7 Jurus Jitu Jualan Online (BARU 2019)

Jualan Online – Bisnis online adalah bisnis yang menggunakan internet sebagai sarana agar barang dan jasa yang ditawarkan sampai ke konsumen. Saat ini bisnis berbasis online memang sangat merajalela.

Tak ayal, persaingan pun semakin ketat. Berbagai produk barang dan jasa dijajakan 24 jam di dunia maya. Nah, bagaimana tips yang jitu agar jualan online sukses.

Agar jualan online sukses dan untung sekian rupiah, ada beberapa tips dan trik yang bisa anda lakukan.

Jika anda ikutin tips dan trik suskses jualan online ini, dimungkinkan omzet anda akan tembuh sekian juta bahkan sekian miliyar.

Tapi ingat, sebagus apa pun sebuah tips dan trik, tetap saja dibutuhkan kerja keras dan konsisten dalam melakukannya.

Sebab faktor terpenting yang menyebabkan seseorang gagal adalah karena mereka berhenti di angan-angan dan cita-cita. Sementara usaha dan konsisten, nyaris tak diperjuangkan.

Tips dan Trik Jualan Online Agar Sukses Milyaran Rupiah

Pernahkah anda mendengar para pebisnis online yang sukses? jika pernah coba sebutkan siapa orangnya dan bergerak dalam bidang apa usaha online tersebut.

Setelah itu, mari kita telusuri rahasia kesuksesannya. Kami berhasil merampung kumpulan trik sukses ala pebisnis online. Ternyata trik itu antara lain sebagai berikut :

1. Ikut Komunitas Penjual 

Lingkungan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keahlian seseorang.

Jika anda berada di komunitas penjual, terutama penjual online, lambat laun anda akan mengerti tips dan trik sukses berjualan di dunia maya.

Meski bisnis online cenderung individual, tetapi anda akan lebih baik jika bersama komunitas. Setidaknya tahu bagaimana cara promosi yang jitu.

Di samping ilmu baru yang mungkin anda dapatkan, bergabung dengan komunitas penjual online juga akan mendongkrak pengalaman anda dan memperluas jaringan.

Dalam Bahasa agama, jaringan adalah silaturahim. Siapa yang sering silaturahim, urusan kehidupannya akan panjang alias mudah.

BACA : Cara Mudah Budidaya Belut Agar Cepat Panen dan Naek Haji

2. Sistem Pre-Order

Jualan online adalah seni ‘menipu’ calon konsumen agar mau membeli barang yang belum anda miliki. Hehe. Nampaknya hampir semua toko online menggunakan system Pre-Order.

Pre-order adalah penjualan suatu barang yang belum ada. Artinya, konsumen membeli dan membayar terlebih dahulu ke pemilik toko online, kemudian si penjual tersebut baru berbelanja.

System pre-order merupakan strategi yang manjur di kalangan pebisnis online. Sebab cara ini meminimalisir modal belanja bahkan nyaris tak bermodal.

Di samping itu, cara ini juga menekan angka kegagalan alias banyak barang yang tidak terjual sebagaimana toko-toko yang berbelanja barang terlebih dahulu.

3. Menjual Produk yang Memiliki Nilai Tambah 

Mencari produk baru sebetulnya terlampau sulit. Oleh sebab itu, sebaiknya anda tetap menjual produk yang sudah dikenal dipasaran tetapi dengan sedikit memoles agar memiliki nilai tambah.

Misalnya anda memberikan bonus tertentu jika membeli lebih banyak, atau menaikkan harga sewajarnya dengan menyertikan hadiah pulsa dan sejenisnya. Ini nilai tambah yang membedakan dengan penjual online lain.

Meski terkesan sederhana, trik ini cukup jitu untuk merayu pelanggan. Terutama di Indonesia, nampaknya masyarakat masih senang dengan kata-kata “DISKON” atau “BONUS”.

Meskipun tak seberapa, hal tersebut memiliki kesan dan nilai tambah yang berbeda, dan lebih unggul dalam kompetisi pasar.

4. Niche Market 

Niche market adalah pemilihan segmen pasar tertentu yang sesuai dengan produk jualan online anda. Artinya, jika anda jualan hijab misalnya, maka sebaiknya anda pasarkan di komunitas-komunitas hijabers.

Ya tentu segmennya berarti perempuan. Bukan hanya perempuan, anda juga harus tahu segmen pasar yang suka dengan jenis hijab seperti apa.

Dengan pemilihan segmentasi ini, dimungkinkan jualan online anda lebih sukses berkali lipat dibandingkan segmen gado-gado.

Meski awalnya sedikit pengunjung, tetapi mereka adalah calon pembeli. Sebab kita sudah tahu behavior mereka yakni para pecinta hijab misalnya.

5. Gunakan Website

Seperti pada tulisan sebelumnya, jualan online bisa dilakukan melalui apa saja, yang penting info barang sampai ke khalayak.

Nah mekipun demikian, sebaiknya anda membuat website juga. Ini bukan saja untuk mendongkrak popularitas produk anda tetapi juga akan berpengaruh terhadap pandangan konsumen kepada anda.

Mereka akan menilai anda lebih competitor dan serius.

Kalau pun belum bisa membuat website, anda bisa numpang ke website e-Commerce seperti tokopedia, lazada, olx, shopee dan sejenisnya.

Website-website ini memiliki kekuatan search egine yang sangat bagus sehingga produk anda bisa tampil di halaman pertama di google. Hasilnya sangat memuaskan.

6. Survei Pasar

Saat ini semakin mudah untuk mengetahui produk yang lagi ngehits alias dicari oleh banyak orang. Anda bisa pergi ke google keyword planer kemudian anda ketik beberapa nama produk.

Lihat hasilnya, berapa ribu pencarian per harinya. Dengan begitu, anda akan tahu suatu produk sedang dicari atau tidak.

Survei ini sangat membantu akselerasi jualan online anda. Jangan sampai anda menggunakan jurus hit and run alias tabrak lari.

Artinya, anda coba-coba saja jualan produk, hajar sana hajar sini, jatuh bangun dan seterusnya dengan hasil yang nihil. Kalau zaman old mungkin tidak masalah, tetapi zaman now zamannya dunia maya.

Apa pun yang ingin kita bidik, bisa diteliti terlebih dahulu di google.

BACA : Sendal Jepit Brand Lokal dan Internasional yang Lagi Heboh

7. Gunakan Gambar Produk yang Tajam 

Menampilkan gambar produk terkesan sepele, padahal urusan ini sangat penting di mata konsumen. Jika ada beberapa preferensi produk, biasanya konsumen akan memilih gambar yang paling kontras.

Oleh sebab itu, pilih gambar yang bagus, jernish, ukurannya besar dan kreatif. Saya kira banyak cara yang bisa anda gunakan untuk memolesnya.

Demikian 7 tips dan trik jualan online agar sukses dan menguntungkan. Selama mencoba!

Praktekkan sekarang juga jualan online anda agar bisnis online anda mengalami akselerasi dan penaikkan omzet hingga milyaran rupiah. Usaha online apa pun akan mandeg jika sebatas teori

Baca Juga Artikel Terkait:

4 Cara Usaha Online untuk Newbie (BARU 2019)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.