Manfaat Teripang Laut untuk Wajah Cantik & Tubuh Sehat

Manfaat Teripang Laut – Hewan satu ini tampak menggelikan, namun memiliki keajaiban untuk dunia kesehatan. Teripang, hewan laut yang berbentuk seperti timun yaitu memanjang dan bulat, karena itulah hewan ini dinamakan juga “timun laut”. Warnanya berbeda-beda tergantung jenis spesiesnya, diantaranya biru, cokelat, hijau, merah dan hitam.

Bentuk tubuhnya bisa berubah menjadi lebih kecil atau pipih dalam kondisi tertentu. Tampak keras namun sangat lembut ketika disentuh. Sistem indranya bisa dikatakan sangat buruk, karena tidak memiliki otak. Hewan ini bernafas dengan anusnya. Teripang ini memiliki senjata di bagian skeleton, bentuknya seperti duri runcing yang akan mengeluarkan racun ketika diserang musuh lain.

Nama latinnya adalah holothuroidea, biasanya mudah ditemukan di Laut Asia Pasifik, terutama di Indonesia. Spesifiknya di laut yang airnya jernih dan dangkal. Keberadaan teripang menjadi sangat penting dalam ekosistem laut karena akan menjadi pembersih plankton dan sisa-sisa hewan yang sudah mati.

Hewan ini memiliki panjang 0,11 hingga 12 inchi, termasuk hewan laut yang berjalan lamban. Badannya memiliki benjolan kecil-kecil seperti kutil dan termasuk ke dalam kelompok echinodermata. Teripang selain sebagai biota laut yang amazing apabila nampak ketika sedang snorkling, ternyata memiliki jutaan manfaat juga bagi kesehatan.

BACA : Manfaat Getah Katilayu untuk ‘Ajimat’ Mancing Ikan

Manfaat Teripang Laut untuk Kesehatan dan Kecantikan

Teripang Laut

manfaat Teripang Laut untuk kesehtan dan kecantikan

Karena hewan ini tidak termasuk hewan yang dilindungi, jadi siapapun bebas untuk mengambil dan mengkonsumsinya. Ambillah teripang yang tidak terlalu kecil, pun tidak terlalu besar. Di beberapa negara, hewan ini banyak dicari untuk diambil manfaatnya di dunia kesehatan. Berikut beberapa manfaat teripang dalam dunia kesehatan.

1. Sumber Protein Sehat untuk Tubuh

Kandungan protein dalam hewan teripang sangat tinggi. Karena itulah, jika ada seseorang yang sakit dan masuk tahap pemulihan sangat disarankan untuk memakan teripang. Hal ini dilakukan oleh warga Cina, kebiasaan mereka adalah mengkonsumsi teripang di saat sedang sakit.

2. Meningkatkan Nafsu Makan

Teripang memiliki rasa khas yang dapat memudahkan menyerap berbagai jenis bumbu. Kandungan rasa dan teksturnya membantu meningkatkan nafsu makan. Senyawa yang dikandungnya membantu saluran perncernaan lebih nyaman, sehingga teripang akan berguna bagi orang yang sedang mual-mual.

3. Mencegah Efek Penuaan Dini

Teripang mengandung vitamin E dan senyawa yang dapat meningkatkan kolagen. Kolagen ini berfungsi untuk membuat kulit menjadi tampak mulus dan lebih kenyal. Dapat menghilangkan keriput dan bintik hitam. Karena itu, tepung yang diolah dari teripang yang sudah dikeringkan dapat menjadi masker kecantikan bagi para wanita. Hal ini sudah dibuktikan oleh para wanita di Cina, Jepang, Korea dan Taiwan.

4. Mengobati Luka

Kandungan senyawa seperti asam arakidonat dapat meningkatkan fungsi regenerasi sel dan jaringan tubuh yang lebih baik. Hal ini berefek pada cepat mengeringnya luka atau dapat dengan cepat mengentikan pendarahan.

5. Mencegah Peradangan

Teripang mengandung glukosamin, mukopolysakarida, dan kondotrin yang sangat baik dalam membantu meningkatkan efek anti peradangan yang tinggi. Senyawanya dapat bereaksi dengan menurunkan kandungan prostaglandin dalam tubuh. Sehingga rasa nyeri dan sakit akibat peradangan akan semakin berkurang. Khususnya peradangan tulang atau arthritis.

6. Meningkatkan Fungsi Metabolisme

gambar Teripang Laut

penampakan teripang laut

Teripang mengandung banyak gizi penting seperti lemak sehat, protein, vitamin dan mineral. Semua nutrisi ini sangat dibutuhkan dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Dapat juga mendukung kerja sel tubuh dan meningkatkan aktivitas darah dalam tubuh.

7. Membantu Fungsi Ginjal

Teripang akan membantu meningkatkan kerja sel dan produksi sel darah merah. Proses ini dapat membantu ginjal untuk menjalankan fungsinya ketika menyaring racun dan cairan dalam tubuh. Sehingga orang yang terkena penyakit ginjal, sangat disarankan untuk memakan teripang ini.

8. Melawan Infeksi Virus dan Bakteri

Dengan mengkonsumsi teripang, kekuatan sel-sel dalam tubuh akan meningkat. Menyebabkan proses regenerasi sel darah merah akan menjadi lebih baik. Karena itulah, luka atau penyakit karena infeksi dapat disembuhkan dengan teripang.

9. Menghentikan Pendarahan Setelah Melahirkan

Kebudayaan mengkonsumsi teripang setelah melahirkan sudah dilakukan sejak jaman dahulu. Kebiasaan ini banyak dilakukan oleh masyarakat Cina dan Malaysia. Ibu yang baru saja melahirkan akan diberikan hidangan istimewa dengan bahan teripang. Teripang akan menghentikan pendarahan secara alami, memulihkan tenaga ibu yang baru saja melahirkan dan memberikan efek mengurangi rasa sakit yang sangat besar.

10. Menurunkan Kolesterol

Kandungan lemak sehat dalam teripang sangat membantu untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Karena itu, orang yang mengkonsumsinya dapat menghindari penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

11. Mengatasi Impotensi

Teripang akan membantu meningkatkan aliran darah dalam pembuluh darah di sekitar organ vital prial. Kandungan proteinnya pun akan menjaga agar sel sperma tetap sehat. Karena itulah, di Cina konsumsi teripang banyak dilakukan oleh pria dibandingkan wanita.

12. Mengatasi Resiko Pembekuan Darah

baginilah Teripang Laut

gambar teripang laut

Kandungan kondrotin pada teripang berfungsi untuk mencegah pembekuan darah. Sehingga dapat menghindarkan dari penyakit akibat pembekuan darah ini, diantaranya adalah penggumpalan pada paru-paru atau pembuluh darah yang akan membuat jantung tidak berfungsi dengan baik. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Brasil membuktikan teripang ini dapat melawan efek pembekuan darah.

BACA : Pelabuhan Laut Terbesar di Dunia yang Wajib Diketahui

13. Menyembuhkan Luka pada Penderita Diabetes

Teripang memiliki kemampuan memulihkan fungsi sel dan membangun jaringan kulit, sehingga dapat menyembuhkan luka yang membusuk. Cocok sekali bagi para penderita diabetes. Disamping itu, teripang ini juga mampu mengatur kadar insulin dalam tubuh.

14. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa dalam teripang ditemukan senyawa glikosida triterpen yang sangat baik untuk melawan pertumbuhan sel kanker. Selain itu, teripang pun mengandung philinopside E yang dapat memberikan rangsangan yang baik untuk pembuluh darah dan mengatasi tersebarnya sel kanker dari pembuluh darah. Karena itu, sel kanker dapat dimusnahkan dengan mengkonsumsi teripang secara rutin dan teratur.

Di samping itu, teripang ini dapat membantu meningkatkant efek kekebalan tubuh dan dapat membuat tubuh memiliki energi melawan efek kemoterapi yang buruk. Hal ini dikarenakan, teripang mengandung senyawa yang dapat mengaktifkan sel-sel sehat dalam tubuh.

Artikel Favorit :

https://maknawi.net/manfaat-minyak-lintah-hitam-papua-asli-dan-harga-terbaru/

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.