Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Berbuat Baik Tak Pernah Menyesal

Agar dapat mengunjungi situs ini, harap matikan fitur Adblock saudara, ya!

img

Manfaat Minyak Serah Wangi untuk Kesehatan

/
/
91 Views

Manfaat Minyak Serah – Tanaman Sereh Wangi adalah tanaman yang mengandung zat anti mikroba sehingga Sereh Wangi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu, sereh wangi juga mengandung sifat anti jamur dan anti septik sehingga tanaman ini kerapkali digunakan untuk bahan berbagai obat-obatan.

Salah satu olahannya adalah minyak sereh yang didapat dari proses penyulingan. Tentu saja minyak ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Oleh sebab itu, minyak sereh wangi termasuk minyak yang memiliki nilai ekonomi yang cukup menjanjikan, bukan saja dalam lingkup lokal tetapi juga mendunia. Mau tahu apa saja manfaatnya?

Manfaat Minyak Sereh Wangi untuk Kesehatan

minyak sereh wangi
minyak sereh wangi

Minyak sereh wangi memilii banyak manfaat untuk kesehatan seperti untuk mengobati kulit, untuk aroma terapi, untuk mengobati rasa gatal, untuk mengusir serangga dan sebagainya. Nah berikut ini manfaat minyak sereh wangi secara lengkap. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Sebagai Aroma Terapi Untuk Rileksasi
2. Mengatasi Sembelit
3. Mengobati Gangguan Pernafasan
4. Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan
5. Anti Serangga dan Hama
6. Untuk Perawatan Kulit
7. Mengobati Gatal Pada Kulit
8. Mengatasi Masalah Insomnia
9. Mengobati Nyeri Pada Otot

minyak sereh wangi
minyak sereh wangi
BACA : Manfaat dan Harga Terbaru Minyak Nilam

1. Sebagai Aroma Terapi Untuk Rileksasi

Manfaat pertama minyak sereh wangi bisa digunakan untuk rileksasi. Caranya cukup sederhana, semprotkan saja minyak tersebut di sekitar tempat tidur, bisa juga di bantal agar aromanya menyebar. Dengan menghisap aroma tersebut, sobat akan merasakan rilek yang nikmat sehingga perasaan was was seperti susah tidur dapat teratasi. Stress juga bisa hilang, plongg.

READ  10 Jenis Minyak Atsiri yang Harganya Ratusan Juta

2. Mengatasi Sembelit

Manfaat berikutnya, minyak sereh wanig juga dapat mengatasi sembelit. Sebagaimana kita tahu, kaum wanita yang merasakan hal ini sehingga mereka tahu persis bagaimana rasanya. Nah, untuk mengobatinya cukup oleskan minyak sereh wangi yang dicampur minyak kelapa ke bagian perut, lalu pijat dengan halus. Dijamin, akan lebih nyaman. Pun dengan sakit perut, bisa disembuhkan dengan cara yang sama.

3. Mengobati Gangguan Pernafasan

Bagi sobat yang mengalami gangguan pernafasan alias infeksi saluran pernafasan (sinus), sobat juga bisa menyelesaikannya dengan minyak sereh wangi. Caranya gampang, teteskan saja minyak sereh ke air hangat lalu hirup uapnya. Jika dilakukan secara teratur, dijamin pernafasan sobat akan lancar dan plong.

4. Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Minyak sereh juga dapat kamu gunakan untuk melancarkan sistem pencernaan. Penelitian menunjukan bahwa minyak sereh dapat mengurangi peradangan pada usus dan detoksifikasi pada perut dan hati. Minyak sereh juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit dan pertumbuhan virus serta bakteri dalam tubuh.

5. Anti Serangga Dan Hama

Kalau sobat merasa risih dengan keberadaan kecoa dan serangga, sobat juga bisa memanfaatkan minyak sereh wangi untuk mengusir mereka alias membuat mereka lari terbirit-birit. Caranya juga mudah, semprotkan saja minyak sereh di kulit sobat atau di tempat yang merupakan markah atau transitnya kecoa, aroma minyak ini bakal bikin mereka menjerit dan kabur.

minyak sereh wangi
tanaman sereh
BACA : Manfaat dan Harga Terbaru Minyak Nilam

6. Untuk Perawatan Kulit

Minyak sereh wangi juga memiliki manfaat untuk kecantikan, di antaranya untuk perwatan kulit agar tidak menua dini dan juga tidak keriput. Makanya tak heran jika banyak produk produk kecantikan yang bahan dasarnya minyak ini. jadi, jika sobat menginginkan kulit sehat dan bebas penuaan dini, gunakan saja minyak sereh wangi. Oleskan ke kulit, pijat secara perlahan.

READ  Minyak Kutus Kutus Bali, Manfaat, Cara Menggunakan, Harga, Lengkap

7. Mengobati Gatal Pada Kulit

Gatal juga termasuk gejala yang bikin jengkel. Hal ini terjadi, biasanya akibat gigitan serangga, sentuhan ulat dan binatang lainnya. nah, untuk mengatinya cukup gampang, oleskan saja minyak sereh wangi pada kulit yang gatal, dijamin nanti juga akan sembuh dan kulit terasa lebih nyaman.

8. Mengatasi Masalah Insomnia

Insomnia adalah gejala susah tidur. Tentu saja jika sobat mengalami gejala ini, sobat akan tersiksa. Serius loh, susah tidru itu derita yang menyakitkan. Hehe. Nah lagi-lagi, untuk mengatasinya sobat bisa oleskan minyak sereh di telapak kaki, lalu pijat perlahan-lahan samapi nyaman. Dijamin, sobat akan bobo dengan segera.

9. Mengobati Nyeri Pada Otot

Pada orang usia lanjut dan pekerja keras, ganggua otot seringkali dialami. Mereka merasa lelah dan ototnya sangat pegeeel. Untuk mengatasinya atau untuk memplongkannya kembali, sobat bisa lakukan terapi berendam dengan air hangat yang sudah tetesi minyak sereh wanig. Dengan begitu, otot-otot sobat akan lega dan lebih fresh. Itulah sederet manfaat minyak sereh wangi. Sekarang, berapa harganya?

BACA : Manfaat dan Harga Terbaru Minyak Nilam

Harga Minyak Sereh Wangi

minyak sereh wangi
minyak sereh wangi

Karena perminataan semakin banyak, minyak sereh wangi pun mengalami kenaikan harga. Apalagi, minyak sereh sudah menjadi bahan pokok untuk kesehatan dan kecantikan, tentu menjadi komoditas yang diburu oleh perusahaan-perusahaan. Berikut ini daftar harga minyak sereh wangi.

Produk Kualitas Harga Per Kg
Minyak Sereh Ekspor KA 35% Up 385.000
Minyak Sereh Super KA 15% – 18% 345.000

Oya, ada hal yang harus kita tahu yaitu Indonesia termasuk peringkat pertama sebagai negera penghasil sereh wangi di dunia. Wajar saja, sebab Indonesia memiliki iklim tropis dan tanah yang subur. Terutama daerah jabar, aceh, jatim dan lampung, pemasokannya lebih besar lagi. Makanya jika dikelola dengan apik, sereh bisa menjadi pemasok keuntungan besar bagi negara.

READ  1001 Manfaat Minyak Bulus untuk Kecantikan Wanita

Cara Membuat Minyak Sereh

minyak sereh wangi
minyak sereh wangi

Jika sobat ingin mendapatkan minyak sereh, sobat bisa membeli langsung ke toko atau membuatnya sendiri di rumah. Perlu diketahui juga bawah tanaman sereh ada dua jenis yaitu tanaman untuk bumbu dan tanaman sereh wangi untuk bahan baku kecantikan dan kesehatan. Bagaimana cara membuat minyak sereh?

1. Potong daun sereh sekitar 15 cm
2. Jemur potongan tersebut agar mengering dan semakin wangi.
3. Lalu proses penyulingan, tuangkan air kedalam katel penyulingan lalu masukan lubang outlet di katel penyaringan yang sudah tertutup.
4. Nyalakan api sampai airnya mendidih sehingga menghasilkan uap
5. Jika sudah mendidih, minyak akan tampak di tabung pemisah.
6. Ambil dan pisahkan minyak tersebut ke wadah yang bersih.
7. Minyak sereh wangi siap digunakan.

Demikian penjelasan singkat dan memadai terkait manfaat daun sereh wangi, harga dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca info-info lainnya yang kami sajikan. Terima kasih. byeeeee

Artikel Populer :

Manfaat Minyak Lintah Hitam Papua Asli dan Harga Terbaru

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

1 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar