Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Berbuat Baik Tak Pernah Menyesal

Agar dapat mengunjungi situs ini, harap matikan fitur Adblock saudara, ya!

img

111 – Masakan Sunda Sehari-Hari Paling Wah Beserta Resep Membuatnya

/
/
10205 Views

Masakan Sunda Sehari-Hari – Dear para Mahmud (mamah muda) yang lagi rajin-rajinnya di dapur, banyak di antara kita yang sering mengkonsumsi makanan khas sunda. Terlebih lagi orang Bandung yang memang makanan khasnya sangat beragam. Meski demikian, kita juga musti tahu bahwa makanan khas sunda tidak melulu tertuju ke bandung. Ada juga Tasik. Eh….. makanannya cukup beragam.

Sebagai orang sunda, mustinya kita tidak hanya menikmati makanan-makanan tersebut, tetapi kita juga mesti mengetahui resep membuatnya. Apalagi nenek-nenek kita kan tidak abadi. Siapa lagi yang akan meneruskannya kalau suatu saat mereka meninggal dunia. Oleh karena itu, agar makanan khas daerah tetap lestari, kami ingin berturut serta mengenalkan makanan-makanan khas itu beserta resep membuatnya.

Sebelumnya kami juga ingin menyampaikan bahwa tulisan ini tidak dikhususkan untuk mamah-mamah sunda saja, info ini juga barangkali dapat berguna bagi para Mahmud luar sunda yang gemar menikmati makanan khas berkualitas level atas alias makanan sunda. Tujuannya agar makanan sunda juga tidak hanya bisa dibuat oleh para Mahmud sunda dan mojang-mojangnya, tapi for all Indonesia.

Baiklah, kita langsung saja ya, berikut ini makanan khas sunda sehari-hari yang paling wah beserta resep membuatnya. Selamat membaca dan semoga bermanfaat. Pantun dulu ya, burung maninin hinggap di tandan kelapa, kepada para hadirin selamat membaca;

1. Pepes Jamur Tiram dan Resep Membuatnya

Para Mahmud, siapa yang suka makan pepes ini? Kami yakin banyak sekali yang angkat tangan. Bener nggak sih?. Ya makanan ini cukup popular. Di samping lezat alias wah,,makanan ini juga mengandung nilai gizi yang baik. Ditambah lagi cara mendapatkannya cukup gampang. Ya di pasar banyak. Hehe

Para Mahmud, jika hendak membuat makanan ini utamakan mencari jarum tiram yang berkualitas baik. Di pasar, harga perkilo jamur ini berkisar 8-10 ribu rupiah. Murah kan. Sekalian juga, kalau ke pasar beli daun pisangnya ya untuk membungkus jamur. Nah, sekarang langsung saja kita intip resep membuat pepes jamur tiram yang paliiiiing wah.

Resep Membuat Pepes Jamur Tiram

pepes jamur tiram masakan sehari hari sunda
pepes jamur tiram
A. Bahan Utama

• Sediakan jamur tiram sebanyak kurang lebih ½ kg (500 gram)

B. Bahan Bumbu Halus

• Sediakan bawang putih sebanyak 4 siung
• Sediakan bawang merah sebanyak 5 buah
• Sediakan cabe rawit sebanyak 5 buah atau secukupnya
• Sediakan kemiri sangria sebanyak 4 butir
• Sediakan laos; sekerat, dipotong tipis-tipis
• Sediakan cabe merah besar (keriting) sebanyak kira-kira 6 buah
• Sediakan kunyit sekitar 3 cm
• Sediakan sereh sebanyak 2 buah lalu bagian ujungnya dipotong
• Sediakan gula pasir, garam, penyedap rasa secukupnya saja
• Sediakan bahan pelengkap yaitu daun pisang untuk membungkusnya.

C. Prosedur Pembuatan Pepes Jamur Tiram
pepes jamur tiram masakan sehari hari sunda
pepes jamur tiram
  1. Pertama-tama dan paling utama, bersihkan dulu jamur tiram dengan membuang bagian  pangkalnya. Lalu cuci hingga bersih.
  2. Tumbuk dan haluskan semua bumbu halus kecuali cabe rawit. Coz cabe ini nanti dimasukan ke jamur.
  3. Aduk secara perlahan dan menjiwai agar jamurnya tidak ancur. Masukan gula pasir, garam, dan royco alias penyedap rasa.
  4. Sediakan daun pisang dan bungkus jamur, jangan lupa masukan juga cabenya ya biar semakin wahhh. Bungkus dengan menusurk bagian pinggir daun menggunakan lidi. Bisa?
  5. Kukus sampe matang, kira-kira 20-30 menitan. Tandanya sampe daun pisang ke kuning-kuningan.
  6. Sekarang angkta pepes tersebut, buka dan santap dengan nasi beras pandan wangi. Et jangan lupa tambahkan menu lauk pauknya juga ya.
  7. Dijamin jatuh cinta ke jamur tiram.

Para Mahmud dan mojang-mojang sekalian, disamping sunda memiliki makanan khas pepes jamur yang wah sebagaimana penjelasan di atas. Sunda juga memiliki jenis pepes-pepes lain seperti pepes tahu dan sebagainya. Lain kali akan kita jelaskan juga cara membuat pepes tahu. Sekarang kita beralih ke makanan jenis lain.

pepes jamur tiram masakan sehari hari sunda
budidaya jamur tiram

2. Seblak Kerupuk Khas Bandung

Makanan yang terkenal dengan jajanan sore ini sangat diminati banyak orang. Karenan banyaknya peminat, tak heran jika kemudian seblak bermetamorfosis dengan aneka varian bumbu dan rasa. Misalnya ada seblak mie instan, ada seblak ceker, ada seblak kuah, ada seblak makroni, sebalk telor dan sebagainya.

Tentu, cara pengolahannya tetap sama. Hanya bahan-bahan utamanya saja yang variatif. Bagi para Mahmud dan mojang, terutama mahasiswa mahasiswi pengagum seblak, coba deh sekali-kali bikin sendiri. Kalau belum tahu caranya, jangan kuatirrr. Pada tulisan ini kami akan sharing cara membuat seblak kerupuk khas bandung sebagai berikut;

Resep Membuat Seblak Kerupuk Khas Bandung

seblak bandung masakan sehari hari sunda
seblak bandung
A. Bahan-Bahan Seblak

• Kerupuk udang atau kerupuk nasi uduk sebanyak kurang lebih 100 gram/I ons.
• Minyak goreng sebanyak 2 sendok
• Telur ayam sebanyak 1 butir saja.

B. Bumbu yang diharus dihaluskan

• Sediakan bawang merah sebanyak 3 buah
• Sediakan bawang putih sebanyak 2 siung
• Sediakan cabe merah keriting sebanyak 2 buah
• Sediakan cabe rawit sekitar 5 buah
• Sediakan kencur ½ ruas

seblak bandung masakan sehari hari sunda
seblak ceker
C. Bahan-Bahan Pelengkap

• Sediakan bawang 1 batang kemudian iris-iris seukuran 1 cm
• Sediakan kaldu bubuk sebanyak kurang lebih ½ sendok makan
• Sediakan kecap manis sebanyak 2 sendok
• Sediakan merica bubuk sebanyak ½ sendok teh atau 1 sendok teh
• Sediakan garam secukupnya
• Sediakan air sebanyak 100 ml

D. Prosedur Pembuatan Seblak Kerupuk Khas Bandung
  1. Pertama tama dan utama, rebus kerupuk sampe mengembang. Lalu angkat dan tiriskan.
  2. Haluskan bumbu halus, aduk sampe halus. Kemudian tumis dengan minyak sayur sebanyak 2 sendok makan.
  3. Masukan irisan daun bawang, jika matang, masukan telor dan aduk lagi sampe merata ya.
  4. Masukkan kecap manis, merica bubuk, kaldu bubuk dan garam.
  5. Tuangkan air kira-kira ½ gelas, aduk lagi. Coba cicipi, kalau rasa sudah pas, masukan kerupuk dan aduk perlahan-lahan.
  6. Tangkat dan tuangkan di mangkok atau piring.
  7. Seblak siap disantaphhhh.
seblak bandung masakan sehari hari sunda
seblak makroni

 

3. Tahu Sumedang Asli

Karena makanan ini sangat terkenal maka kami tak perlu bertele-tela menjelaskannya. Langsung aja ya, ini dia cara membuatnya. Oya makanan ini biasanya menggunakan wadah yang terbuat dari anyaman bambu, namanya adalah bongsang. nah, setiap satu bongsang terdiri dari 25 tahu. Bagi anda yang sedang bepergian biasanya akan menemukan tahu ini di setiap jalan raya.

Resep Membuat Tahu Sumedang Asli

makanan khas sunda paling lezat dan gurih kesukaan wisatawan
tahu sumedang
A. Bahan-bahan yang harus disediakan
  1. Sediakan bibit tahu
  2. Sediakan cuka encer
  3. Sediakan kedelai
  4. Sediakan air
  5. Sediakan mesin penggiling kedelai
B. Prosedur Pembuatan Tahu Sumedang
  1. Bersihkan kedelai terutama dari kedelai yang berlubang atau terdapat kotoran lainnya.
  2. Kemudian rendam kedelai yang sudah dibersihkan tadi menggunakan air cuka selama 10 jam untuk kedelai dalam negeri dan 5 jam untuk kedelai imfort.
  3. Cuci kedelai dengan air bersih antara dua atau tiga kali.
  4. kemudian tiriskan agar kesat.
  5. Giling kedelai tersebut agar menjadi bubur. Jangan lupa berikan air pada mesin penggilingan agar hasilnya lebih bagus dan halus.
  6. Lalu godog bubur tersebut di atas api hingga mendidih.
  7. Ketika mendidih, ambil busa yang menggelembung hingga berkali-kali dan biarkan kedelai mendidih selama 10 menitan.
  8. Ambil bubur tersebut dan saring pake kain kasa lalu ampasnya dibilas pake air bersih.
  9. Peras ampas tersebut hingga mendapat sari kedelai sebanyak-banyaknya.
  10. Gumpalkan sari kedelai yang sudah diperas dan tambahkan air cuka encer (1;5) batu tahu yang didiamkan semalam, sambil aduk terus perlahan-lahan.
  11. Maka dengan mendiamkan akan terbentuk gumpalan-gumpalan besar dan terus ke bawah.
  12. Buang air yang ada di atas endapan tahu.
  13. Cetak endapan tahu dengan memberi beban di atas tahu tersebut selama 15 menit.
  14. Tahu yang diinginkan sudah jadi…..

Bagaiaman para Mahmud sudah siap mempraktekkan? Dijamin deh, sore-sore bagini pasti selalu teringat seblak. Rindu. Rindu melebihi dilan. Oya mungkin untuk kali ini kita hanya sharing dua dulu ya. Sebetulnya masih banyak makanan sehari-hari orang sunda seperti sayur bening, bawal tauco, tumis-tumisan dan sebagainya. insyaAllah lain kali kita sharing lagi.

Satu lagi, kalau para Mahmud atau para mojang memiliki resep makanan lain bisa disahre ya ke admin. Kirimkan saja ke [email protected] sewaktu-waktu ada bonus untuk yang rajin ngirim. Demikian semoga bermanfaat. Oya jangan lupa klik iklannya, ya. 🙂

Baca Juga:

10 Masakan Khas Sunda Paling Lezat Nomor Terakhir Bikin Kamu Jatuh Cinta

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

1 Comments

  1. What’s up everyone, it’s my first pay a visit at this website,
    and piece of writing is genuinely fruitful designed for me, keep up posting these types of articles.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar