69- Model Ventilasi Rumah Paling Unik

Model ventilasi rumah termasuk hal yang harus diperhatikan. Di samping memiliki korelasi dengan kesehatan, ventilasi rumah juga memiliki nilai lain jika diperhatikan secara saksama, di antaranya nilai seni. Kedua keuntungan ini bisa diperoleh dari bentuk atau model ventilasi.

Soal kesehatan misalnya, ini karena ventilasi rumah dapat mengatur sirkulasi udara sehingga udara dalam ruangan menjadi sehat. Lain halnya jika ventilasi rumah tidak strategis alias kurang memperlancar sirkulasi udara, tentu saja kondisinya akan membuat tidak sehat ruangan. Karena itu, berbagai bentuk, varian dan gaya ventilasi turut dijajakan di pasar.

Bagi anda, tidak mudah menentukan bentuk ventilasi yang unik, baik dan sehat ketika pergi ke toko bangunan. Oleh sebab itu, sebaiknya anda baca terlebih dahulu dan lihat bentuk-bentuk ventilasi sebelum memesan atau membeli ventilasi. Dengan demikian, anda akan memiliki banyak referensi dan pertimbangan sebelum memutuskan.

Model – Model Ventilasi Rumah Paling Unik

Baiklah, untuk mengetahui itu kami akan sebutkan beberapa jenis ventilasi rumah yang bisa menjamin system sirkulasi udara di rumah anda. Di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Ventilasi Loster

model ventilasi rumah

loster ventilasi

Ventilasi rumah pertama adalah loster. Ventilasi ini sangat unik luar biasa, apalagi materialnya sudah semakin bervariasi, ada yang terbuat dari kayu, keramik, semen dan sebagainya. Dengan bentuk dan motifnya yang unik, ventilasi model ini bisa membuat rumah anda sehat dan indah. Cocok untuk dekor luar dan dalam rumah.

2. Ventilasi Rumah Sederhana

model ventilasi rumah

ventilasi kaca tradisional

Ventilasi rumah unik seperti ini sebetulnya tidak asing bagi kita. Dengan susunan secara horizontal, ventilasi model ini memang gampang menyerap udara dan cahaya. Terlebih lagi, sangat memudahkan pemiliknya untuk membuka dan menutup. Biasanya ventilasi model begini terbuat dari kaca yang disampingnya terdapat gigi untuk membuka dan menutup.

BACA : Kandungan dan Manfaat Air AC yang Jarang Diketahui

3. Ventilasi Kotak-Kotak di Atas Jendela

model ventilasi rumah

Ventilasi Kotak-Kotak

Kini hari ventilasi rumah semakin simple. Seperti pada gambar di atas, ventilasi dibuat dari kayu yang membentuk kotak. Dengan ukuran-ukuran kecil, ventilasi tersebut diletakan di atas jendela dengan jumlah dua atau tiga –sesuai ukuran jendela. Varian ventilasi seperti ini punya kekurangan, yaitu sirkulasi udara kurang berjalan lancar.

4. Ventilasi Vertikal

model ventilasi rumah

Ventilasi Vertikal

Ventilasi rumah yang juga simple adalah ventilasi dengan bentuk kayu vertical. Seperti pada contoh di atas, kayu di susun secara vertical dengan jarak renggang sehingga udara mudah masuk ke ruangan. Ventilasi semacam ini biasa digunakan pada rumah-rumah sederhana dan tradisional.

Memang ventilasi seperti ini memiliki kelebihan dan kelemahan, kelebihannya membuat sirkulasi udara terjadi dengan totalitas, sementara kekurangannya dapat membuat nyamuk mudah masuk. Hehe. Karena itu, pemilik rumah biasa menambah jaring anti nyamuk.

5. Ventilasi dengan Jalusi

model ventilasi rumah

ventilasi Jalusi

Ventilasi seperti di pada gambar di atas sangat baik untuk system sirkulasi udara. Apalagi kalau posisinya dibuat saling berhadapan (vross ventilating) sehingga udara pun bergerak dengan lancar. Berbeda halnya jika ventilasi dibuat satu arah, tidak menutup kemungkinan udara akan mengendap di ruangan. Artinya, sirkulasi menjadi tidak lancar.

Selain dibuat berhadapan (vross ventilating), sebaiknya anda juga menyesuaikan dengan ukuran ruangan agar nilai seninya tetap ada. Umumnya, ventilasi model ini dibuat dengan ukuran 5% dari besaran ruangan. Dengan begitu, ada akan mendapatkan dua hal, sirukulasi udara yang baik dan nilai estetis dari ventilasi rumah unik ini.

6. Ventilasi Kipas Penghisap

model ventilasi rumah

ventilasi kipas penghisap

Ventilasi berbasis menghisap udara biasanya menggunakan kipas penghisap (exhaust fan) yang dipasang di plafon. Ventilasi ini biasa digunakan pada rumah-rumah modern. Selain menghemat tempat, ventilasi ini juga bisa menambah kecantikan sebuah ruangan. Apalagi jika bentuknya bagus, rumah anda semakin terlihat elegan.

Adapun system kinerjanya, ventilasi berbasis kipas penghisap biasanya tersambung dengan ventilasi lainnya yang kemudian berpusat ke satu hulu. Lalu udara yang isap diekstraksi sehingga menjadi bersih, lalu disalurkan lagi ke dalam rumah. Dengan begitu, udara dalam ruangan menjadi sehat.

Demikian beberapa varian ventilasi rumah yang bisa anda pilih. Sebetulnya masih banyak ventilasi rumah bentuk lain. Berikut ini kami tambahkan gambar-gambar ventilasi rumah tanpa memberikan keterangan, ya. semoga bermanfaat!

BACA : 

9 Merek Bata Ringan yang Paling Berkualitas (2019)

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.