil berwarna ungu yang berasal dari Indian Subbenua ini telah banyak tersebar di seluruh dunia. Buah yang hampir mirip dengan buah blackberry atau anggur ungu ini mengandung kaya nutrisi bagi tubuh kita.

Bahkan kandungan zat besi dalam buah ini berfungsi sebagai pembersih darah alami. Oleh sebab itu, zat besi tersebut akan memastikan darah mengandung oksigen dengan jumlah hemoglobin yang baik.

Selain itu indeks glikemik yang terkandung dalam buah ini adalah rendah. Sehingga dapat mengontrol tekanan gula darah yang ada didalam tubuh. Kandungan asam oleanolic mempunyai fungsi mengurangi gejala diabetes sebab kandungan sama oleanolic bersifat anti diabetes.

2. Tin

buah untuk penderita diabetes
buah tin

Buah yang memiliki nama latin ficus carica ini memiliki kandungan pektin (serat larut). Serat larut dalam buah tin ini mempunyai manfaat untuk membersihkan kolestrol yang ada didalam tubuh kita.

Selain itu kandungan kalium dari buah ini sangat tinggi dan kandungan sodium buah ini rendah. Kedua kandungan tersebut sangat membantu dalam mencegah gangguan hipertensi dan mengontrol kadar gula dalam tubuh.

BACA : Buah-buahan untuk diet paling ampuh

3. Naga

buah untuk penderita diabetes
buah naga

Buah yang memiliki tampilan layaknya bersisik ini, menyimpan khasiat untuk penderita penyakit diabetes. Karena buah naga mempunyai kandungan senyawa antioksidan yang sangat lengkap. Senyawa antioksidan itu seperti : flavonoid, antosianin, licopein, potasium, tokoferol, polifenol, fenol dan masih banyak lagi.  

Itulah yang menjadi salah satu alasan utama buah ini menjadi buah yang sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes.

4. Aprikot

buah untuk penderita diabetes
buah aprikot

Buah yang memiliki rasa segar dan manis ini dapat mencukupi kebutuhan gula anda dengan jenis fruktosa. Fruktosa memiliki indeks yang lebih rendah pada indeks glikemiknya. Buah yang memang susah dicari Indonesia ini memiliki kadar polifenolnya tinggi.

Sehingga dapat membantu tubuh menjaga keremajaan sel dan menekan angka kerusakan sel pada penderita diabetes. Sel disini termaksud juga sel yang meningkatkan kekuatan serap terhadap glukosa.

5. Kiwi

buah untuk penderita diabetes
buah kiwi

Seperti buah apricot, buah berkulit coklat ini memiliki indeks glikemik yang lemah, hanya kisaran angka 38 saja. Disamping itu, kandungan gula yang terdapat dalam buah kiwi hanya mencapai 6 gram saja.

Kiwi mempunyai antikoksidan yang sangat baik dan akan berfungsi sebagai pelindung tubuh dari serangan radikal bebas. Antioksidan ini juga yang menjadikannya sebagai bahan perawatan kecantikan bahkan bahan kesehatan kulit.

6. Jeruk

buah untuk penderita diabetes
buah jeruk

Buah yang selalu ada tanpa musim tertentu ini mempunyai kadar gula rendah namun ber antioksidan tinggi. Di dalam 1 buah jeruk terdapat 12 gram gula. Bahkan indek glikemik yang ada pada jeruk hanya mencapai akan 40, inilah yang membuat buah ini menjadi salah satu pelambat kenaikan gula darah didalam tubuh sehingga sangat baik untuk dikonsumsi bagi para pengidap diabetes.

7. Apel

buah untuk penderita diabetes
buah apel

Apel adalah buah yang memiliki kadar serat tinggi. Kadar sehat ini mempunyai fungsi untuk menekan pembentukan glukosa pada darah sehingga dapat menahan tekanan pada gula. Selain itu juga apel memiliki senyawa peptin yang mempunyai sel berpori.

Ini akan membantu mengangkat kolestretol dan glukosa darah serta mengeluarkannya melalui saluran pembuangan. Asam galacturonic sangat membantu efektifitas insuling yang mencapai kadar hingga 35 %.

BACA : Daftar kandungan buah merah papua

8. Semangka

buah untuk penderita diabetes
buah semangka

Buah yang memiliki bentuk alamiah bulat ini mempunyai serat yang kaya dan nilai kalori yang rendah. Selain itu antioksidan didalam buah ini cukup lengkap. Jenis antioksidan yang ada pada semangka adalah betakaroten, lutein, cyptoxanthin dan zeaxanthin.

Mereka memiliki peran untuk memperbaiki fungsi pada angkreas serta melindungi kerusakan sel terutama yang disebabkan oleh diabetes.

9. Alpukat

buah untuk penderita diabetes
buah alpukat

Alpukat adalah buah yang mengadung banyak glikemik rendah mencapai 1 – 50. Sebab itulah buah yang memiliki teksture lembut ini, sangat baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Selain itu juga, buha ini memiliki kandungan gula hanya sekitar 0,7 gram dalam kisaran 100 gram aplukat. Buah ini juga sangat bagus untuk kulit dan rambut.

10. Nangka

jangan mengkonsumsi berlebihan
buah nangka

Buah yang tidak direkomendasikan untuk ibu hamil ini, ternyata sangat direkomendasikan untuk para penderita diabetes. Pasalnya, buah ini mengandung karbohidrat yang relative sangat tinggi. Tetapi ada senyawa unik yang terkandung didalam nangka. Yaitu senyawa karsitol.

Senyawa ini akan berfungsi menekan efek resistensi tubuh pada insuling dan mendorong sel meningkatkan daya serap pada glukosa yang ada didalam tubuh kita. 

11. Buah Noni

buah untuk penderita diabetes
buah noni

Buah yang memiliki aroma dan rasa yang khas ini berdasarkan riset penelitian dapat menyembuhkan penyakit diabetes dari atas sampai ke bawah. Maksudnya terbukti dapat mengatasi penyakit diabetes.

Sebab kandungan nutrisi dan kandungan senyawa penting yang ada di dalam buah ini bukan hanya menekan gula darah naik, tetapi  dapat membantu insulin yang berefek pada resistensi sel sehingga dapat menormalkan aliran darah, melebarkan pembuluh darah, memacu metabolisme dalam daya serap sel terhadap glukosa dan membantu mencegah kerusakan yang berasal dari efek diabetes.

12. Stroberi

buah untuk penderita diabetes
buah strawberry

Buah yang mempunyai warna merah ini memiliki indeks glikemik terletak di angka 40 pada 120 gram. Selain itu juga, stroberi memiliki kadar gula yang hanya mencapai 5 gram dalam takaran 100 gram stroberi. Oleh sebab itu, buah ini menjadi salah satu buah yang direkomendasikan untuk para penderita diabetes.

Bahkan untuk anda yang berbadan gemuk, stroberi hanya memiliki 25 kalori, sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi stroberi bahkan buah ini bisa menjadi menu dalam program dietmu.

Sebenarnya masih ada sekian buah yang bisa direkomendasikan untuk para pengidap diabetes. 12 buah di atas hanya secuil jenis dari beberapa buah yang dibolehkan untuk pengidap diabetes. Oya, dari kesemua itu, buah yang paling direkomendasikan berdasarkan riset adalah buah noni.

Sebab menurut hasil penelitian dari Dr Neil Solomon bersama 1227 pakar kesehatannya, 85% dari 5575 sampel pasien dapat dibantu kesembuhan penyakit diabetesnya dengan mengkonsumsi buah noni. Namun, jika buah noni sulit ditemukan ditempat anda, anda bisa memilih alternative pilihan buah lainnya.

BACA JUGA :

https://maknawi.net/buah-buahan-yang-harus-dihindari-ibu-hamil/
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

2 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar