10 Jenis Atap Rumah untuk Dekor Rumah Anda [2019]

Ada sekian banyak jenis atap rumah atau genteng yang bisa anda jadikan alternatif untuk mendesain rumah anda. dengan jenis-jenis atap tersebut, rumah anda dimungkinkan akan terlihat lebih fresh dan berkarakter. Selain itu juga, pertimbangan daya tahan tak bisa diabaikan begitu saja. sebab, meskipun bagus tetapi kurang afdhal jika daya tahannya rendah.

The reader yang budiman, seiring perkembangan zaman, jenis-jenis genteng pun mulai mengalami perkembangan alias inovasi. Berbagai varian, bentuk, gaya, model, dan warna pun dijajakan di pasaran. Kesemua style tersebut membuat anda lebih leluasa untuk memilih dan memilah mana genteng yang sesuai dengan bentuk dan warna rumah anda.

Ditambah lagi sekarang-sekarang ini banyak fenomena alam seperti hujan lebat dan kencang, putting beliung bahkan gempa bumi. Bencana alam ini tentu saja bisa membuat kerusakan genteng. Oleh sebab itu, berbagai inovasi pun dilakukan dalam rangka mengantisipasi kerusakan yang lebih besar. Pun dengan genteng, inovasi dilakukan untuk memenuhi kebutuhan.

Jenis – Jenis Atap Rumah yang Bagus dan Berkualitas

Jadi, melalui tulisan singkat ini kami ingin sharing tipe atau jenis-jenis genteng untuk rumah anda. mudah-mudahan, info ini memadai sehingga anda memiliki referensi sebelum membeli. Baiklah, ini dia daftar jenis atap rumah yang kudu anda ketahui :

1. Genteng Tanah Liat

jenis atap rumah

Genteng Tanah Liat

Boleh dikata, genteng tanah liat ini termasuk jenis lama alias ada sejak tahunan silam. Genteng yang terbuat dari tahan liat ini juga memiliki banyak bentuk dan gaya. Adapun keunggulannya, genteng ini dinilai kuat sehingga awet. Sementara kekurangannya, genteng ini mudah berlumut sehingga anda sangat perlu untuk melumurinya dengan cat.

BACA : Harga Plafon Gypsum Terbaru

2. Atap Genteng Keramik

jenis atap rumah

Atap Genteng Keramik

Bahan genteng keramik juga sebetulnya mengandalkan tanah liat sebagai material pokok. Hanya saja, genteng ini dipoles dengan lapisan glatzur sehingga menjadi lebih halus, indah dan daya tahannya sangat lama.

3. Atap Aspal

jenis atap rumah

Atap Aspal

Atap aspal bukanlah atap dalam bentuk jalan tol. Hehe. Maksudnya, atap aspal ini terbentuk dari bahan aspal yang dicampuri dengan bahan kimia. Atap aspal ini bobotnya lebih ringan ketimbang atap keramik. Untuk memasangnya, anda membutuhkan kerangka yang cukup guna menopang beratnya.

4. Atap Kaca

jenis atap rumah

Atap Kaca

Atap kaca termasuk atap yang lagi trendy saat ini. biasanya atap model ini digunakan untuk halaman rumah saja, atau sebagian kecil rumah, tidak keseluruhan rumah. Sebab jika atap ini dipake untuk keseluruhan rumah, efeknya akan membuat rumah menjadi panas. Keuntungan menggunakan atap dapat menangkal potensi jamur di sekitar rumah.

5. Atap Metal

jenis atap rumah

Atap Metal

Atap metal adalah atap yang dibuat dari bahan logam atau baja ringan anti karat. Dengan bentuknya yang sederhana –seperti seng- atap ini termasuk varian yang banyak digunakan di rumah-rumah saat ini. jika anda menggunakan atap model ini, beberapa keuntungan akan anda dapatkan seperti tak banyak memerlukan kerangka, anti lumut, anti pecah dsb.

6. Atap Beton

jenis atap rumah

Atap Beton

Atap beton tentu saja memiliki kekuatan yang terjamin. Bahkan, atap model ini bisa dikata tahan kebakaran. Biasanya rumah-rumah minimalis yang unik-unik menggunakan atap varian ini. hanya saja, jika anda menggunakan atap jenis ini anda akan kedodoran kantong. Hehe. Karena harganya lumayan mahal.

7. Atap Beton Cor

jenis atap rumah

Atap Beton Cor

Atap beton cor biasa digunakan di rumah-rumah di kota yang notabene lingkungannya sempit. Beberapa alasan mengapa orang-orang kota lebih seringg menggunakan atap beton cor misalnya karena sering terjadi kebakaran, atau untuk dijadikan tempat menjemur pakaian, atau juga karena memang berniat untuk dibangun berlantai-lantai.

8. Atap Asbes

jenis atap rumah

Atap Asbes

Kalau atap asbes tentunya tak asing lagi didengar bukan? Meski ada resiko kesehatan, terutama kalau sudah bertahun-tahun, tetapi atap asbes juga masih banyak digunakan. Karakteristik lain dari atap asbes ini dapat membuat dalam rumah menjadi panas, ditambah lagi ketika memasangnya kadangkala mudah pecah sehingga anda harus banyak keluar cost lagi.

BACA : Harga Plafon PVC Terbaru

9. Atap Seng

jenis atap rumah

Atap Seng

Adapun atap seng, bahannya ringan banget. Saking ringannya, kadangkala para tukang mengalami kesulitan ketika proses pemasangan. Hal ini lantaran atap seng mudah tertiup angin sehingga para tukang harus memaku terlebih dahulu agar tidak mudah terbang. Sama seperti asbes, atap seng juga akan keropos dalam waktu yang lama sehingga anda harus segera menggantinya dgn yang baru.

10. Atap Sirap

jenis atap rumah

Atap Sirap

Jika anda pengagum bentuk rumah yang tingi akan nilai seni, pilihlah atap sirap. Sungguh, tampilannya akan membuat bangunan menjadi anggun. Bagi yang melihatnya akan memperoleh kesan betapa apiknya pembuat genteng sirap ini. bangunan-bangunan yang biasa menggunakan atap sirap misalnya pendopo, gazebo dan sejenisnya.

Demikian kesepuluh jenis atap yang bisa kami sharingkan. Tentu saja, masih ada sekian lagi jenis atap. Nanti akan kami sharingkan lagi sisanya. Semoga bermanfaat, ya.

Baca Juga : 

https://maknawi.net/ide-mendesain-taman-minimalis-dalam-rumah/

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.