Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Berbuat Baik Tak Pernah Menyesal

Agar dapat mengunjungi situs ini, harap matikan fitur Adblock saudara, ya!

img

1001- Cara Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik

/
/
876 Views

Kulit kering adalah kondisi dimana kulit mengalami kekurangan cairan pada bagian terluar kulit. Bagian yang paling rentang mengalami kulit kering misalnya lengan, tangan dan kaki. Meski demikian, anda jangan khawatir. Kami akan sharingkan cara mengatasi kulit kering.

Kulit kering atau xerosis dapat menimpa lelaki atau wanita. Setiap orang memiliki tingkatan berbeda-beda dalam hal kulit kering, biasanya tergantung kondisi kesehatan, letak geografis, usia dan sebagainya. Umumnya, semakin tua umur seseorang, ia akan semakin rentan terkena kulit kering.

1. Gejala Kulit Kering

cara mengatasi kulit kering
cara mengatasi kulit kering

Kulit kering bisa dialami seseorang sepanjang hidupnya tetapi umumnya hanya terjadi pada kondisi-kondisi tertentu saja tergantung faktor-faktor seperti di atas. Ada beberapa gejala kulit kering misalnya permukaan kulit terlihat kasar, kulit terasa kencang, kaku ketika mandi, gatal dan kemerahan juga sering muncul.

Gejala lain misalnya terdapat garis-garis halus atau retakan pada kulit. Lalu bersisik dan mengelupas. Kalau semakin parah, kulit bisa mengeluarkan darah. Ini kondisi paling parah.

Baca : Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengobatinya

2. Penyebab Kulit Kering

cara mengatasi kulit kering
penyebab kulit kering

Ada beberapa penyebab kulit kering, di antaranya adalah sebagai berikut:

Iritasi Menyebabkan Kulit Kering

Penyebab iritasi berbeda-beda, bisa karena sabun, parfum, jenis pakaian yang gunakan, bahan penyuci seperti deterjen dan lain-lain. Intinya, iritasi bisa terjadi karena berbagai faktor. Nah, iritasi ini bisa menjadi penyebab kulit kering.

READ  Daftar Merk Susu Penggemuk Badan Terbaik yang Paling Akurat
Menggosok kulit Menyebabkan Kulit Kering

Menggosok kulit tujuannya agar kulit menjadi bersih. Tetapi perlu diketahui bahwa menggosok kulit bisa menyebabkan kulit kering. Apalagi jika menggosoknya menggunakan alat gosok seperti spons. Gosokan ini berpotensi menyebabkan rusaknya lapisan kelembapan di kulit bagian luar. Akhirnya kulit menjadi kering.

Bertambahnya Usia Menyebabkan Kulit Kering

Semakin bertambah usia seseorang, kulit akan semakin kering. Fenomena ini wajar sebab hormone yang diproduksi tubuh akan semakin mengurang. Padahal hormone-hormon itu berkaitan dengan kesehatan kulit.

Akibat Handuk Menyebabkan Kulit Kering

Handuk biasa digunakan untuk melembapkan badan setelah mandi. Tetapi jika seseorang menggosoknya hingga kering banget, itu bisa menimbulkan kulit kering. Padahal kelembapan sangat dibutuhkan oleh kulit. So, upayakan ketika berhanduk tidak sampai mengeringkan total seluruh tubuh anda.

Baca : Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengobatinya

Sabun yang Tidak Cocok Menyebabkan Kulit Kering

Sabun memiliki berbagai varian, nah jangan sampai bersabun dengan sabun yang bukan diperuntukkan untuk mandi. Sebab pelembap alami di kulit akan terkikis dan kulit menjadi kering. Pun hindari sabun dengan formulasi kuat, sebab sabun tersebut memiliki resiko kulit kering.

Faktor Perubahan Cuaca Menyebabkan Kulit Kering

Perubahan cuaca juga berdampak pada tingkat kelembapan udara. Lembap udara yang terlalu rendah bisa mengakibatkan kulit kering. Semakin dingin udara, semakin mudah kulit kering. Oleh sebab itu, sebaiknya tidak terlalu sering berada di ruangan ber AC. Coba saja rasakan efeknya, biasanya kulit menjadi kering.

Mandi Uap Menyebabkan Kulit Kering

Memang mandi uap terasa nikmat, namun ingat, mandi seperti ini bisa menyababkan kulit kering. Pasalnya termperatur panas bisa mengakibatkan berkurangnya minyak alami. Jika minyak alami berkurang, kulit akan menjadi kering.

READ  Susu Appeton Weight Gain, Kandungan, Manfaat, Efek Samping, Lengkap

Baca : Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengobatinya

3. Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Kering?

cara mengatasi kulit kering
cara mengatasi kulit kering

Sebenarnya cukup mudah mengatasi kulit kering, salah satunya dengan mengubah frekuensi dan durasi mandi. Ketika anda mandi, uapayakan tidak lebih dari 10 menit. Pastikan juga sabun yang anda gunakan memiliki kandungan pelembap agar kulit menjadi segar. Tidak hanya itu, untuk mencegah kulit kering juga hendaknya anda gunakan pelembap setelah mandi.

Gunakan pula handuk yang halus dan upayakan agar kulit tidak selalu terkena sinar matahari. Bukan anti matahari, tetapi tidak sering. Kebutuhan minum juga harus diperhatikan, setidaknya anda harus minum air mineral 2-3 liter setiap hari. Jika kulit kering disebabkan peradangan semisal dermatitis atau eksim, sebaiknya anda bawa ke dokter.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kulit kering. Prinsipnya selalu kedepankan langkah pencegahan. Hindari penyebab-penyebab kulit kering. Dengan begitu, kulit kering bukan saja dapat di atasi tetapi tidak pernah terjadi. Sebaliknya, jika kita main hantam saja, apalah daya kalau kulit kering terjadi. Di situlah biasanya seseorang menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan.

Baca Juga:

Ternyata Sikat Gigi Formula Saja Tidak Cukup

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar