10 Manfaat Madu Hitam Pahit | BARU 2019

Manfaat Madu Hitam Pahit sangat banyak. Sebagaimana kita tahu, madu adalah minuman manis yang memiliki banyak manfaat. Di samping itu, ada juga madu pahit seperti yang akan kita bahas ini.

Nah, madu hitam pahit ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Kami akan mengurainya secara komprehensif.

Secara asal muasal, madu hitam adalah madu yang diproduksi lebah liar dari hasil pengolahan nektar pada pohon mahoni. Karena itu, warna madunya pun berwarna hitam.

Umumnya, madu hitam berasal dari hutan Kalimantan dan saat ini madu hitam banyak dijual dengan beragam merek. Baik di pasar atau di toko, dengan mudah dapat anda jumpai.

Madu hitam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Berikut ini kami uraikan bebrapa manfaat madu hitam pahit untuk kesehatan.

Manfaat Madu Hitam Pahit untuk Kesehatan

Meski rasanya pahit dan berbeda dengan rasa madu pada umumnya, tetapi madu ini memiliki sejumlah kandungan dan manfaat yang sangat baik untuk tubuh anda.

Oleh sebab itu, info ini sangat penting untuk kita ketahui. Lebih detailnya, manfaat madu hitam pahit adalah sebagai berikut :

1. Madu Hitam Pahit Memiliki Kandungan Antioksidan yang Tinggi

Di samping vitamin c, madu hitam pahit juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga kandungan ini dapat membantu menangkal berbagal radikal bebas.

Di samping itu, madu hitam dengan kandungan antioksidan juga dapat mencegah penuaan dini dan munculnya sel-sel kanker di dalam tubuh.

Bahkan madu ini memiliki kandungan anti virus yang bisa menjaga tubuh dari masuknya aneka bakteri.

2. Mengobati Penyakit Maag

Anda penderita penyakit maag? Jika demikian, sangat cocok mengkonsumsi madu hitam pahit ini. sebab madu ini memiliki manfaat untuk membantu meredakan sakit maag.

Sehingga rasa perih lambung dapat teratasi. Di samping itu, mengkonsumsi madu hitam pahit juga akan membantu anda mengurangi kecanduan terhadap obat-obat maag lainnya.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Manfaat madu hitam pahit juga bisa meningkatkan daya tubuh manusia. Dengan terjaganya daya tahan tubuh, maka berbagai penyakit tidak mempan menghantam penyakit.

Misalnya flu, dendam, pilek dsb, tidak mampu masuk ke tubuh karena daya tubuhnya kuat sehingga membentuk anti bodi alami.

4. Mempercepat Penyembuhan Penyakit 

Madu hitam pahit memiliki manfaat untuk mempercepat penyembuhan luka dan penyakit. Mengapa hal itu terjadi, karena dalam madu pahit ini mengandung vitamin C yang tinggi.

Dengan kandungan vitamin ini, berbagai penyakit akan cepat sembuh. Tapi ingat, anda harus mengkonsumsinya secara teratur misalnya 3 sendok sehari.

BACA : Manfaat Madu Asli untuk Kecantikan

5. Mengembalikan Stamina Tubuh

Badan lelah? Tentu jika seharian anda beraktifitas. Apalagi di bulan suci Ramadhan yang kebanyak orang merasa lemas di siang hari.

Karena itu, dengan mengkonsumsi madu hitam pahit, stamina tubuh akan kembali bugar, segar dan smangat.

6. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kandungan ini berbeda dengan madu lain. Madu hitam pahit justru memiliki kandungan gula rendah sehingga bagus dikonsumsi penderita diabetes.

Di samping itu, madu hitam memang memiliki manfaat tersendiri untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh. So, baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

7. Meredakan Gejala Asam Urat 

Asam urat adalah gejala yang muncul akibat pengkristalan dari lemak di bagian persendian tubuh. kalau sedang kambuh, penderita akan merasakan nyeri dan susah begerak.

nah, untuk meredakannya, anda bisa mengkonsumsi madu hitam pahit. cara ini cukup efektif meredakan penyakit tersebut.

8. Memperkuat Fungsi Hati 

Jika fungsi hati atau liver terjaga dengan baik, tubuh kita juga akan baik dan sehat sehingga tidak mengalami berbagai penyakit atau ketidakseimbangan dalam tubuh.

Nah untuk menjaga fungsi hati itu, anda bisa melakukannya dengan cara mengkonsumsi madu hitam pahit.

BACA : Jenis Pepaya yang Enak dan Menyehatkan

9. Menurunkan Kadar Kolesterol 

Madu hitam pahit juga memiliki khasiat yang berguna bagi penderita kolestrol tinggi. Dengan madu ini kolestrol anda bisa turun, asalkan dikonsumsi secara rutin dan proporsional.

Dengan begitu, nanti anda akan merasakan sendiri efek keampuhannya.

10. Menetralisir Asam Lambung

Manfaat madu hitam pahit juga dapat mentralisir asam lambung. Tentu hal ini sangat baik untuk mencegah kambuhnya berbagai gejala asam lambung (GERD) yang bisa terjadi ketika anda mengkonsumsi makanan yang mengandung asam dan panas tinggi.

Ingat, asalkan dengan teratur, proporsional, manfaat madu hitam pahit ini dapat terealisasi.

Demikian kesepuluh manfaat daripada madu hitam pahit yang bisa kami sharingkan kepada para pembaca yang budiman. Semoga dapat bermanfaat, ya!

Baca Artikel Pilihan :

Cara Membedakan Madu Asli dengan Madu Palsu

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.