Jenis – Jenis Ayam Petarung Terbaik di Dunia Sabung

Jenis – Jenis Ayam Petarung – Apakah anda termasuk penggemar adu ayam? kalau demikian pasti anda tahu dong ayam jago yang sering jadi andalan di Sabung Ayam.

Biasanya kebanyakan penggemar sabung ayam ini menjagokan jenis ayam Bangkok. Hal itu karena ayam ini terbukti ‘sakti’ dalam bertarung dan bertahan sampe mati.

Karena itu tidak salah kalau anda juga menjagokan Ayam Bangkok ini. Hanya saja masih ada jenis ayam petarung lain yang juga kudu anda ketahui.

Jenis-jenis ayam petarung ini juga memiliki kemampuan berkelahi yang bisa diandalkan.

Mereka berasal dari berbagai daerah seperti Burma, Filipina, Taiwan dan juga Brazil. Ayam-ayam dari daerah ini juga terbukti ampuh berlaga di medan tempur.

Jenis – Jenis Ayam Petarung di Dunia Sabung Ayam

Seperti yang min katakan, ayam-ayam ini cukup populer di dunia sabung ayam. Jadi, kalau anda hanya mengenal ayam Bangkok, mulai sekarang anda bisa coba pake jenis ayam lain ketika berlaga.

Apa saja? berikut min uraikan satu persatu ya,

1. Ayam Bangkok

ayam petarung terbaik

ayam bangkok

Karena Ayam Bangkok merupakan ayam paling populer dalam dunia sabung, maka min taroh di nomor pertama.

Sesuai namanya, ayam ini berasal dari Bangkok, Thailand.

Kelebihan ayam bangkok ini terdapat pada daya tahannya ketika bertempur. Mereka tidak akan mundur walaupun kewalahan. Bahkan mereka bisa bertarung sampai mati.

Kelebihan ini sungguh ajaib, mungkin mereka terbiasa mempertahankan daerah kawasannya dari siapa pun yang hendak mengganggu.

Bahkan mereka rela mati dalam sebuah pertarungan ketimbang mundur dan lari.

Dari kelebihan ini sangat wajar jika para penikmat sabung ayam mengidolakan jenis ayam bangkok yang super josss ini.

2. Ayam Birma

ayam petarung terbaik

ayam birma

Ayam Birma (Burma) Myanmar ini lebih kita kenal sebagai ayam kampung. Ayam ini juga sangat disukai oleh para penikmat sabung ayam.

Dengan bentuk tubuh yang lebih kecil (sekitar 3 kiloan) ayam ini mampu melakukan berbagai manuver ketika bertarung.

Dalam beberapa kejadian, ayam Birma ini juga mampu membuat keok ayam Bangkok.

Karena kelebihannya yang gesit dan lincah ini, para penyuka sabung ayam seringkali mengawinkan ayam Birma dengan Ayam Bankok agar menghasilkan keturunan yang mewarisi karakteristik keduanya.

3. Ayam Shamo

ayam jago terbaik

ayam shamo

Ayam Shamo juga populer di kalangan penyuka sabung ayam. Ayam ini ada dua jenis, jenis shamo Jepang dan jenis Shamo Thailand.

Para penyuka sabung ayam lebih mempopulerkan Shamo Thailand ketimbang Shamo Jepang. Hal ini mungkin karena efek nama ayam Bangkok yang juga berasal dari Thailand.

4. Ayam Saigon

ayam aduan terbaik

ayam saigon

Meski tidak sepopuler jenis ayam petarung lainnya, ayam saigon patut anda ketahui. Hal itu karena ayam Saigon juga sering digunakan untuk berlaga di sabung ayam.

Ayam jenis ini bersal dari Vietnam dan kadangkala disebut Bangkok Vietnam.

Meski demikian, ayam ini kurang diminati di dunia sabung ayam karena ia lemah dalam menyerang lawan dan kurang peka melihat peluang untuk bermanuver.

Adapun kelebihannya, ayam saigon memiliki tubuh yang kuat dan kokoh sehingga daya tahannya cukup ampuh.

salah satu kekhasan ayam ini terletak pada bagian kepalanya yang botak, tidak seperti ayam lain. Makanya meskipun tidak terlalu diandalkan, tetapi ayam ini memiliki keunikan yang membuatnya punya daya tarik tersendiri.

5. Ayam Brazil

ayam petarung terbaik

ayam brazil

Ayam brazil termasuk ayam populer yang berasal dari brazil. Ayam ini adalah keturunan ayam Shoma Jepang yang kemudian dikembangkan di Amerika Selatan.

Di samping tubuhnya yang besar, ayam ini juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki ayam lain. Di antaranya, ayam ini memiliki akurasi yang tinggi ketika melakukan serangan.

Artinya ketika dia membidik lawan dan menghamtamnya, serangan itu tepat sesuai target.

6. Ayam Taiwan

ayam jago terbaik

ayam taiwan

Ayam Taiwan merupakan ayam petarung yang memiliki tubuh paling besar di antara jenis ayam yang lain. Pada ayam jantan, beratnya bisa mencapai 7 kg, sementara betina mencapai 5 kg.

Selain berat, ayam ini juga cukup tinggi sekitar 86 cm. Wajar jika ayam ini termasuk ayam petarung yang sering dicoba dalam dunia sabung ayam.

7. Ayam Filipina

ayam aduan terbaik

ayam filipina

Di kalangan penggemar sabung ayam, ayam Filipina termasuk ayam populer. Karakteristiknya cukup keren, ia punya bulu yang lebat, tubuh yang kekar dan warnanya variatif.

Di Indonesia sendiri ada 5 jenis ayam filipina yaitu Black Bonanza yang berwarna hitam, White Claret yang berwarna putih, Grey Cockfight yang bulunya indah dan paling kuat dalam bertarung.

Lalu ada juga jenis Alba yang berwarna merah dan terakhir berjenis Sweater Roundhead yang bentuk tubuhnya paling tegap.

8. Ayam Pakhoe

ayam aduan terbaik

ayam pakhoe

Ayam Pakhoe adalah ayam hasil persilangan antara ayam Myanmar, Brazil dan Malaysia.

Ayam jenis ini memiliki tubuhnya yang panjang dan sering menunduk. Dalam dunia sabung ayam, tipe ayam ini juga termasuk ayam petarung yang populer.

9. Ayam Pama

ayam aduan terbaik

ayam pama

Ayam Pama berasal dari Burma yang kemudian dikawinkan dengan ayam Thailand, Saigon, Pakhoe dan ayam Brazil.

Dari persilangan tersebut menghasilkan 5 jenis ayam yaitu ayam pama gostan, ayam pama melow, ayam pama mabin, ayam pama kradungtong dan ayam pama rambong.

10. Ayam Ciparage

ayam aduan terbaik

ayam ciparege

Ayam Ciparage adalah ayam petarung yang berasal dari Indonesia. Saat ini ayam Ciparage agak sulit ditemukan.

Dengan bentuk tubuh yang mirip dengan ayam Bangkok, ayam ini bisa diandalkan untuk bertarung.

Umumnya ayam Ciparage ini berasal dari Karawang Jawa Barat. Namun min nggk tahu, apakah saat ini masih ada atau tidak. Yang jelas, keberadaannya sudah langka.

Demikian kesepuluh ayam petarung yang bisa min sharingkan. Semoga bermanfaat ya buat para pembaca….

Baca Juga : 

Manfaat Teripang Laut

Buah Bintaro Pengusir Tikus

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.