Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Berbuat Baik Tak Pernah Menyesal

Agar dapat mengunjungi situs ini, harap matikan fitur Adblock saudara, ya!

img

♥ Cara Mengobati Bau Mulut Paling Ampuh

/
/
249 Views

Bau mulut adalah sesuatu yang membuat seseorang merasa tidak nyaman, baik dirinya atau pun orang di sekitarnya. Penyebab bau mulut ada banyak, misalnya kurang merawat gigi, konsumsi makanan yang tidak teratur dan terseleksi, gaya hidup dan sebagainya. Banyak orang yang berupaya mengobati bau mulut, namun banyak juga yang lupa langkah preventifnya.

Dengan demikian, meskipun berbagai obat bau mulut herbal telah mereka konsumsi, namun manakala mereka tidak mengenali penyebab dan cara mencegahnya, maka bau mulut akan sukar diusir. Perlu kita ketahui, semua makanan yang dikonsumsi terutama makanan yang beraroma tajam semisal bawang putih, memiliki peran mulut menjadi bau.

Selain itu, makanan-makanan yang tersisa di sela-sela gigi juga akan berdampak pada bau mulut. Bila makanan itu tidak terbersihkan dengan sikat gigi, maka bakteri akan tumbuh di sela-sela gigi sehingga mengakibatkan bau mulut. Jenis sikat gigi yang digunakan pun bisa menentukan bau mulut. Artinya, kualitas sikat gigi tersebut apakah mampu menyapu sisa-sisa makanan atau tidk.

Makanya tatkala anda menyikat gigi, utamakan menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu yang halus dan kecil. Hindari sikat gigi yang bulunya datar dan panjang. Sebab bentuk seperti itu tidak bisa menjangkau sisa makanan yang bersembunyi di balik gigi. Walhasil, mengapa ada orang yang sudah sikat gigi tapi mulutnya masih bau, tentu karena kualitas sikat gigi dan cara menyikatnya yang tidak sempurna.

A. Kenali Penyebab Bau Mulut

Sebelum kita bahas lebih detail cara mengobati bau mulut, berikut ini akan diuraikan kebiasaan-kebiasaan yang menjadi penyebab bau mulut. Di antaranya sebagai berikut:

1. Kurang Menjaga Kebersihan Mulut | Penyebab Bau Mulut

Penyebab utama bau mulut adalah kurang menjaga kebersihan mulut. Akibatnya, aroma tak sedap pun selalu ada, dan tentu sangat mengganggu kenyamanan. Bayangkan, ketika anda malas menjaga kebersihan mulut seperti langsung tidur malam sebelum sikat gigi, maka dapat dipastikan bau mulut akan sulit dihilangkan. Lagi-lagi, ini soal kebiasaan. So, biasakan bersih.

Cara mencegah penyebab ini, anda bisa melakukan sikat gigi secara teratur terutama setelah makan. Cara menyikatnya pun harus benar, anda sikat bagian luar dan dalam serta gunakan cara menurun dari bagian gusi hingga ke ujung gigi. Tujuannya agar sisa makanan di sela-sela gigi dapat terangkat dan terbuang. Jangan lupa sikat juga lidahnya agar tidak menguning.

2. Akibat Kebiasaan Merokok | Penyebab Bau Mulut

Merokok adalah penyebab bau mulut yang cukup dominan juga. Bahkan bukan saja bau, merokok juga dapat merusak paru-paru dan menciptakan noda pada gigi dan gusi. Maka dari itu, hendaknya anda tinggalkan merokok. Bukan saja soal kesehatan, tetapi ini juga untuk menjaga kenyamanan orang-orang di sekitar anda. Terlebih, secara ekonomi sangat sia-sia.

3. Efek Diet | Penyebab Bau Mulut

Diet merupakan aktifitas yang sering dilakukan wanita dengan tujuan melangsingkan tubuh. Cara ini ditempuh dengan mengurangi asupan makanan. Akibatnya karbohidrat berkurang dan tubuh akan memecah lemak secara alami. Kemudian akan terbentuk keton. Keton adalah bahan kimia yang merupakan penyebab bau mulut.

4. Asupan Makanan yang Beraroma Tajam | Penyebab Bau Mulut

Sebagaimana dijelaskan di atas, asupan makanan yang beraroma tajam juga dapat menimbulkan bau mulut. Seperti bawang, pete apalagi alkoho, semua ini jelas menyebabkan mulut anda bau. So, sebaiknya anda hindari makanan-makanan tersebut.

READ  Ternyata Sikat Gigi Formula Saja Tidak Cukup
5. Karena Suatu Penyakit | Penyebab Bau Mulut

Ketika mulut kering, air liur akan berkurang, ketika air liur berkurang bakteri akan berkembang dan akibatnya bisa menimbulkan bau tak sedap. Oleh sebab itu, jaga selalu kesehatan anda agar tubuh dapat beraktifitas dengan sehat dan proporsional. Artinya kebutuhan tubuh anda terpenuhi sehingga tidak ada anggota tubuh pun yang mengalami sengsara seperti kering lidah.

Pun dengan Kondisi pencernaan, harus dijaga dengan sebaik-baiknya. Sebab infeksi bakteri di lambung dan usus dapat menyebabkan aroma bau mulut yang tak sedap. Di samping itu, ini juga bukan semata urusan mulut tetapi urusan tubuh anda secara keseluruhan. Selain itu, diabetes, sinusitis, bronchitis, tonsillitis, sinusitis dan penyakit paru-paru juga bisa menimbulkan bau mulut.

6. Konsumsi Obat-Obatan | Penyebab Bau Mulut

Bukan hanya konsumsi makanan, konsumsi obat-obatan pun bisa menimbulkan bau mulut. Misalnya obat kemoterapi, obat penenang, obat penghilang nyeri dada dan sebagainya. Semua itu berpotensi mengakibatkan bau mulut.

B. Cara Mengobati Bau Mulut

Dari sekian banyak penyebab bau mulut, yang paling dominan adalah kebersihan mulut itu sendiri. Makanya, cara mengatasi ini anda harus bersikat gigi secara teratur dan benar. Ingat,bukan hanya teratur tetapi juga bersikat gigi dengan benar. Meski demikian, anda juga harus menggunakan moutwash (obat kumur) agar menyempurkan kesegaran mulut anda.

Dengan menggunakan mouthwash secara teratur, terutama di pagi hari setelah sarapan dan di malam hari sebelum tidur, niscaya mulut anda akan terhindar dari aroma bau. Di tambah lagi bila mouthwashnya yang mengandung minyak esensial, menurut para peneliti yang mengandung minyak ini lebih efektif membersihkan mulut anda, karena dapat memberangus kuman.

READ  √ Ini dia Penyebab Bau Mulut Akut dan Cara Menghilangkannya

Singkatnya, cara mengobati bau mulut adalah menghindari penyebabnya seperti yang sudah dijelaskan di atas, ditambah lagi dengan sikat gigi yang disempurnakan dengan mouthwash (obat kumur). Mouthwash ini sangat penting. Jika teratur dilakukan, gigi anda akan bersih dan terbebas dari berbagai bakteri yang dapat merusak kesehatan gigi dan gusi anda.

Demikian semoga bermanfaat, ya.

Baca Juga:

Pengertian Kosmetik, Sejarah dan Penggolongannya

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar