Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Berbuat Baik Tak Pernah Menyesal

Agar dapat mengunjungi situs ini, harap matikan fitur Adblock saudara, ya!

img

10+Hikmah Sedekah dalam Islam yang Sangat Menggugah

/
/
1370 Views

Seperti pada tulisan-tulisan sebelumnya tentang sedekah, kita meyakini bahwa memberi tak pernah mengurangi. Sementara pelit dapat membuat hidup terlilit. Entah disadari atau tidak, dimengerti atau tidak, acapkali kita mendapatkan sesuatu yang baik dari arah yang tak disangka. Jika ditelusuri, ternyata sesuatu yang baik itu biasanya berpangkal pada aktifitas yang kita lakukan yaitu memberi.

Sebaliknya terkadang ada suatu kejadian buruk menimpa kita, entah sisi kesehatan semisal sakit atau harta yang tiba-tiba hilang dicuri orang, atau sejenisnya, jika ditelusuri ternyata berpangkal pada sikap kita terhadap harta kita yang cenderung pelit alias enggan berbagi. Mungkin sebagian menyanggah, “aku kan sudah sedekah ilmu”. Betul, sebaiknya tingkatkan dengan sedekah harta biar pengorbanannya terasa berisi.

Sebab, biasanya manusia cenderung didominasi oleh sesuatu yang terindera. Dalam konteks harta yang memang terindera, maka cintanya pun kepada harta tersebut lebih dominan ketimbang sesuatu yang abstrak. Mungkin. Oleh sebab itu, cobalah keluarkan dan berikan sesuatu yang sifatnya materi kepada orang lain yang membutuhkan. Tunggu keajaibannya.

Sebagai penguat dan peneguh keyakinan, pada tajuk ini kami ingin berbagi pengetahuan tentang hikmah sedekah, hikmah memberi, hikmah berbagi. Tentu, disamping keutamaan yang membuat harta semakin bertambah, ada beberapa hikmah sedekah lain di antaranya sebagai berikut:

1. Hikmah Sedekah dapat Menguatkan Iman

hikmah sedekah menguatkan iman
hikmah sedekah

Ada banyak hal yang diperintahkan dalam Islam. Dan perintah-perintah tersebut bukan kepentingan Allah Swt, sebab Allah tidak membutuhkan hamba. Justru, perintah-perintah itu untuk kebaikan manusia dalam kehidupan di dunia dan akhirat. Nah, salah satu yang diperintahkan dalam Islam adalah bersedekah.

Sedekah ada dua macam yaitu sedekah Sunnah dan sedekah wajib. Adapun yang dimaksud sedekah Sunnah adalah sedekah tanpa sebab baik secara jumlah ataupun secara waktu. Artinya kapan pun dan dimana pun serta dalam kondisi apa pun, kalau anda ingin berbagi, maka pahala itu akan anda raih. Tentu dengan keutamaan lainnya pula.

Sementara sedekah wajib adalah zakat dimana seorang muslim yang memiliki harta dengan syarat tertentu, maka wajib atasnya mengeluarkan zakat. Jika tidak, maka ia berdosa. Zakat ada dua macam yaitu zakat fitrah dan zakat harta. Adapun fitrah dikeluarkan di bulan suci Ramadhan sementara zakat harta meliputi empat macam yaitu zakat pertanian, peternakan, perdagangan dan emas perak.

2. Hikmah Sedekah dapat Menghindari Sifat Kikir

hikmah sedekah terhindar dari kikir
sifat kikir susah kaya

 

“Ada tiga hal yang dapat merusak kehidupan dunia” demikian Sabda Rasulullah Saw “yaitu hawa nafsu yang diperturutkan, kikir yang dipelihara dan kagum terhadap diri sendiri”. Maka dengan seringnya kita bersedekah, kita akan terhindar dari sifat sedemikian. tidak hanya itu, secara social orang kikir juga tidak disukai banyak orang.

3. Hikmah Sedekah dapat Meningkatkan Empati Sosial

hikmah sedekah meningkatkan empati sosial
empati sosial

Sudah menjadi sunnatullah ada orang kaya dan ada orang miskin. Keduanya merupakan pilihan manusia, dan di antara mereka ada yang memilih kaya dan ada yang secara tidak sadar memilih hidup miskin. Maka potret kehidupan seperti ini sebetulnya memberi kesempatan kepada orang kaya untuk berbagi dan meningkatkan kepekaan empati social terhadap orang di sekitarnya.

Baca : Keutamaan Sedekah Berdasarkan al-Quran dan as-Sunnah

4. Hikmah Sedekah dapat Meringankan Sakaratul Maut

hikmah sedekah ringankan sakartul maut
sakartul maut

Sakaratul maut adalah peristiwa dimana malaikat pencabut nyawa mencabut ruh dalam jasad kita. Kata Rasulullah, peristiwa ini sangat menyakitkan. Nah agar mengurangi rasa sakit itu, hendaknya kita memperbanyak amalan baik selama hidup di dunia. Tentu, salah satunya dengan bersedekah.

Rasulullah Saw bersabda “sedekah seorang muslim meningkatkan hartanya di masa hidup dan meringankan sakitnya di saat sakaratul maut. Dan melalui sedekah Allah menghilangkan sombong dan egois.” (Fiqh Sunnah vol 3 hl 97)

5. Hikmah Sedekah dapat Menyembuhkan Penyakit

hikmah sedekah buat sehat

Ada sebuah hadits yang menyatakan “Obatilah orang sakit di antara kalian dengan sedekah” (HR. Abu Dawud dihasankan al-Bani dalam Shahihul Jami’). Ada juga hadidts yang berbunyi “bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang sakit di antara kalian dengan sedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” (HR. Athabrani)

Melihat dua hadits di atas sepatutnya menjadi motivasi dalam berbuat amal. Dengan demikian, lambat laun aktifitas sedekah akan menjadi kebutuhan dan bahkan gaya hidup seorang muslim.

6. Hikmah Sedekah dapat Menjauhkan Bencana

hikmah sedekah terhindar dari bencana
hikmah sedekah terhindar dari bencana

Di samping hikmah-hikmah yang disebutkan di atas, sedekah juga dapat memberikan hikmah yang luar biasa bagi empunya yaitu terjauhkannya dari segala mara bahaya. Bahkan sekalipun orang tersebut seorang pendosa. Hal ini wajar karena keutamaan memberi memang bersifat umum yang berlaku untuk siapa pun. Terlebih seorang muslim, mestinya menjadi kebiasaan.

Baca: Asnaf Zakat berdasarkan al-Quran dan as-Sunnah

7. Hikmah Sedekah dapat Mengabulkan Permohonan

keutamaan sedekah
keutamaan sedekah

Mungkin ada di antara pembaca yang sering berdoa tetapi hingga kini belum terkabul. Nah, sekarang cobalah pancing pengabulan hajat tersebut dengan sedekah. Ada hadits qudsi yang berbunyi “barang siapa berniat sedekah, kecepatan Allah membalasnya lebih dari kecepatan gerakan sedekahnya”.

8. Hikmah Sedekah dapat Memperbanyak Rezeki

keutamaan sedekah
keutamaan sedekah

Rezeki adalah apa saja yang diberikan Allah kepada kita. Rezeki bisa berbentuk harta, jabatan, pangkat, kepintaran, kebodohan, kesehatan, sakit, anak dan istri. Semua itu termasuk rezeki. Perlu kita ingat bahwa rezeki ada yang haram dan ada yang halal. Nah, dengan memperbanyak sedekah semoga kita semakin banyak mendapat rezeki yang halal.

Imam Baihaqi meriwayatkan hadits, Rasulullah bersabda “Turunkanlah rezekimu dari Allah dengan cara mengeluarkan sedekah.” (HR. Al-Baihaqi)

Baca: Hukum Zakat Profesi

9. Hikmah Rezeki dapat Menghapus Dosa

sedekah dapat ampunan
keutamaan sedekah

Hadits nabi Saw mengatakan “sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air dapat memadamkan api” (HR. at-Turmudzi). Dengan demikian, sedekah yang kita keluarkan dapat menghapus titik-titik hitam dalam hati kita. Perlu diingat, ini hanya berlaku jika sudah bertaubat dari keburukan. Tidak berlaku bagi koruptor dan maling dengan alasan ingin membersihkan harta hasil korupsinya.

10. Hikmah Sedekah dapat Naungan di Hari Kiamat

keutamaan sedekah mendapatkan naungan di akhirat
keutamaan sedekah

Di hari kiamat tidak ada anungan selain naungan Allah Swt. Nah naungan itu diperuntukan oleh berbagai jenis keutamaan amal yang dilakukan manusia. Salah satunya amalan sedekah. Oleh karenanya mustinya hal ini menjadi aktifitas yang digemari oleh kita semua. Amiin.

11. Hikmah Sedekah dapat Memperpanjang umur

hikmah sedekah dapat panjang umur
panjang umur

Ada sebuat hadits Rasulullah yang berbunyi “sesungguhnya sedekah orang muslim dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang suul khatimah, Allah menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri.” (HR. Thabrani)

Perlu diperhatikan bahwa umur yang dimaksud pada hadit di atas bukanlah ajal atau waktu kematian. Sebab ajal tak pernah berubah, tak dapat dimajukan dan tak dapat diundur meskipun sedetik. Oleh sebab, pemahaman yang baik terkait umur yang dimaksud adalah umur dalam pengertian majaz alias metafor. Itu berarti bisa jadi maksudnya kehidupannya mudah, atau namanya harum lantaran sering disebut banyak orang meskipun sudah meninggal dunia.

Demikian kesebelas hikmah daripada sedekah yang mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Perlu menjadi catatan bahwa sepatutnya amal ibadah hanya ditujukan untuk meraih ridho Allah Swt. Jika itu perintah, maka ada keutamaan atau tidak semestinya tetap kita lakukan agar Allah ridho kepada kita. Wallahu’alam.

Baca Juga : 

Kisah Nyata Keajaiban Sedekah Tiba-Tiba Dompet Berisi Duit

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

1 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar