Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Berbuat Baik Tak Pernah Menyesal

Agar dapat mengunjungi situs ini, harap matikan fitur Adblock saudara, ya!

img

10 Masakan Khas Sunda Paling Lezat Nomor Terakhir Bikin Kamu Jatuh Cinta

/
/
1784 Views

Masakan Khas Sunda – Orang sunda terkenal dengan tutur katanya yang halus dan prilakunya yang cenderung mudah mengalah. Sesuai letak geografisnya berupa pegunungan, orang sunda juga dikenal memiliki warna kulit yang putih dan bersih alias kinclong. Perhatikan saja mojang-mojang bandung, wah kalau sudah terpikat rasanya susah untuk move-on. 

Di samping soal tutur kata dan prilaku yang lembut, ternyata Sunda juga memiliki karakter tersendiri dalam hal kuliner. Tentu, cemilan atau makanan sunda bervariasi bahkan terkadang satu sama lain tidak mengenal. Hanya saja ada makanan-makanan tertentu yang sudah menjadi ‘konsensus’ bersama bahwa itu memang makanan sunda dan mereka mengenalnya.

Tidak sedikit orang-orang luar hanya mengenal satu jenis makanan khas Sunda yaitu manis-manis. Ya mungkin ketika menyebut makanan khas sunda mereka hanya mengingat orang sundanya yang memang manis-manis gitu. Padahal banyak sekali makanan Sunda yang juga pedas dan gurih. Atas dasar itu, kali ini kami ingin sharing 10 masakan khas Sunda yang paling lezat.

1. Nasi Liwet

makanan khas sunda paling lezat dan gurih
nasi liwet

Nasi liwet adalah nasi yang dimasak menggunakan panci atau castrol kemudian diletakan di tungku. Seperti memasak nasi lainnya, pertama beras dibersihkan lalu dimasukan ke panci dengan ukuran air seperti pada umumnya. Kemudiakan diletakan di atas tungku api sampai airnya mendidih dan menguap. Jika sudah menguap, api dimatikan dan dibirakan arangnya saja.

Sekitar 15 menitan, nasi liwet sudah matang. Dan tentu aromnya sangat wangi. Apalagi ketika api hanya menggunakan arang, nasi ini sering ditutup dengan daun pisang dan di atasnya diletakan bahan-bahan sambal atau ikan asin. Wah, pokoknya nasi liwet sangat lezat legit dan bikin ketagihan. Cobain deh!

BACA : Cara Membuat Fla Fuding Paling Mudah
       Cara Membuat Masakan Tradisional Paling Aneh

2. Nasi Timbel

makanan khas sunda paling lezat dan gurih kesukaan wisatawan
nasi timbel

Nasi ini sebetulnya tidak berbeda dengan nasi pada umumnya, hanya saja cara penyajiannya dan kebiasaan penggunaannya terbilang unik dan berkhas. Nasi ini dibungkus menggunakan daun pisang, dilengkapi lauk pauknya seperti ikan, tempe, tahu, lalab dan sambal yang harus ada. Bahkan wajib.

Satu hal yang membuat nasi ini lezat dan legit, yaitu karena dibungkus menggunakan pisang sehingga meskipun disimpan dalam waktu pagi sampai sore, nasi ini tetap beraroma legit. Apalagi cara membungkusnya dilakukan dengan benar, maka nasi semakin lama tahan basi.

Tidak hanya itu, secara historis nasi timbel biasa disajikan untuk para petani. Yaitu ketika mereka hendak pergi ke kebun atau ke sawah, sang istri membekalinya dengan nasi dan lauk-pauknya seperti yang dijelaskan di atas. Dan ini sangat lumrah dijumpai di masyarakat sunda. Akhirnya kini hari nasi timbel menjadi terkenal bahkan bukan hanya bekal para petani di sawah tetapi sudah menjadi makanan yang dijual di restaurant-restauran kota.

3. Karedok

makanan khas sunda paling lezat dan gurih kesukaan wisatawan
karedok

Tak lengkap jika anda berkunjung ke daerah Sunda tetapi belum pernah nyobain makanan yang satu ini. Karedok adalah makanan yang terbuat dari bahan sayuran mentah. Kemudian dicampur dengan bumbu kacang yang nikmat dan kadang-kadang pedas. Tentu bikin mata berkedip-kedip.

Umumnya masyarakat kota mengenal makanan ini sebagai makanan betawi, karena mereka tidak bisa membedakan dantara Karedok dengan Gado-Gado. Padahal keduanya terdapat perbedaan, yaitu jika Gado-Gado dibuat dari bahan sayuran matang alias sudah direbus, maka Karedok dibuat dari sayuran yang masih mentah. Saran kami, cobain deh makanan legit ini.

4. Bakakak Ayam

makanan khas sunda paling lezat dan gurih kesukaan wisatawan
bakakak ayam kampung

Kalau ayam bakar biasa, tentu kita sudah mengenal. Tetapi lain halnya dengan makanan khas sunda yang satu ini, namanya Bakakak Ayam atau Ayam Bakakak. Yaitu seekor ayam kampung yang disembelih kemudian dibakar di atas api yang panas. Seperti membakar ayam pada umumnya, bakak juga dilumuri bumbu tertentu agar aromanya menggoda.

Ada perbedaan antara Bakakak Ayam dengan ayam bakar pada umumnya terlebih ayam bakar yang ada di restaurant-restaurant. Yaitu, Bakakak Ayam orang sunda menggunakan ayam kampung jantan sehingga rasa dagingnya pun sangat berbeda dan cukup berkelas. Hehe

BACA : Cara Membuat Fla Fuding Paling Mudah
       Cara Membuat Masakan Tradisional Paling Aneh

5. Keceprek Menes

makanan khas sunda paling lezat dan gurih kesukaan wisatawan
keceprek menes

Kalau kue emping sudah banyak dikenal orang. Bahkan emping ini dapat dijumpai juga di restaurant-restaurant besar. Tetapi berbeda dengan Keceprek, saya yakin masih banyak yang belum mengetahui. Apalagi variannya yang cukup banyak.

Ya, makanan ini dibuat dari melinjo sebagaimana emping. Hanya saja, jika emping ditumbuk sampai tipis dari tiga sampai lima melinjo, maka keceprek hanya dibentuk dari satu melinjo. Cara penumbukannya pun tidak sampai tipis sebagaimana emping. Tidak hanya itu, keceprek juga memiliki rasa yang variatif. Ada yang manis, gurih dan pedas. Pokoknya cobain deh, terutama yang gurih. Bikin ketagihan dan makin cinta sama orang menes. haha

6. Tahu Sumedang

makanan khas sunda paling lezat dan gurih kesukaan wisatawan
tahu sumedang

Makanan ini sangat terkenal dan mungkin semua orang mengetahuinya. Ya, tahu sumedang yang biasanya kita jumpai di pinggir-pinggir jalan. Jika kita membeli tahu ini, ada sesuatu yang sangat unik yaitu dibungkus menggunakan anyaman bambu yang disebut bongsang. Satu bongsang bisa memuat 25 tahu. Selamat mencoba dan rasakan lezatnya. Hehe

7. Gemblong

makanan khas sunda paling lezat dan gurih kesukaan wisatawan
gemblong

Makanan ini terbentuk dari bahan dasar beras yang ditumbuk. Setelah jadi gemblong, biasanya dimasak lagi dengan beberap alternative atau juga bisa langsung dimakan. Beberapa cara untuk memasak lagi seperti digoreng, dibakar atau langsung saja dimakan. Yang lebih nikmat dan legit, biasanya setelah jadi gemblong, langsung di makan dengan dicelupkan ke kuah semur daging.

8. Gurandil

makanan khas sunda paling lezat dan gurih kesukaan wisatawan
gurandil

Makanan yang satu ini asli dari sunda dan khas banget. Meski sudah sangat jarang kita jumpai, tetapi makanan ini cukup spektakuler di kalangan orang sunda. Biasanya makanan ini dibuat dari bahan dasar tepung tapioka kemudian ditaburi kelapa parut. Ah, cobain deh.

9. Cuchur

makanan khas sunda paling lezat dan gurih kesukaan wisatawan
cucur

Kue ini termasuk jajanan anak kecil dan juga dewasa. Makanan yang terbuat dari tepung beras, terigu dan gula merah ini biasa didagangkan keliling oleh seorang pedagang emak-emak. Harganya berkisar seribu atau dua ribu rupiah. Rasanya manis seuai bahannya gula merah, bentuknya besar seperti surabi dan berwarna merah.

BACA : Cara Membuat Fla Fuding Paling Mudah
       Cara Membuat Masakan Tradisional Paling Aneh

10. Kikiping Menes

makanan khas sunda paling lezat dan gurih kesukaan wisatawan
kikiping

Kikiping merupakan khas makanan sunda, tepatnya daerah menes. Kikiping adalah makanan yang terbuat dari beras ketan yang dibungkus kecil-kecil dengan daun pisang dan di dalamnya diberikan serunden dan daging ayam.

Umumnya orang tidak membedakan antara Kikiping Menes dengan makanan sejenis lemper. Padahal keduanya memiliki perbedaan. Pertama dari segi bentuk, Kikiping ini bentuknya sangat kecil-kecil. Kedua, kue ini tidak dapat dijumpai di Menes kecuali saat perayaan hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Bahkan di menes, makanan ini terkenal dengan makanan lebaran.

Demikian 10 makanan khas sunda yang dapat kami sampaikan. Semoga menu-menu ini menjadi informasi berharga bagi anda yang ingin berwisata ke daerah sunda. Silahkan list makanan-makanan ini dan tanyakan ke orang sunda ketika berwisata, niscaya dengan mudah makanan-makanan ini dapat dijumpai.

Baca Juga :

Cara Membuat Brownies Panggang & Kukus yang Legit dan Nikmat

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

2 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar