Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Berbuat Baik Tak Pernah Menyesal

Agar dapat mengunjungi situs ini, harap matikan fitur Adblock saudara, ya!

img

1001- Manfaat Kopi untuk Kesehatan dan Kecantikan [WAARBIASAH]

/
/
380 Views

Manfaat Kopi untuk Kesehatan – Hampir setiap orang menyukai kopi, ya minuman ini memang sangat akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Bahkan ada sebagian yang merasa hampa jika sehari saja tidak menyeruput kopi. Bukan saja nikmat, kopi juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Bukan hanya untuk lelaki, bahkan wanita.

Mereka meyakini bahwa kopi memiliki manfaat untuk kecantikan. Perlu kita ketahui kopi memang memiliki kandungan zat gizi yang bagus untuk tubuh kita. Lebih ektrim lagi, kopi diklaim sebagai fighter sejati terhadap kanker. Maka dari itu, di samping kopi merupakan life style yang menjadi teman sehari-hari, ternyata mereka juga ngopi dalam rangka kesehatan.

Oleh karena akrabnya kopi, produsen pun membuat aneka kopi. Ada yang dibubuhi gula, krim, atau kopi hitam saja. Hal ini dilakukan karena selera penikmat kopi juga berbeda-beda. Anak muda misalnya, umumnya memiliki selera yang berbeda dengan kopi orang tua. Ditambah lagi, geografis Indonesia juga berbeda-beda sehingga memungkinkan terjadi perbedaan selera kopi.

Nah, pada kali ini kami ingin membidik kopi dari segi manfaatnya bagi kesehatan manusia dan juga bagi kecantikan. Meski demikian, berpagi-pagi kami mengingatkan, meskipun kopi memiliki manfaat, jangan sampai anda menkonsumsi dalam kadar yang berlebihan. Sebab jangankan sesuatu yang buruk, sesuatu yang baik pun kalau dikonsumsi berlebih akan berdampak kurang baik.

Baca : Cara Ampuh Hilangkan Parut Jerawat

MANFAAT KOPI UNTUK KESEHATAN

manfaat kopi untuk kesehatan

1. Kopi dapat Meningkatkan Stamina

Sebagaimana kita tahu, kopi memiliki zat kafein yang sangat tinggi. Sementara dalam tubuh terdapat adenosine yang bekerja sebagai sel dan mengakibatkan rasa kanduk. Nah jika seseorang menyeruput kopi, maka kafein di dalamnya akan memperlambat kinerja adenosine tersebut. Hasilnya, kita lebih fresh dan kantuk pun lari terbirit-birit.

2. Kopi dapat Mencegah Kanker

Disamping mengandung zat kafein, kopi juga memiliki kandungan Antioksidan yang dapat menekan gejala kanker di tubuh. Diungkap dalam hasil penelitian di Jepang, sejumlah wanita yang meminum kopi sehari dua kali, potensi resiko kankernya menurun hingga 25%. So, kopi berdampak baik bagi kesehatan.

3. Kopi dapat Menjaga Kesehatan Mulut

Mulut memiliki tingkat yang rentang dengan bakteri. Sebab, berbagai makanan bisa terselip di antara gigi dan gusi. Sisa makanan ini jika digergogoti bakteri, bisa menyebabkan bau mulut bahkan kalau tidak dibersihkan bisa menimbulkan plak. Nah dengan meminum kopi, diyakini dapat menetralisir dan menjaga kesehatan mulut dari resiko semua itu.

4. Kopi dapat Mengurangi Resiko Diabetes

Kopi bisa menghambat serapan gula yang berpotensi mengakibatkan diabetes. Para ahli menemukan bahwa penyakit diabetes dapat diturunkan hingga 50% dengan cara mengkonsumsi kopi. Kandungan zat asam klorogenat pada kopi mambantu kinerja hal ini pada peningkatan pembentukan insulin. Jadi, kalau ada cara ekonomis, ngapain cara yang mahal?

Baca : Cara Ampuh Hilangkan Parut Jerawat

5. Mengurangi Resiko Penyakit Alzheimer dan Demensia

Alzheimer adalah penyakit yang biasa menyerang orang tua yang usianya di atas 65 tahun. Untuk mengatasinya, anda bisa mengkonsumsi kopi secara tereatur. Diketahui, kopi telah teruji mampu meningkatkan proteksi terhadap berbagai penyakit yang berhubungan dengan krisis fungsi saraf.

6. Kopi Mencegah Parkinson

Selain alzheimer, parkinson juga adalah penyakit yang disebabkan degaradasi fungsi saraf. Untuk mengatasinya, anda bisa mengkonsumsi kopi secara rutin. Kopi ini bisa melakukan perlindungan terhadap penyakit-penyakit yang berhubungan dengan degradasi fungsi saraf. Tapi ingat ya, jangan berlebihan. Biasakan mengkonsumsi secara teratur dan proporsional.

7. Kopi dapat Meningkatkan Mood

Kopi juga bisa meningkatkan mood seseorang. Perhatikan saja, orang-orang yang ngofi biasanya akan lebih ceria dan bergairah. Apalagi kalau ngopinya ‘berjamaah’ sembari nongkrong bersama kawan-kawan. Selain itu, orang-orang yang lagi nggk mood juga biasanya memang melampiaskan kesepiannya dengan kopi. So, bagi kamu yang galau, segeralah ngofi.

Baca : Cara Ampuh Hilangkan Parut Jerawat

MANFAAT KOPI UNTUK KECANTIKAN

manfaat kopi untuk kesehatan
Bukan saja bermanfaat bagi kesehatan, kopi juga berkhasiat untuk media perawatan kecantikan. Mau tahu apa saja manfaatnya? Inilah dia penjelasannya;

8. Kopi untuk Masker Wajah

Kopi bisa digunakan untuk membuat masker wajah pada salon kecantikan. Fungsinya bisa menjadikan kulit lebih kencang dan sel kulit mati bisa terangkat. Selain itu, kopi juga dimanfaatkan untuk krim anti mikroba sebagai pembersih wajah.

9. Perawatan Kulit Kepala

Para ahli dalam peneleitiannya menyimpulkan bahwa kandungan kafein di dalam kopi dapat menjadi obat anto rontok. Sebagaimana kita tahu, umumnya orang mengalami penyakit kulit, etnah ketombe atau kerontokan rambut. Nah zat antioksida memiliki peran aktif untuk menjaga kulit kepala dari berbagai penyakit kulit.

10. Kopi dapat Menyegarkan Kulit Tubuh

Kopi juga mampu memaksimalkan pelepasan sel kulit yang mati. Akibatnya peremajaan kulit pun menjadi sempurna dan kulit tampak lebih bercahaya dan lebih sehat. Tapi lagi-lagi faktor yang lain juga patut diperhatikan. Kalau kondisi tubuh sedang pantanga terhadap kopi, misalkan sesuai petunjuk dokter, sebaiknya dihindari dulu sampai kondisi yang memungkinkan.

11. Kegunaan Kopi untuk Pedicure dan Manicure

Aromaterapik bubuk kopi bisa membersihkan tumit kakai yang retak dan bisa membersihkan siku hitam. Di ssamping itu, kopi juga bisa digunakan sebagai bahan untuk meningkatkan kekencangan kulit tubuh. Di tambah lagi, kopi bisa membantu menjaga penuaan. Jadi, semakin teratur dalam seruput kopi, wajah anda semakin muda. Hehe

12. Ampas Kopi Bisa Mengencangkan Wajah

Kalau anda pernah ngofi, biasanya ada ampasnya. Nah ampas ini memiliki peran untuuk kecantikan. Caranya cukup membuat ampas kopi sebagai maskar, maka kulit akan lebih kencang, ceria dan lebih muda. Selain itu, kopi juga bisa mengatasi berbagai keluhan seperti stress, depresi dan sebagainya.

Baca : Cara Ampuh Hilangkan Parut Jerawat

NUTRISI KOPI

manfaat kopi untuk kesehatan

1. Riboflavin (Vitamin B2): 11% dari AKG.
2. Mangan dan Kalium: 3% dari AKG.
3. Magnesium dan Niacin (B3): 2% dari AKG.
4. Asam pantotenat (vitamin B5): 6% dari AKG.

EFEK SAMPING KOPI

manfaat kopi untuk kesehatan

Kopi memang memiliki sjeumlah manfaat sebagaimana keterangan di atas, tetapi kopi juga memiliki sejumlah efek samping yang harus anda ketahui bahkan diwaspadai. Apa saja efek samping kopi?

1. Kopi menyebabkan sulit tidur
2. Kopi menyebabkan jantung berdetak lebih kencang.
3. Konsumsi kopi dilarang bagi penderita darah tinggi
4. Tidak cocok dikonsumsi sebelum atau sesudah olahraga
5. Tidak cocok dikonsumsi oleh ibu hamil secara berlebihan.
6. Dilarang mengkonsumsi untuk penderita radang usus.
7. Kopi cukup “Panas” menyebabkan sariawan dan sakit.
8. Kopi dilarang untuk penderita asam lambung

TIPS KOMSUMSI KOPI YANG BAIK DAN BENAR

manfaat kopi untuk kesehatan

1. Maksimal seruput kopi sebanyak 2 gelas satu hari
2. Jangan mencampur kopi dengan gula berlebih
3. Hindari seruput kopi di malam hari, usahakan tidak lebih dari jam 4 sore
4. Usahakan kopi diseruput < 3 jam setelah diseduh.
5. Jangan seruput kopi bersamaan dengan durian apalagi mencampurnya.

Itulah sejumlah info tentang kopi, kandungannya, manfaatnya, efek sampingnya dan cara mengkonsumsi yang baik dan benar agar berdampak bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Bagi saya, andakata kopi tidak terlampau menyehatkan, tetapi manakala tidak merusak, saya tetap menyeruput kopi. Sebab seleranya bikin ploooong.

Baca Juga :

Green Coffee Diet, Pengertian, Efek Samping, Aturan Konsumsi, Lengkap

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar