Manfaat Ikan Mujair | Kandungan, Stamina Pria dan Perbedaannya dengan Ikan Nila

Manfaat Ikan Mujair – Pada umumnya pria memiliki segudang aktifitas yang bisa membuatnya merasa lelah. Bagaimana tidak, ia harus berangkat kerja sedari pagi hingga petang. Belum lagi jika ada kegiatan-kegiatan tambahan dan nongkrong bersama teman-teman. Tentu, staminanya bisa menurun. Akhrinya, tatkala malam datang ia hanya terbujur di tempat tidur melepas lelah.

Jika stamina menurun, biasanya tingkat produktifitas pun terganggu. Akibatnya berbagai pekerjaan tidak selesai dengan sempurna, bahkan tidak dikerjakan sama sekali. Lalu ia bosan dan lebih memilih diam, dalam bahasa lain sering disebut future. Bukan tidak mungkin, akibat dari semua ini bisa berdampak pada keretakan hubungan suami istri dan keluarga.

Agar stamina tetap terjaga dan hubungan suami istri pun tetap prima, ada baiknya seorang pria mengetahui tips-tips hidup bugar dan sehat. Salah satu yang jarang diketahui mereka adalah mengkonsumsi ikan mujair, bahasa lain disebut ikan bujair. Menurut para pakar yang min himpun dari berbagai sumber, ikan mujari dipercaya bisa meningkatkan stamina dan produktifitas lelaki.

Ciri – ciri Ikan Mujair/Bujair 

Ikan mujair adalah ikan tawar yang hidp di rawa-rawa, sungai, danau, waduk, dan perairan tawar lainnya. selain hidup secara liar, ikan ini juga dapat dipelihara dan dibudidayakan. Nampaknya bukan perkara sulit untuk mengetahui ini, karena ikan mujair sangat mudah dijumpai.

Ikan yang mirip dengan ikan betik dan ikan nila ini diyakini memiliki kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Di dalam dagingnya terdapat mineral, protein, vitamin dan zat-zat giji lainnya yang sangat baik. jadi, selain secara ekonomi ikan ini terbilang captive market, ternyata manfaat kesehatannya pun cukup banyak.

BACA : Manfaat Ikan Patin untuk Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat Ikan Mujair untuk Kesehatan

kandungan ikan mujair

manfaat ikan mujair

Untuk lebih detailnya, min akan mengurai satu per satu khasiat ikan mujair untuk kesehatan. dengan begitu, setelah sobat membaca artikel ini nantinya sobat bisa selektif dalam memilih asupan makanan. Apalagi kalau sobat sudah menggunakan prinsip yang penting makan sehat, bukan makan kenyang. Sekarang berikut min paparkan manfaat ikan mujair untuk kesehatan :

1. Menjaga Stamina Tubuh

Kandungan protein dalam ikan mujair sangat positif dalam meningkatkan stamina tubuh. Itu berarti, ketika anda mengkonsumsi ikan lezat ini maka tubuh anda tidak mudah lelah sehingga memungkinkan anda menjalani aktifitas sehari-hari dengan prima. Dengan kata lain, protein ini bisa memicu tenaga anda untuk tetap stabil. Cocok untuk pria!

2. Merawat Kesehatan Jantung

Selain protein, ikan bujair juga mengandung omega 3 yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Di antara manfaat omega 3 ini yaitu untuk menghindari terjadinya serangan jantung. Selain itu, ikan mujair juga memiliki kandungan kalium yang bisa menstabilkan tekanan darah anda sehingga aktifitas sehari-hari pun menjadi plong dan rileks. So, pekerjaan pun jadi sempurna.

3. Mampu Meningkatkan Daya Pikir

Selain menstabilkan darah dan jantung, omega 3 juga berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan kecerdasan otak. Menurut para pakar, kepekaan dan kecerdasaan otak akan meningkat jika diberikan nutrisi omega 3. Artinya, jika ikan ini dikonsumsi oleh pria terutama yang memiliki pekerjaan rumit, maka setidaknya kandungan omega ini bisa membantu mengencerkan otaknya.

4. Mencegah Terjadinya Kanker Prostat

Kanker prostat adalah penyakit kanker yang terjadi di prostat. Yaitu suatu kelenjar yang ada di system reproduksi pria. Ketika sel prostat mengalami mutase lalu bekembang, menyebabr secara metastasis, maka saat itulah anda benar-benar terkena kanker prostat. Agar kanker ini tidak terjadi, anda bisa melakukan langkah-langkah preventaif.

Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi, anda bisa membuat langkah pencegahan dengan mengkonsumsi ikan mujair. Sebab dalam ikan ini terdapat kandungan SELENIUM yang merupakan antioksidan alami. Dengan demikian, mengkonsumsi mujair secara teratur merupakan langkah tepat untuk menghindari terjadinya kanker prostat.

manfaat ikan mujair

ikan mujair/bujaer

5. Menguatkan Tulang dan Gigi

Ikan mujair juga memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang sangat dibutuhkan tubuh manusia. Diantaranya untuk menguatkan dan bahkan menumbuhkan gigi dan tulang. Sebagaimana kita tahu, peran gigi dan tulang ini sangat penting untuk menopang efektifitas aktifitas kaum pria. Gigi untuk meremukkan makanan dan tulang untuk bergerak. So, yuk makan ikan mujair. Hiks.

6. Menjaga Penampilan Agara Awet Muda

Salah satu kandungan ikan mujair yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja vitamin C dan E adalah kandungan SELENIUM. Sebagaimana kita tahu, vitamin C dan E sangat memiliki peran positif guna memaksimalkan kesehatan kulit anda. jadi, dengan beroperasinya vitamin C dan E dengan baik maka kualitas kulit anda akan benar-benar terjaga. Singkatnya, anda akan selalu terlihat awet muda. Wow!

7. Mampu Mengurangi Rasa Gugup

Rasa gugup tentu biasa dialami oleh setiap orang. Namun apa jadinya jika rasa gugup ini terus menerus terjadi. Kan bisa nggak optimanl tuh point point yang hendak kita sampaikan. Nah, perlu kita ketahui bahwa rasa gugup ini muncul akibat tidak lancarnya oksigen yang masuk ke otak dan tidak seimbangnya cairan dalam tubuh.

Untuk menangani hal itu anda bisa mengkonsumsi ikan mujair. Sebab dalam ikan ini terdapat kandungan zat KALIUM yang dipercaya dapat memperlancar oksigen yang masuk ke otak. Dengan begitu, anda akan tetap rileks dan gugup pun tidak menghantui anda. outputnya, anda bisa berkomunikasi dengan efektif dan produktifitas pun menjadi berkualitas.

8. Menstabilkan Berat Badan

Terakhir, ikan mujair memiliki manfaat untuk menstabilkan berat badan. Meski terdapat kandungan protein yang tinggi tetapi ikan ini memiliki kandungan kalori dan lemak yang rendah. dengan demikian, ketika anda mengkonsumsi mujair anda tak perlu khawatir soal berat badan. Justru sebaliknya, karena rendahnya kalori berarti anda bisa diet via ikan mujair.

BACA : Manfaat Ikan Gabus untuk Penderita Diabetes

Perbedaan Ikan Mujair dengan Ikan Nila

ikan nila

ikan nila

Meski terdapat kemiripan antara ikan mujair dan ikan nila, sebetulnya ada beberapa perbedaan yang patut anda ketahui seperti dari bentuk tubuh, sisik dan juga harganya di pasaran. Berikut ini min ringkas perbedaan ikan mujair dengan ikan nilai.

1. Bentuk Tubuh

Dari segi bentuk tubuh, ikan nilai memiliki ukuran lebih besar ketimbang ikan mujair. Baik dari segi panjang dan lebarnya, ikan mujair lebih kecil dari nila. Mungkin perbandingannya sekitar 2 : 1 . ditambah lagi ikan nilai lebih bulat. Sangat berbeda dengan ikan bujair yang justru agak lonjong alias memanjang.

2. Mulut

Perbedaan juga terletak pada bentuk mulutnya. Ikan nila memiliki mulut yang lebih kecil ketimbang mujair. Pun dengan wajahnya, pada ikan nila tidak bertotol sementara ikan mujair bertotol.

3. Mata

Mata kedua ikan ini juga memiliki perbedaan. Pada ikan nila, matanya lebih besar sementara ikan mujair matanya lebih kecil. Coba saja anda perhatikan. Perbedaan ini sangat nampak.

4. Sirip punggung

Pun dengan siripnya, ada perbedaan antara nila dengan mujair. Pada ikan nila, sirip punggung lebih panjang dan tajam sementara pada ikan mujair, sirip punggung lebih pendek dengan warna kemerahan.

5. Sirip belakang

Sirip belakang juga ada perbedaan. Pada ikan nila, sirip belakangnya terdapat garis-garis memotong tulang sirip, sementara pada ikan mujair tidak ada garis-garis sama sekali.

6. Ekor

Ekor kedua ikan ini juga ada sedikit perbedaan. Pada ikan nilai ekornya terdapat garis-garis memotong tulang ekor sementara pada ikan mujair ekornya berwarna hitam tanpa garis-garis sama sekali.

Demikian sekilas tentang manfaat ikan mujair untuk kesehatan dan juga cara membedakannya dengan ikan nila. Semoga bermanfaat dan anda tidak bingung membedakan kedua jenis ikan ini. so, jangan salah ya ketika beli di pasar. Hiksss.

BACA JUGA :

Khasiat Cengkeh untuk Kesehatan, No Terakhir Bikin Pengen Nikah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.