Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Berbuat Baik Tak Pernah Menyesal

Agar dapat mengunjungi situs ini, harap matikan fitur Adblock saudara, ya!

img

1001- Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan, Proses Membuat, Dosis, Lengkap

/
/
357 Views

Manfaat Teh Hitam – Minuman teh bukan sesuatu yang asing di telinga kita. Sebab umumnya masyarakat Indonesia menyukai minuman ini. bukan saja enak, tetapi teh juga memiliki sejumlah manfaat. Sebetulnya teh memiliki banyak varian, dan setiap jenisnya memiliki manfaat masing-masing untuk kesehatan tubuh. Tapi, fokus kali ini kita hanya bahas manfaat teh hitam untuk kesehatan.

Meski teh hitam tidak sefamiliar teh hijau yang manfaatnya juga banyak, teh hitam merupakan minuman yang baik untuk tubuh kita. Selain itu, teh ini juga mudah didapat. Apalagi sekarang, sangat banyak sekali yang jual teh hitam. Di internet, di toko, di pasar, di mana saja, mudah dijumpai.

Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan

Ada banyak manfaat teh hitam untuk kesehatan tubuh kita. Di antaranya adalah sebagai berikut;

1. Teh Hitam dapat Mencegah Kanker

Teh hitam adalah teh yang memiliki kandungan antioksidan, termasuk katekin dan polifenol. Zat ini diketahui dapat mencegah jenis kanker. Berdasarkan penelitian, wanita yang sering konsumsi teh hitam memiliki potensi kaker ovarium sangat minim. Perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui manfaat lain.

2. Teh Hitam dapat Menurunkan Resiko Serangan Jantung

Berdasarkan penelitian, teh hitam juga bisa mencegah serangan jantung dan timbulnya penyakit kardiovaskular. Lagi-lagi, ini terjadi karena zat antioksida di dalamnya dapat mencegah kolestrol jahat. Dengan demikian, teh hitam sangat bermanfaat untuk kesehatan.

READ  1001- Cara Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik
3. Teh Hitam dapat Menambah Energi

Karen teh hitam memiliki kandngan kafein, maka orang yang mengkonsumsinya bisa lebih awas dan dapat menambah energy. Di samping itu, teh hitam juga memiliki kandungan zat stimulasi yang sering disebut tefilin. Pada kandungan ini memiliki fungsi yang dapat mempercepat denyut jantung sehingga memmbuat anda lebih awas.

4. Teh Hitam dapat Melawan Radikal Bebas

Teh hitam juga mengandung polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga dapat mencegah radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh. Sebagaimana diketahui, radikal bebas bisa menyebabkan sel kanker, aterosklerosis, gumpalan darah dll. Dengan meminum teh hitam secara rutin, radikal bebas akan lari terbirit-birit.

5. Teh Hitam dapat Melancarkan Pencernaan

Selain kandungan-kandungan yang kami sebutkan di atas, teh hitam juga mengandung tannin yang bermanfaat melancarkan pencernaan. Zat ini bisa memerangi berbagai penyakit usus. Di samping itu, potensi resiko pembentukan batu ginjal dan peradangan usus pun menurun seiring dengan mengkonsumsi teh hitam.

Efek Samping Minum Teh Hitam

Tentu, bukan saja teh hitam memiliki manfaat, tetapi minuman nikmat ini juga memiliki efek samping. Tetapi perlu kami tegaskan, secara global minuman ini aman. Hanya saja bila dikonsumsi secara berlebihan, maka teh ini bisa mengganggu kesehatan, terutama karena kandungan kafein di dalamnya. Ini dia beberapa efek samping dan gangguan kesehatannya:

  • Gelisah
    • Sulit tidur
    • Sering buang air kecil
    • Mual
    • Sakit kepala
    • Muntah
    • Jantung berdebar-debar
    • Bernapas dengan cepat

Konsultasi dengan dokter sangat penting jika anda mengalami gangguan kesehatan yang terus menerus akibat mengkonsumsi kesehatan. Ingat, segala bahan makanan dan minuman yang baik –apalagi kemasan- kalau dikonsumsi berlebihan akan menganggu kesehatan. Jadi, konsumsilah secara proporsional. oya Dosis konsumsi upayakan tidak lebih dari 4 gelas per hari.

READ  10 Jenis Minyak Atsiri yang Harganya Ratusan Juta

Proses Membuat Teh Hitam

Perlu diketahui, semua jenis teh sebetulnya berasal dari daun camellia sinensi. Cuma, kenapa teh berbeda-beda? Ini disebabkan karena kreasi mengolah yang beragam. Adapun untuk menghasilkan teh hitam, prosesnya disebut oksidasi sempurna. Oksidasi sempurna adalah cara untuk mengubah daun camellia sinensi yang warnanya hijau menjadi warna hitam kecokelatan.

Detailnya Oksidasi adalah proses pengeringan daun dari semua lembap menjadi kering. Dengan begitu, teh menjadi hitam dan rasanya pun berkarakter. Sebagian orang lebih memfavoritkan teh warna ini. anda sendiri?

Baca Artikel Pilihan:

1001- Manfaat Teh Bunga Rosella yang Bikin Tercengang

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar