Manfaat Ketumbar Menurut Dokter & Penelitian Ilmiah

Manfaat Ketumbar – Ketumbar merupakan bumbu dapur yang sudah familiar di mata emak-emak. Bentuknya, rasanya, bahkan harga pasarannya pun pasti emak-emak sudah tahu.

Namun siapa sangka, bumbu dapur yang bisa menambah cita rasa masakan ini ternyata memiliki manfaat lain untuk kesehatan. Manfaat ini tentu tak banyak diketahui emak-emak.

Lantas apa saja sih manfaatnya dan sebetulnya bagaimana sih kandungannya? Hmm kepo bangets ya!

Kandungan Bumbu Ketumbar

manfaat ketumbar

kandungan ketumbar

Sebagai bumbu dapur, ketumbar memiliki banyak nutrisi untuk kesehatan tubuh manusia. Ketika bumbu ini dicampur ke masakan, berbagai nutrisi tersebut akan larut ke dalam tubuh sehingga memberikan dampak yang baik.

Di antara nutrisi tersebut misalnya magnesium, kalsium, lemak, protein, karbohidrat, kalium dan fosfor. Menurut dokter, kesemua nutrisi ini sangat bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan

Ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari ketumbar ini. Di antara yang paling dominan adalah sebagai berikut :

1. Mencegah Infeksi Jamur

Ketumbar memiliki sifat antijamur yang sangat penting untuk mencegah infeksi. Sebab infeksi bisa disebabkan oleh jamur dan bakteri. Dengan sifat ini, ketumbar bisa jadi alternatif pencegahan yang paling aman.

2. Mampu Mengatasi Gangguan Pencernaan

Selain antijamur, ketumbar juga mampu mengatasi masalah pencernaan seperti mual, perut kembung, sakit perut, sembelit dan sejenisnya.

3. Mencegah Diabetes

Biji ketumbar diyakini mampu merangsang insulin di dalam tubuh sehingga mampu mencegah terjadinya penumpukan gula pada darah.

Outputnya, ketika penumpukan ini dapat dicegah maka kita akan terhindar dari penyakit diabetes yang mengerikan itu.

 Jadi, jika ada alternatif alami yang bisa kita lakukan, mengapa cari yang lain.

Selain ketumbar, ada juga buah-buahan untuk penderita diabetes yang cukup recommended, dengan semua pendekatan herbal ini setidaknya kita bisa melakukan langkah preventif yang sangat baik.

4. Mencegah Peradangan

Selain memiliki sifat antijamur -sebagaimana penjelasan di atas- ketumbar juga memiliki sifat antioksidan.

Sifat ini sangat berguna untuk mencegah berbagai peradangan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Di samping itu, sifat antioksidan pada ketumbar juga ternyata mampu menghambat pertumbuhan berbagai sel kanker. Wow, kita teringat dengan sebuah ungkapan “mencegah lebih baik daripada mengobati”

5. Menjaga Kesehatan Gigi

Ketumbar juga memiliki sifat anagetik yang sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Termasuk ketika kita tertimpa sakit gigi, melalui sifat ini ketumbar mampu meredakannya.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kolesterol dalam darah bisa mengakibatkan terbentuknya plak yang bisa menghambat peredaran darah dan mengganggu fungsi jantung.

Untuk mencegahnya, anda bisa mengkonsumsi bumbu dapur ini dengan cara merebusnya.

Dengan demikian, kadar kolesterol jahat pun akan menurun sehingga pembentukan plak dapat dihindari, dan fungsi jantung akan sehat dan normal.

7. Mengatasi Wasir

Wasir bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah sembelit. Pada point sebelumnya kami katakan bahwa ketumbar sangat bermanfaat untuk mengatasi sembelit.

Itu berarti ketumbar juga memiliki manfaat untuk mengatasi wasir. Di samping itu, tentu saja ketumbar juga bermanfaat untuk meredakan sakit akibat wasir.

8. Mengatasi Batuk & Pilek

Batuk dan pilek merupakan penyakit ringan yang bisa menimpa siapa saja dan kapan saja. Terutama ketika perubahan cuaca, penyakit ini bisa menyerang siapa pun dengan sangat cepat.

untuk mengatasinya anda bisa menkonsumsi bumbu dapur yang satu ini.

Alasannya karena ketumbar memiliki kandungan vitamin c yang merupakan antioksidan alami yang bisa meningkatkan daya imunitas tubuh.

Dengan demikian penyakit-penyakit ringan begitu tidak mampu menyerang kita dan kalau pun terserang, maka dapat diusir kembali.

9. Menambah Kelebatan Rambut

Memiliki rambut yang lebat dan berkilau merupakan dambaan setiap wanita. untuk mewujudkannya, anda bisa gunakan khasiat ketumbar ini. Why?

Alasannya karena ketumbar mampu menguatkan akar rambut dan merangsang pertumbuhannya.

So, selain manfaat kemiri untuk rambut yang sudah masyhur alias terkenal, anda juga bisa sekali-kali mencobanya dengan ketumbar.

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Fenomena penyakit kulit sangat beragam. Ada yang berbentuk jerawat, prosiasis, bersisik dan sebagainya.

Untuk mengatasi kulit bersisik, anda bisa melakukan berbagai hal seperti cara mandi yang tidak terlalu lama, kadar air, pelembap dan sebagainya.

Untuk mengatasi kulit jerawat pun demikian, bahkan untuk mengatasi parut bekas jerawat juga banyak caranya.

Tetapi dari semua penyakit tersebut mengapa kita tidak melakukan pencegahan dini saja? maksudnya mengapa kita tidak fokus pada perawata kulit agar tetap sehat.

Sebab jika kulit kita sehat, maka berbagai penyakit yang disebutkan pun tidak akan muncul.

Karena itu, penting bagi kita untuk tahu faktor-faktor yang menyebabkan kulit sehat. Nah salah satunya bisa didapatkan dari bumbu ketumbar ini. Begitu!

Cara Konsumsi Ketumbar

Setelah kita paham manfaat ketumbar, mungkin anda bertanya “bagaimana cara menkonsumsinya?” maka kami jawab “cukup mudah:.

Anda cukup merebus bumbu ini lalu minum airnya. Simple kan?

Selain itu tentu saja anda juga bisa menikmatinya dalam masakan-masakan sehari-hari. So, jangan lupa ya untuk selalu menghadirkan bumbu ketumbar ini di dapur anda.

Efek Samping Konsumsi Ketumbar

Meski memiliki banyak manfaat, tetapi ketumbar sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil, yang sedang menyusui, penderita gangguan pernafasan, penyakit hati, kulit sensitif dan alergi ketumbar.

Adapun efek samping yang bisa timbul setelah konsumsi ketumbar antara lain misalnya mual, muntah, sakit kepala, sakit perut bahkan nafsu makan jadi menurun.

Selain itu, pada penderita hipersensitif, efek samping ketumbar bisa berupa gatal, mata berair, ruam merah dan sebagainya.

Note : 

Meski sebagian manfaat ketumbar sudah terbukti secara ilmiah namun ada beberapa manfaat lain yang belum ada hasil risetnya. Karena itu masih perlu dilakukan penelitian lanjutan guna memperoleh hasil yang lebih valid lagi.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.