Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Berbuat Baik Tak Pernah Menyesal

Agar dapat mengunjungi situs ini, harap matikan fitur Adblock saudara, ya!

Cara Membuat Perpustakaan Pribadi di Rumah yang Efektif dan Efisien [2019]

/
166 Views

Membuat Perpustakaan Pribadi – Menurut hasil survey dari studi Most Littered Nation In the World 2016, minat baca Indonesia menempati urutan ke 60 dari 61 negara. Sementara menurut UNESCO, presentase warga Indonesia yang suka baca hanya 0001%, itu berarti dari 1000 orang warga Indonesia cuma 1 orang yang suka membaca.

Mengapa hal itu terjadi? Mungkin banyak faktor, bisa jadi karena kemajuan teknologi, bisa juga karena faktor minimnya sarana dan prasarana, mungkin juga karena faktor budaya. Yang jelas, faktanya memang demikian. Dulu, penulis sering buka bazar buku di kampus-kampus, saat itu penghasilan per hari saja bisa lebih dari 2 jutaan. Tetapi kini hari, dapat 500 ribu saja amat sulit.

Itu berarti, minat beli atau minat baca memang menurun. Nah sekarang bagaimana menghadirkan kembali minat baca seseorang? Menurut mini hal itu harus dimulai dari rumah. Dengan menghadirkan lingkungan yang mendukung minat baca buku, kemungkinan seseorang akan mengalami perubahan.

Cara Membuat Perpustakaan Pribadi di Rumah

Ya, salah satu cara menghadirkan lingkungan minat baca buku adalah membuat perpustakaan pribadi di rumah. Dengan begitu, setiap hari ia akan melihat buku, berinteraksi dengan buku dan akhirnya ia menjadi penikmat baca buku. Lantas, bagaimana ide membuat perpustakaan pribadi di rumah, berikut ini ada beberapa ide yang mungkin bisa pembaca lakukan :

1. Memperhitungkan Jumlah Koleksi Buku

perpustakaan pribadi
koleksi buku

Pertama, anda harus memperhatikan koleksi buku. Artinya, anda mesti memperkirakan sebanyak apa koleksi buku yang akan anda tempatkan di perpustakaan. Jika koleksi buku itu banyak, maka anda juga akan terbayang ukuran perpustakaan tersebut. Selain itu, sebaiknya anda juga harus memperhatikan karakteristik buku yang anda sukai.

READ  Psikologi Perkembangan Anak dalam Kitab Tuhfatul Mudud bi Ahkami al-Maulud

Dengan demikian, koleksi buku anda akan berbobot dan sesuai dengan keilmuan anda. lain halnya jika anda termasuk multi talenta, alias senang dengan berbagai judul buku. Anda boleh mengkoleksi semua jenis buku. Tapi ingat, ukuran perpustakaan tetap harus anda perhatikan.

2. Pemilihan Rak Buku

perpustakaan pribadi
rak buku unik

Rak buku juga sangat penting untuk anda perhatikan. Biasanya, perpustakaan peribadi akan dipakai dalam waktu yang lama sekali. Mungkin tahunan. Itu kalau rumah anda sudah permanen alias tidak akan berpindah-pindah lagi. Bagaimana kalau kontrakan? Lebih harus diperhatikan lagi kekuatannya karena jika sering dipindah-pindah, kekuatan rak buku akan semakin rapuh.

Untuk bahan pertimbangan, sebaiknya anda membeli rak buku yang terbuat dari besi yang disusun menggunakan baut baut kecil. Dengan demikian, ketika anda ingin memindahkannya, anda tidak akan kesulitan dengan ukuran rak buku yang besar. Anda tinggal buka saja satu persatu rangkaian rak buku tersebut. Niscaya lebih ringan.

Di samping itu, besi juga memiliki kekuatan yang sangat lama. Belum lagi jika ada banjir, rak buku anda akan tetap kuat.

3. Memperhatikan Kekuatan Lantai

perpustakaan pribadi
rak buku unik

Bukan saja rak buku yang harus kuat dan bertahan hingga tahunan, anda juga harus memperhatikan kekuatan lantai. Sebab lantai ini akan menopang keseimbangan rak buku. Jika lantainya mudah pecah atau makan ke dalam karena menahan beban berat, khawatir rak buku jadi oleng dan jatuh.

Terlebih lagi jika anda meletakkan perpustakaan di lantai 2, uh mengerikan. Karena itu, sebaiknya perpustakaan di letakan di lantai 1 saja. disamping lebih aman, perpustakaan di lantai 1 juga akan mudah dijangkau.

4. Memilih Lokasi Perpustakaan

perpustakaan pribadi
lokasi perpustakaan

Berikutnya anda juga harus memperhatikan lokasi perpustakaan di rumah anda. maksudnya, anda mesti memiliki sense of art, alias peka terhadap keindahan. Sebab perpustakaan di rumah bukan hanya sekedar agar mudah membaca buku, tetapi juga harus berbasis keindahan. Jika rumah anda berukuran besar, anda bisa menjadikan satu ruangan khusus untuk perpustakaan.

READ  1001- Model Lampu Gantung Ruang Tamu

Lain halnya jika rumah anda sempit, maka anda harus berfikir ulang untuk menempatkan perpustakaan pribadi. Sebagai sebuah ide, perpustakaan kecil mungkin bisa anda letakan di bawah tangga, di samping memanfaatkan space yang biasanya tidak terpakai, perpustakaan bawah tangga juga memiliki nilai seni yang unik.

Opsi lain, anda juga bisa menempatkan perpustakaan di ruang lain seperti ruang tidur, ruang kerja, bahkan ruang tamu. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan sudut-sudut atau pinggiran tembok dengan membentuk rak buku memanjang ke atas. Caranya cukup sederhana, anda tinggal memasang siku-siku di tembok, lalu di pasang papan secara berurutan ke atas.

5. Memperhatikan Ventilasi Udara

perpustakaan pribadi
ventilasi udara di perpustakaan pribadi

Jika tidak menggunakan AC, sebaiknya perpustakaan anda memiliki jendela dan ventilasi udara yang memadai. Pasalnya, jika tidak terdapat ventilasi sama sekali, biasanya anda mudah ngantuk ketika membaca buku. Akibatnya, belajar anda menjadi tidak efektif. Terlebih lagi jika jendela perpustakaan menghadap ke taman-taman hijau. Uuuuh sehat sekali tuh buah otak.

6. Warna Ruangan

perpustakaan pribadi
warna perpustakaan

Jangan salah, warna sekitar perpustakaan juga sangat mendukung kenyamanan belajar. Dalam konteks ini, anda tak perlu repot-repot menentukan warna yang sesuai dengan warna buku atau apa saja, yang penting warna tersebut merupakan warna kesukaan anda. itu saja. tidak perlu harus lembut, kontras atau sejenisnya yang penting, favorit.

7. Pencahayaan Ruangan

perpustakaan pribadi
pencahayaan perpustakaan

Aspek pencahayaan sangat menentukan seberapa lama anda kuat membaca. Oleh sebab itu, pastikan pencahayaan di perpustakaan peribadi sangat memadai. Termasuk ketika anda membuka laptop atau computer, pastikan cahaya di perpustakaan tersebut mengalahkan cahaya layar laptop anda. jika tidak, mata akan tidak sehat.

8. Furniture Tambahan

perpustakaan pribadi
perpustakaan pribadi

Agar semakin nyaman dan betah selama di perpustakaan, sebaiknya anda juga melengkapi dengan furniture lain seperti meja dan kursi, sofa empuk, atau sejanisnya yang memungkinkan mempermudah anda atau setidaknya membuat betah berlama-lama di perpus.

READ  Cara Bunda Cerdas Mengetahui Bakat Anak sejak Usia Dini (Part.2)

9. Penataan Buku

perpustakaan pribadi
penataan buku

Terakhir, mungkin tips yang ini sudah tidak terlalu asing. Yaitu, sebaiknya anda menata buku-buku anda sesuai bidang keilmuan. Misalnya, anda tempatkan semau ilmu yang berkaitan dengan social di kotak social, buku ipa ditempatkan di kotak ipa, novel di kotak novel dan seterusnya. Di samping terlihat rapi, anda juga akan lebih mudah mencarinya ketika membutuhkan.

Demikian ide-ide membuat dan mempercantik perpustakaan peribadi anda. ingat, cara paling efektif mengubah seorang anak adalah menghadirkan lingkungan yang sesuai dengan keinginan kita dalam pembentukan masa depan si anak. Artinya, anda mengajarkan mereka secara tidak langsung sehingga anda akan minim mengeluarkan kata harus ini dan harus itu.

BACA JUGA :

1001 Manfaat Hujan Petir yang Tak Banyak Diketahui

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar