Manfaat Lidah Buaya Secara Ilmiah untuk Kesehatan

Manfaat Lidah Buaya – Lidah buaya atau yang memiliki nama ilmiah Aloe Vera adalah tanaman yang memiliki ragam vitamin yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Tanaman ini mengandung vitamin A, B, C, dan E serta 18 jenis asam amino. Tanaman ini juga memiliki sifat anti virus dan anti bakteri sehingga kesehatan tubuh dapat terjaga.

Bagian yang paling sering dimanfaatkan dari lidah buaya diantaranya adalah getah yang berupa gel tembus pandang yang terdapat di bagian dalam.

Bagian ini bisa dikonsumsi secara langsung loh, bisa juga diproses dulu baru dikonsumsi. Caranya pgimana? Gampang yaitu dengan cara dikeringkan dan dimurnikan terlebih dahulu kemudian dikonsumsi dengan dicampur bahan alami lain.

Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Tubuh

Menurut para pakar seperti Wahyono E dan Kusnandar, lidah buaya memiliki khasiat anti inflamasi, anti bakteri, anti jamur dan juga mampu membantu regenerasi sel. Di samping itu, lidah buaya juga bisa mengontrol tekanan darah, menurunkan kadar gula, menstimulasi kekebalan tubuh bahkan sebagai nutrisi untuk penderita kanker dan HIV/AIDS.

lidah buaya

manfaat lidah buaya

Bukan hanya menurut para pakar modern, para tabib kuno pun beranggapan demikian. Dioscordes misalnya, ia menyebutkan bahwa tanaman lidah buaya bisa mengobati beraneka macam penyakit seperti bisul, radang tenggorokan, kulit memar, wasir, rambut rontok bahkan pecah-pecah dan lecet. Untuk lebih detailnya kk urutkan sebagai berikut :

1. Menghambat pertumbuhan bakteri

Gel dalam tanaman lidah buaya mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi. Zat ini disebut dengan polifenol. Polifenol bersama dengan senyawa lainnya dapat menghambat pertumbuhan bakteri tertentu yang bisa mengakibatkan infeksi. Dengan mengkonsumsinya, maka infeksi yang disebabkan bakteri dapat diatasi.

2. Mempercepat penyembuhan luka bakar

Tanaman ini sering digunakan sebagai obat topikal atau obat yang digosokkan ke kulit. Manfaatnya sebagai obat topikal diantaranya dapat mempercepat proses penyembuhan luka, terutama luka bakar pada kulit.

3. Mengurangi plak gigi

Kecantikan seseorang akan berkurang jika pada giginya terdapat penumpukan plak. Hal ini bisa diatasi dengan berkumur-kumur menggunakan 100 persen jus lidah buaya murni. Dengan melakukannya secara rutin, maka bakteri yang bekerja memproduksi plak seperti streptococcus mutans dan ragi candida albicans dapat dibunuh secara tuntas. (baca : sikat gigi formula atasi plak gigi?)

4. Mengobati sariawan

Munculnya sariawan secara terus menerus dapat menjadi indikasi tumbuhnya sel kanker tenggorokan. Tanaman lidah buaya ini bisa digunakan untuk mengobati sariawan dengan cara mengoleskan getahnya di area yang terkena sariawan terus menerus tersebut.

5. Mengurangi konstipasi

Salah satu senyawa alami yang terkandung pada tanaman lidah buaya ini adalah aloin atau barbaloin. Zat ini memiliki sifat pencahar sehingga dapat digunakan untuk mengurangi konstipasi.

6. Menurunkan gula darah

Beberapa penelitian membuktikan bahwa orang yang rajin mengkonsumsi lidah buaya akan memiliki gula darah yang rendah. Hal ini terjadi karena di dalam lidah buaya terdapat senyawa alami yang berfungsi untuk meningkatkan sensitivitas insulin.

7. Menghidrasi tubuh

Lidah buaya ini adalah salah satu tanaman yang memiliki kandungan air cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi secara langsung maupun tidak, maka akan sangat membantu untuk menghidrasi tubuh. Jika tubuh terhidrasi dengan baik, racun dalam tubuh akan keluar dengan lancar sehingga organ tubuh akan berfungsi optimal.

8. Meningkatkan fungsi lever

Salah satu manfaat lidah buaya adalah dapat melakukan detoksifikasi sehingga kesehatan liver dapat terjaga. Kandungan fitonutrien yang ada di dalam lidah buaya ini, dapat memberikan suntikan nutrisi pada liver.

9. Menutrisi tubuh

Beragamnya nutrisi dan vitamin alami pada tanaman lidah buaya, memiliki berbagai manfaat ketika mengkonsumsinya. Yang paling utama adalah dapat meningkatkan imunitas tubuh, karena vitamin yang dibutuhkan tubuh lengkap terkandung di dalamnya.

10. Mengatasi naiknya asam lambung

Naiknya asam lambung dapat diatasi dengan meminum lidah buaya. Sehingga bagi anda penderita asam lambung, akan menjadi sangat baik jika meminumnya secara rutin.

11. Manfaat lidah buaya untuk kulit

Dengan kandungan vitamin C, E, dan beta karoten, maka lidah buaya ini sangat bermanfaat sekali dalam perawatan kulit agar selalu sehat. Manfaat spesifiknya antara lain adalah melembabkan kulit tanpa membuatnya menjadi berminyak, bahkan dapat melindungi kelembaban kulit di tengah udara dingin. Dapat menghilangkan noda kulit, mengobati luka bakar, hingga dapat mengatasi stretch mark.

12. Manfaat lidah buaya untuk rambut

Kandungan enzim proteolytic pada lidah buaya dapat memperbaiki sel kulit mati di kulit kepala. Selain itu, dapat menyembuhkan kerontokan rambut, melembabkan rambut dan menjadikannya lebih kuat.

13. Manfaat lidah buaya untuk penurunan berat badan

Kabar gembira bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Lidah buaya ini dapat membantu program anda. Peningkatan efektifitas diet dapat dilakukan dengan konsumsi lidah buaya karena tingginya kandungan asam amino, enzim, dan sterol.

Selain itu, terdapat kandungan protein yang cukup tinggi berfungsi untuk meningkatkan perkembangan otot dan suntikan energi di saat menjalankan program diet.

BACA : Buah-Buahan untuk Diet

Kandungan Tanaman Lidah Buaya

lidah buaya

kandungan lidah buaya

Perlu sobat tahu kalau lidah buaya ini ada dua varian yaitu lidah buaya yang memiliki cairan bening semisal jeli dan lidah buaya yang memiliki warna kekuningan yang mengandung aloin. Adapun yang semisal jeli, ia mengandung zat anti jamur dan bakteri dimana kandungan ini bisa menstimulasi fibroblast. Fibroblast adalah sel-sel yang berfungsi menyembuhkan luka.

Ringkasnya, tanaman ini memiliki kandungan sebagai berikut :

  • Asam amino
  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Air
  • Vitamin
  • Mineral
  • Enzim
  • Hormon
  • Zat Golongan Obat

Demikian ringkasan manfaat dan kandungan tanaman lidah buaya yang super duper luar biasa. Semoga bermanfaat, ya. terima kasih!

BACA : Manfaat Daun Bidara yang Jarang Diketahui

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.