Manfaat Pisang Barangan Untuk Pria & Wanita Secara Ilmiah

Manfaat pisang barangan belum banyak diketahui orang. Padahal pisang ini termasuk pisang yang gampang dijumpai di pasar. Artinya, sebetulnya pisang ini ‘bertebaran’ di masyarakat dan sering dikonsumsi.

Memang, orang Indonesia senang menikmati buah pisang. Disamping karena manfaatnya untuk kesehatan, pisang juga memiliki rasa yang nikmat, manis dan lunyuh. Pengolahannya juga beragam, ada yang digoreng, direbus, dibuat kripik dan sebagainya.

Jenis-jenis pisang pun sangat banyak. Ada pisang lampung (mulih) pisang ambon, pisang raja, pisang apu dan sebagainya. Mengingat Indonesia termasuk daerah beriklim tropis, maka berbagai jenis pisang pun dapat tumbuh di negeri ini. lantas apa saja sih kandungan dan manfaat buah pisang barangan?

Kandungan Buah Pisang Barangan

Buah pisang barangan memiliki banyak kandungan. Kesemua kandungan ini sangat bagus sebagai nutrisi untuk tubuh anda. di antara kandungan-kandungan itu antara lain sebagai berikut :

      • Vitamin B : Vitamin B adalah 8 vitamin yang memiliki peranan penting dalam proses metabolism sel. Vitamin B berbeda dengan jenis vitamin lain yang hanya memiliki satu komponen. sementara vitamin B sangat komplek. Nah, jenis vitamin ini ternyata ada pasa pisang barangan.
      • Vitamin C : Vitamin ini sangat diperlukan tubuh manusia. Biasanya kita mengenal vitamin c tersebut terdapat pada jeruk. Ternyata vitamin ini juga terdapat pada pepaya. Terutama pepaya barangan.
      • Zat besi : zat ini memiliki peranan penting untuk meningkatkan hemoglobin dalam darah. Zat ini terdapat pada buah pisang barangan. Jadi, mengkonsumsinya sangat baik untuk kesehatan tubuh.
      • Kalsium : kalsium merupakan zat yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Karena zat ini terdapat pada buah pisang barangan –sebesar 5 mg- itu berarti sangat penting mengkonsumsi buah pisang.
      • Serat : buah pisang barangan juga berfungsi sebagai serat sebagaimana terdapat pada buah-buahan dan sayuran lainnya.
      • Asam Folat : ketika wanita hamil, mereka membutuhkan asupan asam folat yang bergunna untuk perkembangan otak anaknya. Karena itu, mengkonsumsi buah pisang sangat bagus bagi wanita hamil.
      • Karbohidrat : uniknya, buah ini juga mengandung karbohidrat yang berfungsi sebagai energy untuk tubuh.

Itulah beberapa kandungan yang terdapat pada buah pisang barangan. Selanjutnya min akan uraikan lagi beberapa manfaat buah pisang barangan untuk kesehatan. Di antaranya adalah sebagai berikut :

BACA : Khasiat Cengkeh untuk Kesehatan, nomor terakhir bikin greget nikah

Manfaat Buah Pisang Barangan untuk Pria dan Wanita

manfaat pisang barangan

manfaat pisang barangan

1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan merupakan sesuatu yang patut mendapat perhatian. Pasalnya, jika system pencernaan anda baik, maka berbagai makanan pun akan diserap nutrisinya dengan sempurna. Sebaliknya, jika pencernaan anda buruk, maka berbagai nutrisi dari makanan pun tidak mampu diserap secara sempurna. Nah, buah pisang ini mampu memperlancar system pencernaan ini.

2. Sumber Energi

Karena pisang barangan mengandung karbohidrat sebesar 25,8 mg, maka kandungan ini sangat baik untuk memompo energy manusia. Sebagaimana kita tahu, orang-orang yang sering lemes biasanya kekurangan karbohidrat. Nah, dengan mengkonsumsi buah ini berarti anda mendapatkan suplay energy baru yang bisa membuat anda segar dan energic.

3. Menyembuhkan Penyakit Anemia

Beberapa gejala anemia misalnya kepala sering pusing, wajah pucat dan kekebalan tubuh menurun. Gejala ini terjadi lantaran hemoglobin dalam sel darah merah berada di bawah normal. Karena itu, untuk memperbaikinya berarti anda harus memperbaiki hemoglobin. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah pisang barangan.

4. Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi

Terutama anda yang sibuk dengan segundang pekerjaan, mengkonsumsi buah pisang sangat dianjurkan. Pasalnya, dengan pekerjaan menumpuk itu biasanya anda kehilangan fokus alias konsentrasi. Agar fokus itu tetap ada maka sertailah kesibukan anda itu dengan konsumsi pisang barangan. Dijamin, tingkat fokus anda akan meningkat.

5. Untuk Diet Alami

Memang, memiliki tubuh ideal termasuk dambaan setiap orang. Karena itu, biasanya mereka melakukan berbagai hal untuk mencapai ukuran ideal. Apalagi perempuan, acapkali mereka mengkonsumsi obat ini dan itu untuk proses diet. Padahal, sebetulnya tidak perlu mahal-mahal untuk diet, anda cukup konsumsi empat pisang barangan + segelas susu di pagi hari.

6. Membantu Menyehatkan kulit

Kulit sehat dan halus merupakan dambaan setiap orang. Karenanya, orang rela membeli obat mahal untuk mendapatkan kulit model ini. padahal, ada satu cara yang efektif dan efisien agar kulit anda kinclong, yaitu mengkonsumsi buah pisang barangan. Kandungan vitamin c yang tinggi pada buah ini dapat membantu menyehatkan kulit anda.

7. Menyehatkan Penderita Liver

Bagi penderita liver, anda juga bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi buah pisang. Cara mengkonsumsinya, blender dua buah pisang sampai halus lalu campurkan satu sendok madu. Setelah itu, konsumsi sebelum makan. Jika dilakukan secara rutin, niscaya penyakit anda akan sembuh.

8. Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Sebagaimana yang min sampaikan di atas, pisang barangan memiliki kandungan asam folat dimana asam ini sangat dibutuhkan oleh janin. Cara konsumsinya, cukup makan dua buah pisang barangan setiap hari, niscaya perkembangan otak si janin akan tumbuh dengan baik. perlu dicatat, ibu hamil jagan terlampau berlebihan ya. cukup dua saja.

9. Menyehatkan Otak

Kandungan asam folat dalam buah pisang tidak hanya berguna bagi otak janin. Tetapi juga dapat bermanfaat untuk otak orang dewasa. Karena itu, bagi anda yang merasa kekurangan vitamin otak, atau kinerja otaknya lemah, barangkali anda sedang kekurangan asam folat. Cobalah mengkonsumsi pisang, mudah-mudahan kinerja otak anda energic kembali.

10. Mepengaruhi Mood

Uniknya, pisang juga dapat mengatasi rasa jenuh. Jadi, bila anda lagi bete, lagi kesel, lagi bad mood, barangkali anda perlu mengkonsumsi pisang. Pasalnya dalam pisang terdapat senyawa neurontransmiter yang berfungsi memengaruhi mood.

Demikian beberapa manfaat buah pisang barangan. Semoga info di atas bermanfaat untuk kesehatan anda. Ingat baik-baik, tidak ada obat paling ampuh untuk sebuah penyakit daripada pola hidup yang sehat, termasuk pola makan. Pola hidup yang sehat itu sangat berharga ketimbang obat jenis apa pun.

BACA : Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan, nomor terakhir biking ploong

Ciri-Ciri Buah Pisang Barangan 

ciri ciri buah pisang barangan

ciri ciri buah pisang barangan

Ada beberapa ciri yang bisa anda ketahui terkait pisang barangan. yaitu, pisang ini rasanya manis tapi agak kesat. Kalau masih mentah, pisang ini keset. Dari segi bentuk, pisang ini ukurannya kecil-kecil tetapi tidak sekecil buah pisang lampung.

BACA JUGA :

Manfaat Hujan Petir, Nomor Terakhir bikin Kepo!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.