Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Berbuat Baik Tak Pernah Menyesal

Agar dapat mengunjungi situs ini, harap matikan fitur Adblock saudara, ya!

img

♥ 4 Cara Usaha Online untuk Newbie | Praktis dan Untung Gede

/
/
358 Views

Cara Usaha Online – Newbie adalah sebutan bagi para pemula bloger. Sebagaimana kita tahu, saat ini bisnis online semakin menjamur. Berbagai tawaran usaha sampingan yang serba instan dan menjanjikan pun dijajakan di dunia maya. Tak ayal, dari kalangan muda hingga emak-emak pun akhirnya ingin memulai usaha online. Tapi, banyak di antara mereka yang bingung apa itu bisnis online?

Karena penasaran, akhirnya mereka pergi ke mbah google dan mengetik cara bisnis online, walhasil berjumpalah dengan artikel ini. hehe. Baiklah, pengguna internet memang selalu naik. Dari hari ke hari trafficnya semakin meroket dan mungkin menjadi booming. Menurut data yang bertebaran, hingga tahun 2017 saja pengguna internet di Indonesia mencapai 143 jutaan.

Bagi kalangan pebisnis, fenomena ini merupakan lahan basah alias peluang besar untuk meraup rupiah. Maka dari itu, berpagi-pagi mereka saling berlomba membuat berbagai bisnis online entah berupa toko online, buzzer iklan, publisher adsense dan seterusnya. Lebih hebohnya, toko-toko raksasa pun mulai dialihkan ke toko online. Lihat saja, ada lazada, tokopedia, bukalapak dan seterusnya.

Ketika mereka saling bersaing, ada pihak ketiga yang lebih diuntungkan lagi. Bahkan nyaris mereka belum memiliki saingan yang begitu ketat. Pebisnis pihak ketiga ini adalah jasa pengiriman. Di sana ada Tiki, Jne, Pos dan banyak sekali yang lainnya. Tanpa bersusah payah promosi, mereka diuntungkan secara langsung oleh adanya kompetisi pasar online.

Bagi para pemula alias newbie bisnis online, mungkin anda bingung apa sih yang bisa dibisniskan di dunia maya? Atau bisnis online apa yang bisa saya lakukan? Nah berikut ini kami akan sharingkan kiat bisnis online dari tahapan awal hingga akhir.

1. Menentukan Bentuk Bisnis Online | Cara Usaha Online

Dunia maya yang bisa diubah menjadi rupiah sangat banyak. Anda tentukan satu saja. Katakanlah anda ingin fokus dalam penjualan produk melalui online. Maka dari itu, berarti anda tinggal memfokuskan bagaimana agar produk anda bisa dipasarkan dan dilihat oleh banyak konsumen. Cara menjual produk via online bisa melalui beberapa sarana sebagai berikut:

a. Jual Produk Via Facebook Ads

cara usaha online yang menggiurkan

Facebook ads adalah fitur yang disediakan facebook untuk para pengguna yang ingin mengiklankan atau menginformasikan suatu berita agar info tersebut memiliki jangkauan yang lebih luas. Adapun berapa ribu jangkauannya, anda bisa atur sendiri sesuai budget anda.

Cara praktisnya, pertama-tama anda buat terlebih dahulu Fans Page Facebook, kemudian posting produk atau info yang ingin disahingkan. Setelah itu coba anda lihat tutorial di google atau di youtube bagaimana step step iklan via fb ads. Pada kesempatan lain kami juga akan mensharingkan step-stepnya.

b. Jual Produk Via Facebook Profile

Cara Usaha Online untuk newbie

Kalau selama ini anda menggunakan fb hanya sekedar memposting status unyu-unyu, sekarang anda bisa memanfaatkan fb anda untuk jualan produk. Terutama jika teman-teman anda tersegemntasi, misalnya mayoritas mereka menyukai pakaian hijab tertentu, maka peluang ini dapat anda manfaatkan untuk berjualan hijab.

Perlu diketahui, untuk lebih detail jangkauan audience sesuai dengan produk yang kita pasarkan bisa anda lakukan melalui fb ads di atas. Itu sangat valid dan tertarget. Anda bisa memilih jenis kelaminnya, umurnya, behaviornya, lokasinya, pendidikan dan seterusnya.

c. Jual Produk Via Twitter

Cara Usaha Online untuk newbie

Meski twitter tidak serame dulu, tetapi hingga saat ini masih banyak yang menggunakan. Saran saya, mula-mula anda gunakan terlebih dahulu akun-akun umum dengan poto yang menarik dan twit yang menginspirasi. Dengan begitu, ketika anda memfollow mereka, mereka pun akan follback alais follow anda.

READ  ♥ Cara Bisnis Online Bagi Pemula [Ampuh]

Semakin banyak follower anda, semakin bagus peluang bisnis yang akan anda lakukan. Selain itu, anda juga bisa menambah follower menggunakan beberapa aplikasi. Upayakan yang menyediakan penambah follower alami saja. Ada ko, banyak banget. Googling aja coba.

d. Jual Produk Via Instagram

Cara Usaha Online untuk newbie

Instagram adalah media social baru yang digandrungi para remaja. Dengan gaya gambar plus caption, membuat mereka betah berlama-lama di sini. Di samping itu, video-video yang bisa ditampilkan juga cukup menarik. Sebab duransinya hanya satu menit. Dengan begitu, mereka akan menguploads video sesingkat mungkin dengan pesan yg padat.

Instagram juga bisa digunakan untuk bisnis. Bukan saja mengandalkan jumlah follower, anda juga bisa menggunakan Instagram ads sebagaimana fb ads. Bahkan justru anda bisa menggabungkan keduanya melalui fb ads. Dengan demikian, satu bidikan menghasilkan dua panah. Fb ads iya, Instagram ads juga kena.

c. Jual Produk Via Blog/Website
peluang usaha sampingan
peluang usaha

Di samping melalui media social, anda juga bisa menjual produk via blog. Justru via ini malah lebih efisien. Biasanya konsumen akan memandang anda lebih serius dan bertanggung jawab. Apalagi kalau yang datang ke web anda secara alami, dijamin mereka membeli produk tersebut. Sebab mereka memang sudah berniat mencari produk.

Berbeda dengan produk yang mereka temukan di media social, belum tentu mereka membutuhkannya. Tetapi dengan melalui web, itu berarti mereka mengetik dan mencari produk yang diinginkan. Lalu mampir ke website anda.

2. Membuat Branding Bisnis | Cara Bisnis Online

Cara Usaha Online untuk newbie
branding usaha

Jika anda sudah menentukan bentuk bisnis online, ya bagi para newbie dianjurkan jualan produk dulu, langkah berikutnya anda harus membuat branding. Artinya, ciri khas apa yang akan tonjolkan agar mudah dikenal oleh konsumen. Branding bisa melalui logo bisa juga melalui tulisan singkat dan hastag. Menurut seorang peneliti, postingan yang menggunakan hastag relative lebih mudah ditemukan ketimbang yang tidak.

READ  1001- Bisnis Tanpa Modal yang Mudah Dipraktekkan, Laris, Untung Besar

3. Fokus | Cara Bisnis Online

Cara Usaha Online untuk newbie
focus

Lagi-lagi, kata fokus masih menjadi senjata ampuh dalam meraih kesuksesan bisnis online. Pun dengan jenis produk, jika anda fokus pada satu saja semisal hijab, maka lambat laun anda akan dipercaya sebagai penjual expert dalam perhijaban. Maka dari itu, fokuskan usaha online anda. Jika tidak, nanti anda mudah berganti-ganti jenis usaha online yang bikin anda tak sukses.

Baca : Bisnis Online dan Memahami Cashflow Quadrant

4. Perbanyak Ibadah | Cara Bisnis Online

Cara Usaha Online untuk newbie

Google adalah sebuah perusahaan yang dijalankan secara professional. Tetapi ingat, google juga milik tuhan yang dengan segala kekuatannya bisa membuat google berjalan. Bayangkan jika tuhan menghentikan arus udara dan sinyal, apa google bisa beroperasi? Tidak kan? Maka dari itu, dalam perjalanan bisnis online yang anda tempuh, sepatutnya anda berdoa kepadaNya.

Sudah terlampau banyak cerita orang-orang sukses melalui bisnis online. Ketika ditanya apa tipsnya, mereka senantianya menyertakan kekuatan ghaib yaitu believing kepada yang Maha Ghaib. Seperti yang dituturkan Eka Lesmana pebisnis sukses bidang publisher adsense, salah satu kunci suksesnya adalah berdoa.

Demikian, keempat steps bisnis online bagi newbe. Silahkan diamalkan, jangan tunggu esok dan nanti. Sebab semakin cepat anda memulai, semakin besar peluang anda untuk sukses. Sebaliknya, semakin lambat anda memulai semakin sulit untuk berkompetisi. Demikian!

Baca Juga Artikel Terkait :

7 Peluang Usaha Sampingan Ini Bikin Kamu Cepat Kaya dalam 2 Bulan

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar