9 Merk Bata Ringan yang Paling Berkualitas (2019)

Merk Bata Ringan – Sebagaimana namanya, batu bata ringan tentu saja memiliki bobot lebih ringan dari batu bata umumnya. Batu bata ringan ini ada dua tipe yaitu Autoclaved Aerated Concrete (AAC) dan Cellular Lightweight Concrete (CLC).

Kedua tipe ini mengusung gagasan yang sama berupa gelembung udara agar beratnya menjadi berkurang.

Dalam proses pengeringan, CLC mengandalkan proses alami, sementara AAC menggunakan oven autoklaf dengan tekanan tinggi. Perbedaan proses pengeringan ini menjadi hal yang paling menonjol untuk membedakan kedua tipe tersebut.

So, bagi anda yang hendak membangun sebuah bangunan, info ini sangat penting untuk anda ketahui. Melalui info ini anda bisa memikirkan jenis bata seperti yang hendak anda gunakan.

Selain itu, anda juga akan memiliki maklumat terkait harga, bahkan sampai asal usul sejarahnya. Selamat membaca!

Asal Usul Batu Bata Ringan

Negara yang pertama kali mengembangkan bata ringan AAC adalah Swedia pada tahun 1923. Hal ini dilakukan dalam rangka mengurangi penggundulan hutan.

Lalu pada tahun 1943 bata AAC ini dikembangkan lagi oleh Joseph Hebel di Jerman. Adapun di Indonesia, jenis batu bata ini baru dikenal pada tahun 1995.

Bata ringan CLC

merk bata ringan

Bata ringan CLC

Bata ringan CLC merupakan bata yang pengeringannya dilakukan secara alami. CLC sendiri adalah beton konvensional yang kerikilnya diganti dengan gelembung udara.

Ketika prosesnya pun, bata ini steril dari bahan-bahan kimia, artinya si pembuat hanya mengandalkan bahan-bahan busa organic yang memiliki fungsi sebagai media pembungkus udara.

BACA : Harga Plafon Gypsum Terbaru

Bata Ringan AAC

merk bata ringan

Bata ringan AAC

Sementara bata ringan AAC, dalam proses pembuatannya lebih mengandalkan reaksi kimia, maksudnya gelembung udara di dalam batu terjadi karena reaksi kimia.

Adapun adonan AAC, terdiri dari kapur, semen, air, gypsum, pasir kwarsa dan juga alumunium pasta untuk mengembangkannya alias mengisi udara dengan kimiawi.

Berikut ini merk batu bata ringan yang paling direkomendasikan:

1. Batu Bata Ringan Grand Elephant

merk bata ringan

Bata Ringan Grand Elephant

Bata ringan grand elephant merupakan bata yang sangat ringan tetapi memiliki kekuatan mencapai 4N/mm2. Selain kuat, bata tipe ini juga gampang dipasang ketimbang bata merah.

Disamping itu, bata grand elephant ini juga memiliki daya insulasi suara 41db yang membuatnya mampu menahan kebisingan suara di sekitar ruangan.

Ditambah lagi memiliki daya tahan api 1,195 W (mK) yang membuatnya mampu bertahan lebih dari 3 jam.

2. Batu Bata Ringan Citicon

merk bata ringan

Bata Ringan Citicon

Bata Ringan merek CITICON merupakan bata ringan pertama di Indonesia. Materialnya terbuat dari pasri silica dengan semen berkualitas.

Proses pembuatannya pun terbilang kece karena menggunakan teknologi aerasi terbaik sehingga bata Citicon memiliki kualitas yang luar biasa.

Sebagian orang mengatakan, kekuatan bata ini sama seperti beton. Bedanya hanya lebih ringan.

3. Batu Bata Ringan Brix

merk bata ringan

Bata Ringan Brix

Bata ringan brix memiliki kemampuan menahan suara sehingga dapat membuat anda nyaman ketika terjadi kebisingan di sekitar rumah.

Selain itu, bata brix juga mampu menahan goncangan, udara panas, dan sebagainya sehingga ruangan anda lebih sejuk. Ditambah lagi, bata ini sangat ringan yang membuat para pekerja dapat menyelesaikan bagungan dalam tempo yang singkat.

BACA : macam-macam sensor lampu otomatis

4. Batu Bata Ringan Ecoblock

merk bata ringan

Bata Ringan Ecoblock

Keunggulan bata ringan Ecoblock terletak pada proses aerasi yang homogeny dan proses komputerasi. Outputnya, bata ini termasuk bata paling ringan di kelasnya tetapi memiliki kualitas yang bagus.

keunggulan lainnya, bata Ecoblock dapat menahan panas api, mudah dalam pengerjaan, tahan lama, kedap suara, ukurannya pas alias akurat dan harganya ekonomis.

5. Batu Bata Ringan Bricon

merk bata ringan

Bata Ringan Bricon

Bata ringan bricon terbuat dari pasir silica, gypsum, semen dan campuran kapur dengan takaran yang pas.

Bata ringan ini termasuk bata yang kuat, tahan gempat, tahan air, tahan api, tahan udara panas sehingga ruangan tetap sejuk, tahan bising, dan ukuran setiap batanya akurat sehingga memudahkan proses pembangunan dan tentu saja membuat semakin rapi.

6. Batu Bata Ringan Falcon

merk bata ringan

Bata Ringan Falcon

Memang saat ini batu bata merah sudah tak banyak digunakan. Bukan saja di kota, di kampung-kampung pun demikian. Selain untuk menghemat biaya, penggunaan bata ringan juga dinilai lebih mempercepat pembangunan.

Selain itu, karena bobotnya yang ringan, bata-bata ini termasuk Falcon, memudahkan distribusi ke mana pun.

7. Batu Bata Ringan Focon

merk bata ringan

Bata Ringan Focon

Bata ringan facon memiliki karakteristik focon hebel yang memiliki pori-pori. Bata ini memiliki keunggulan kedap suara, tahan api, tahan banjir.

Bagusnya lagi, bata ringan focon ini sudah diuji dilaboratorium di Indonesia sehingga tak heran jika tipe bata ini kerapkali digunakan untuk bangunan-bangunan tinggi.

8. Batu Bata Ringan Mercusuar

merk bata ringan

Bata Ringan Mercusuar

Bata ringan mersucuar dibuat dengan standar tinggi, prosesnya juga menggunakan mesin yang berstandar Deutsche Industrie Norm (DIN) yang didukung oleh para ahli terbaik lulusan Jerman.

Wajar saja, jika bata mersucuar memiliki kualitas teruji sehingga sering digunakan untuk berbagai bangunan di Indonesia.

9. Batu Bata Ringan Gracon

merk bata ringan

Bata Ringan Gracon

Bata ringan Gracon sudah menembus pasar internasional. Wajar, karena bahan materialnya saja sangat memungkinkan memiliki hasil terbaik.

Bata ini memiliki keunggulan seperti mampu menahan beban yang tinggi sehingga kerapkali digunakan untuk membangun gedung yang bertingkat-tingkat.

Selain itu, tentu saja teksturnya juga sangat kuat namun bobotnya sangat ringan.

Demikian kesebelas merk bata ringan yang dapat min sampaikan, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk para pembaca terutama ketika hendak membeli bata ringan.

Ingat, pilihlah bata ringan yang benar-benar ringan tetapi kualitasnya seperti beton.

BACA JUGA :

Sepeda Merk Lokal dan Internasional Paling Populer di Indonesia [2019]

One Response

  1. Teddy Hermawan 19 August 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.