Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Berbuat Baik Tak Pernah Menyesal

Agar dapat mengunjungi situs ini, harap matikan fitur Adblock saudara, ya!

img

√ 10 Cara Akurat Membedakan Madu Asli dan Palsu [Ampuh]

/
/
494 Views

Membedakan Madu Asli dan Palsu – Sebagaimana pada artikel sebelumnya, madu memiliki segudang manfaat untuk manusia. Berbagai penyakit dapat dicegah dan diobati dengan mengkonsumsi madu, pun dengan perawatan kecantikan, bisa melalui konsumsi madu. Karena ini minuman manis asli ini sangat digembari masyarakat. Tentu, madu yang dimaksud adalah madu asli murni tanpa campuran.

Hanya saja madu asli murni telah banyak dimanifulasi. Tidak sedikit para pedagang madu yang curang mencampur madu asli dengan gula dan air atau sejenisnya. Akhirnya madu pun tidak memiliki efek manjur sebagaimana madu asli. Karena itu, sangat penting bagi anda untuk mengetahui ciri-ciri madu asli. Berikut ini cara akurat membedakan madu asli dan palsu;

1. Tes Madu Menggunakan Air | Madu Asli dan Madu Palsu

Madu asli terdiri dari nektar yang tidak mengandung air. Karena itu, anda bisa melakukan tes apakah madu asli atau palsu. Caranya ambil segelas air bening lalu ambil madu yang sudah anda beli, teteskan ke dalam air tersebut dan lihat hasilnya. Jika madu tersebut jatuh ke ke bawah air dan tetap mengental, serta tidak bisa menyatu dengan air berarti madu tersebut asli.

Sebaliknya jika madu yang dimasukkan ke air ternyata malah terapung serta mudah pecah-pecah dan bahkan menyatu dengan air, berarti madu tersebut tidak asli alias palsu. Cara ini sangat sederhana untuk anda praktekkan. Semoga bermanfaat. tal.

READ  Minyak Kutus Kutus Bali, Manfaat, Cara Menggunakan, Harga, Lengkap

2. Tes Kelengketan | Madu Asli dan Madu Palsu

Cara ini bisa anda lakukan dengan menempelkan madu ke tangan. Sebagaimana diketahui, madu memiliki daya lengket bahkan agak sulit dihapus jika menempel di kulit, tetapi madu palsu juga bisa memiliki karakter seperti ini dengan cara dicampur dengan gula. Karena itu, pengetesan madu melalui jari-jari tangan bisa dilakukan dengan cara membirkannya sampai 2 menitan. Lalu lihat hasilnya.

Jika madu meleleh secara perlahan tetapi sangat kuat dan tidak bisa dipisahkan dengan sumbernya maka madu tersebut asli. Tetapi jika madu tersebut sangat lengket, jika disentuh dengan jari lain tetap ada bagian yang masih menempel lengket maka madu tersebut palsu.

3. Tes Madu dengan Kertas | Madu Asli dan Madu Palsu

Cara praktis berikutnya adalah menggunakan kertas. Sekarang anda ambil madu yang barus saja dibeli, lalu teteskan ke selembar kertas. Hasilnya apa? Jika kertas tersebut mudah merembas dan robek, berarti madu tersebut palsu. Sebab, madu tersebut sudah memiliki campuran zat lain. Sebaliknya, jika kertas tersebut tidak mudah robek, berarti madu tersebut asli murni.

4. Menggunakan Lemari Es | Madu Asli dan Madu Palsu

Cara ini sangat praktis, anda bisa membedakan madu asli atau palsu hanya dengan memasukan madu yang anda miliki ke dalam lemari es. Kemudian lihat hasilnya? Jika madu tersebut tidak membeku berarti madu tersebut asli. Sebaliknya jika madu tersebut membeku alias menjadi es, berarti madu tersebut palsu alias campuran.

5. Tes dengan Pasir | Madu Asli dan Madu Palsu

Madu memiliki sifat kental dan padat. Karena itu, anda bisa melakukan uji coba dengan menuangkannya ke atas pasir yang sudah anda letakan di atas piring. Coba teteskan madu tersebut, jika madu tidak merebah ke bagian pasir yang lain, berarti madu tersebut asli. Tetapi jika kemudian menyebar ke bagian lain, diduga keras madu tersebut palsu.

6. Menggunakan Sendok | Madu Asli dan Madu Palsu

Cara praktis ini juga cukup ampuh dan akurat, silahkan anda ambil satu sendok makan dan tuangkan madu di atasnya. Lalu pegang sendok tersebut dan panaskan di atas lilin. Jika madu tersebut berbusah sangat banyak sehingga tumpah membludak, berarti madu tersebut asli. Tetapi jika madu hanya membusah sendikit, berarti madu tersebut campuran alias palsu.

READ  Daftar Merk Susu Penggemuk Badan Terbaik yang Paling Akurat

7. Tes Rasa Madu | Madu Asli dan Madu Palsu

Rasa madu memang berbeda-beda tergantu kadar nektar yang terkandung didalamnya. Terlebih perbedaan bunga yang diserap lebah. Biasanya madu hutan lebih manis dari madu lain. Meski demikian, semua madu asli memiliki persamaan yaitu memiliki rasa yang manis dan kuat. Karena itu, anda bisa menilai dari rasanya apakah madu tersebut asli atau bodong.

Jika rasanya tidak memudar, tidak menghilang setelah penutup kemasan dibuka, berarti madu tersebut asli. Lain halnya jika rasanya menghilang sedikit demi sedikit setelah penutup kemasan dibukan, diduga keras madu tersebut tiruan alias campuran alias bodong alias palsu. Bahkan rasa yang tersisa hanya rasa gula saja nantinya.

8. Tes Api | Madu Asli dan Madu Palsu

Cara ini terbilang unik, coba anda sediakan madu di dalam gelas. Lalu nyalakan sebatang korek api. Setelah itu, jatuhkan korek yang sedang menyala itu kedalam madu. Jika secepat kilat tenggelam dan apinya mati, berarti madu tersebut palsu. Sementara jika korek tenggelam secara perlahan, dan apinya mati secara perlahan, berarti madu tersebut asli.

9. Tes dengan Semut | Madu Asli dan Madu Palsu

Semut bisa dijadikan sarana untuk mengetes madu asli atau palsu. Caranya anda letekan madu di atas piring, lalu biarkan beberapa lama sampai semut berdatangan. Jika semut-semut tersebut tidak masuk ke gumpalan madu, maka madu tersebut asli. Sebab madu asli mengandung enzim murni yang aromanya kuat dan tidak disukai semut.

Namun jika semut masuk ke gumpalan madu seperti berenang lalu mati, maka diduga keras madu tersebut palsu. Itu terjadi karena madu tersebut mengandung campuran gula dan racun yang berasal dari gula dan madu.

READ  Susu Appeton Weight Gain, Kandungan, Manfaat, Efek Samping, Lengkap

10. Tes Kejernihan | Madu Asli dan Madu Palsu

Perhatikan madu yang anda beli, jika memiliki kotoran serbuk sari atau bekas rumah lebah, biasanya madu tersebut asli. Sebaliknya jika madu tersebut jernih, bersih, biasanya madu tersebut palsu. Hanya saja cara ini kurang begitu akurat, sebab para penjual madu juka mengetahui cara ini. maka dari itu, mereka sudah membubuhi madu dengan bekas sarang lebah.

Bahaya Madu Palsu

Madul palsu adalah madu yang sudah mendapatkan campuran zat lain seperti pemanis dan gula. Campuran ini kurang baik bagi kesehatan jika seseorang mengkonsumsi terus menerus. Sebab hakikatnya dia tidak sedang mengkonsumsi madu, melainkan mengkonsumsi gula. Padahal mengkonsumsi gula berlebih bisa menimbulkan penyakit diabetes dan obesitas.

Selain itu, madu campuran juga biasanya menggunakan pemanis buatan yang bisa meningkatkan resiko penyakit kangker, diabetes dan ginjal. Apalagi madu palsu seering diolah di rumahan sehingga mudah terkontaminasi berbagai bakteri yang bisa menimbulkan kangguan pencernaan bagi pengkonsumsinya.

Karena itu, sebelum anda mengkonsumi madu atau sebelum anda membeli madu, sebaiknya teliti terlebih dahulu madu tersebut dengan cara-cara di atas. Oya, harga juga menentukan apakah madu tersebut asli atau palsu. Jika harganya murah, diduga keras madu tersebut palsu. Sebab, mengumpulkan madu dalam satu botol bukan perkara mudah.

Karenanya, madu asli murni tanpa campuran akan dijual dengan harga yang mahal. Saya sendiri tidak percaya jika ada madu yang dijual dengan harga murah. Atas dasar apa pun, alasan apa pun, madu asli memiliki harga yang mahal karena kualitasnya memang luar biasa. Demikian semoga bermanfaat!

Baca Artikel Pilihan:

1001- Manfaat Madu Lebah Asli Untuk Kesahatan dan Kecantikan

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar