Manfaat Buah Lengkeng untuk Kesehatan Menurut Penelitian Ilmiah

Apa sih manfaat buah lengkeng? Sobat pecinta buah tentunya tak asing lagi dengan buah yang satu ini, kelengkeng. Buah kecil yang manis ini ternyata memiliki banyak sekali khasiat bagi tubuh kita. Semakin suka deh sama buah ini. Pantas saja menjadi buah terfavorit di Indonesia.

Karena Indonesia memiliki tanah subur dengan iklin tropisnya, maka tanaman lengkeh dapat dengan mudah tumbuh di mana saja. Bahkan di kota-kota besar pohon ini ditanam di depan rumah. Selain untuk mendapatkan buahnya, tanaman ini juga bisa dijadikan hiasan sekaligus untuk menghasilkan suasana hijau.

Ketika buah lengkeng mulai bermunculan, biasanya sang pemilik akan membungkus buah-buah tersebut di pohonnya. Tujuannya agar ketika buah tersebut jatuh, buahnya tidak hancur. Ditambah lagi kalau jatuhnya di pinggiran jalan, diduga kuat tidak dapat dimanfaatkan.

Manfaat Buah Kelengkeng untuk Tubuh Manusia

Salain rasanya yang manis, buah kelengkeng juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan manusia. Rasanya memang sulit menemukan sebuah makanan, atau buah-buahan ciptaan tuhan yang tidak memiliki manfaat untuk manusia. Kita harus selalu bersyukur ya sobat. Baiklah, langsung saja ini dia manfaat buah lengkeng untuk tubuh manusia.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah kelengkeng mengandung vitamin C yang akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitaminnya sebanyak 84 miligram per 3,5 ons, cukup untuk memenuhi 93% kebutuhan vitamin harian bagi tubuh.

2. Memperkuat tulang

Orang dewasa membutuhkan konsumsi 900 mikrogram tembaga setiap harinya. Setiap 3,5 ons kelengkeng segar dapat memberikan 19% tembaga bagi kebutuhan harian tubuh. Efeknya apa jika kekurangan kadar tembaga? Diantaranya dapat mempercepat osteoporosis pada tulang sobat. Dengan mengkonsumsi kelengkeng, ternyata dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis.

3. Vitalitas Mata

Salah satu jenis vitamin penting adalah riboflavin yaitu bagian dari vitamin B kompleks. Seorang laki-laki butuh 1,3 mg riboflavin, dan perempuan butuh 1,1 mg perharinya. Kekurangan riboflavin dapat meningkatkan resiko terjadinya ganggungan mata terutama katarak.

Luar biasanya, kelengkeng mentah mengandung 0,14 mg riboflavin dalam setiap 3,5 ons. Sehingga memakan 3,5 ons kelengkeng mentah dapat memenuhi 38% kebutuhan fiboflavin harian untuk lelaki dan 45% untuk perempuan.

4. Membuat awet muda

Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, kelengkeng dapat membantu menyehatkan kulit serta membuat kulit sobat menjadi lebih kenyal. Selain itu, ada sifat anti penuaan dan dapat meningkatkan kesehatan kulit, gusi dan gigi.

5. Membantu program diet

Kelengkeng memiliki kadar lemak dan kalori yang sangat rendah, sehingga mengkonsumsi setengah mangkuk buah kelengkeng hanya memiliki kandungan 35 kalori. Pilihan yang tepat bagi sobat yang sedang merencanakan diet.

6. Sumber energi

Buah kelengkeng meskipun rendah lemak dan kalori, tapi mengandung karbohidrat kompleks, sob. Sehingga memiliki manfaat untuk meningkatkan stamina dan menambah gairah energi.

7. Menjaga kesehatan rambut

Di dalam biji kelengkeng terdapat zat saponin, yaitu zat yang bisa menjadi bahan dasar sampo. Memiliki manfaat untuk keindahan rambut sobat.

manfaat buah lengkeng

manfaat buah lengkeng

Itulah 7 manfaat buah kelengkeng yang sangat memukau. Buah favorit yang membuat badan semakin sehat dan berenergi.

BACA JUGA :
Manfaat Ganggang Biru yang Mengagumkan
Manfaat Teripang Laut untuk Wajah Lebih Kinclong

Manfaat Pisang Barangan Untuk Pria & Wanita Secara Ilmiah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.