Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan (BARU 2019)

Manfaat Buah Pala – Buah yang mempunyai nama latin Myristica fragrans ini tersebar di seluruh wilayah hutan tropis di dunia. Sejak zaman penjajahan, buah pala dikenal sebagai bahan penyedap rasa dan penambah aroma makanan.

Oleh karena itu, pada zaman penjajahan daerah yang memiliki pertumbuhan pala selalu menjadi incaran para penjajah.

Seiring berkembangannya penelitian, ternyata buah kecil berkulit kuning ini menyimpan banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan.

Bahkan hampir seluruh bagian buah pala juga bisa dikelola. Misalnya, biji pala dan kulit biji pala biasa dimanfaatkan sebagai bahan rempah – rempah dan obat – obat, dagingnya bisa dibuat makanan seperti manisan, rujak dan lain – lain.

Jika sebuah makanan diolah dengan campuran biji buah pala, maka makanan tersebut akan bertambah cita rasa dan aromanya sehingga menjadi semakin sedap.

Bentuk biji pala untuk rempah masakan pun tersedia dalam berbagai bentuk, seperti : biji utuh, serbuk bubuk bahkan minyak esensial.

Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Adapun kandungan buah pala sangat banyak, misalnya terdapat karminatif, stimulan, antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, antispasmodik, psikoaktif, dan afrodisiak.

Di samping itu, kandungan lainnya yang tak kalah bermanfaat adalah potasium, zat besi, mangan, tiamin, folat, magnesium, tembaga, dan vitamin termasuk B1, B6, dan sebagainya.

Untuk lebih detailnya, di bawah ini kami uraikan manfaat buah pala secara konprehensif baik manfaat untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengurangi Rasa Sakit dan Nyeri

manfaat buah pala

manfaat buah pala

Di dalam komponen nutrisi buah pala ada zat yang memiliki rupa seperti mentol. Zat ini mempunyai fungsi untuk menghilangkan rasa sakit secara alami.

Efek rasa sakit yang bisa di kurangi misalnya rasa sakit akibat luka, akibat peradangan kronis dari kondisi arthritis dan juga rasa sakit akibat ketenggangan.

Rasa nyeri saat masa haid dan rematik juga bisa disembuhkan oleh buah kecil ini.

Pasalnya, buah pala memiliki sifat antiemetic. Selain itu, nyeri pada otot dan sendi bisa juga teratasi dengan kandungan minyak atsiri esensial di dalamnya.

2. Meningkatkan Kecerdasan Otak

manfaat buah pala

meningkatkan kecerdasan otak

Penggunaan buah pala untuk merangsang kecerdasan otak ternyata sudah dipakai sejak zaman romawi dan Yunani Kuno. Pada zaman itu pala diolah menjadi ramuan minuman tonik.

Dalam buah pala terkandung sebuah senyawa yang bernama myristicin. Senyawa ini sangat berguna untuk memperbaiki daya ingat dalam otak manusia dengan cara merangsang saraf – saraf di dalam otak.

Disamping itu juga, pala mampu memperbaiki konsentrasi dan focus otak sehingga  semakin menguat.

Bahkan, enzim yang dapat memicu penyakit Alzheimer, parkinson dan penurunan kognitif dalam otak  pun dapat dikurangi atau dihambat pemicunya oleh nutrisi yang ada di buah ini.

3. Menebalkan Rambut

manfaat buah pala

menebalkan rambut

Cukup dengan memijat beberapa tetes minyak buah ini dikepala anda maka anda akan merasakan khasiat luar biasa buah ini pada rambut anda.

Pasalnya, nutrisi dalam buah pala yang dikelolah menjadi minyak bisa bermanfaat untuk menguatkan dan menyehatkan rambut.

Ditambah lagi, minyak ini juga dapat mencegah kerontokan dan meningkatkan volume pada rambut yang bermasalah. So, buat anda yang masih dipusingkan dengan masalah rambut, mungkin minyak pala ini jadi solusi terbaik.

BACA : Cara membinasakan ketombe agar lari terbirit-birit

4. Menjaga Gigi

manfaat buah pala

menjaga gigi

Pala memiliki sifat anti-bakteri terutama yang terdapat pada bijinya. Sifat alamiah ini mampu membunuh bakteri berbahaya secara efeketif yang bisa berkembang di dalam mulut.

Sebab itulah, nutrisi pala membantu menjaga kerusakan gigi dengan mencegah terjadinya lubang serta kerusakan pada gigi.

Bau mulut yang terjadi juga dapat diatasi oleh buah pala. Sebab buah pala mampu mengatasi penumpukan bakteri di dalam mulut yang menjadi faktor baunya mulut. [Baca : Penyebab Bau Mulut Akut dan Cara Mengatasinya]

5. Mengobati Diabetes

obat diabetes

mengobati diabetes

Berdasarkan riset terbaru dalam dunia penelitian, pala ternyata memiliki senyawa kimia yang disebut dengan macelignan. Senyawa ini biasanya dipakai sebagai pembuatan obat anti diabetes.

Pasalnya, salah satu manfaat senyawa ini adalah menurunkan kadar gula dan mencegah komplikasi yang akan terjadi akibat diabetes.

BACA : Buah untuk Penderita Diabetes

6. Mengobati Influenza

manfaat buah pala

mengatasi influenza

Ketika terserang influenza, kita bisa menggunakan pala untuk pereda penyakit ini. Sebab di dalam pala, terdapat kandungan asam oleanolat yang merupakan senyawa antivirus di dalam tubuh.

Ketika virus influenza masuk ke tubuh, senyawa ini akan segera menangani virus tersebut.

7. Menguatkan Kekebalan Tubuh

manfaat cengkeh

untuk kekebalan tubuh

Kandungan mineral dan vitamin di dalam biji buah pala dapat memperkuat antioksidan. Aktioksidan yang masuk ke tubuh dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang bisa melemahkan kekebalan tubuh.

Selain itu juga, biji buah pala banyak mengandung zat besi, potassium dan mangan yang mempunyai peranan penting untuk memperbaiki kekebalan tubuh.

8. Mendetoks Tubuh

manfaat buah pala

manfaat pala untuk detokstasi tubuh

Detoksidikasi tubuh yang berasal dari biji buah pala dapat membantu membersihkan liver dan ginjal dari racun – racun dengan cara mengaktifkan enzim – enzim di dalam liver.

Selain itu, hal ini juga dapat memperkuat fungsi keduanya. Ini akan membantu tubuh kita agar tetap sehat.

Selain itu, kandungan mangnesium yang terdapat didalamnya sangat dibutuhkan untuk mendetoks sel – sel.

9. Mengatasi Masalah Pencernaan

manfaat buah pala

masalah pencernaan

Di dalam buah pala terdapat serat yang dapat mendorong gerakan peristaltic di otot polos usus. Ini disebabkan rangsangan dari serat tersebut.

Selain itu juga, ada senyawa alami pada buah pala yang akan membantu untuk meperlancar saluran pencernaan yang bermasalah.

Inilah alasannya kenapa sejak dulu pala dikenal sebagai obat diare, perut kembung dan gangguan pencernaan lainnya.

BACA : Cara mengobati sakit perut pada anak

10. Memberikan Energy

manfaat buah pala

manfaat pala

Buah kuning ini juga bisa memberikan energy tambahan di dalam tubuh. Ini dikarenakan, zat yang menghasilkan energy, seperti : zat pati, gula pati, karbohidrat dan sebagainya sangat sangatlah baik untuk tubuh terutama untuk menambah energy.

11. Mengobati Jerawat

hilangkan parut jerawat

mengobati jerawat

Masalah kulit yang menjadi masalah banyak orang ini bisa diselesaikan dengan buah pala. Buah ini memiliki antioksidan alami sehingga dapat membantu melawan kerusakan yang di sebabkan oleh radikal bebas.

Dengan demikian sel yang menjaga kulit akan terbebas dari masalah jerawat.

Selain itu buah pala dapat mengurangi peradangan, iritasi dan masalah bekas luka yang berefek dari jerawat.

12. Mengatasi Masalah Insomnia

manfaat buah pala

insomnia

Sulit tidur nyenyak bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah pala. ini dikarenakan buah pala memiliki manfaat untuk menenangkan sehingga bisa menjadi obat tidur alami.

Magnesium yang terkandung di dalam buah pala dapat mengurangi tegangan saraf dan pelepasan serotoin. Ini bisa membuat perasaan menjadi rilex dan tenang.

Inilah informasi menakjubkan terkait buah pala yang sangat luar biasa. Selain manfaat diatas, buah pala masih memiliki banyak manfaat dan khasiat lainnya yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh dan kecantikan dirimu.

Ditulis oleh : Nur Lie

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.