10 Pelabuhan Laut Terbesar di Dunia yang Legendaris

Pelabuhan Laut Terbesar – Pelabuhan laut adalah pebuhan pemuatan barang dalam rangka keperluan keluar dan masuk ke suatu negara.

Pelabuhan ini menjadi salah satu barometer tingkat perekonomian suatu negara. Karena fungsinya sangat strategis, tahukan anda pelabuhan apa saja yang ada kenal di dunia.

Jika diurut, tahukan anda pelabuhan terbesar di dunia? utama di Indonesia?

Berdasarkan PP No 69 Tahun 2001, aktifitas pelabuhan seperti ini terkait perdagangan luar negeri sehingga di dalamnya meliputi penyimpanan kargo (transito), bongkar muat, persinggahan kapal jenis petikemas.

Biasanya pelabuhan ini disinggahi kapal-kapal berbendera nasional dan internasional.

Beberapa fasilitas yang ada dipelabuhan ini misalnya dermaga, crane dan gudang. Sementara standar kapasitas pelabuhan dapat dilihat dari jumlah muatan yang dapat disimpan yang dinyatakan dalam TEU (twenty foot equivalent unit).

Itu berarti, setiap 1 kontainer yang panjangnya 20 kaki sama dengan 1 TEU. Lantas pelabuhan apa saja yang merupakan pelabuhan terbesar di dunia berdasarkan TEU:

Daftar Pelabuhan Terbesar di Dunia (ASIA, EROPA DLL)

Info ini merupakan data yang diambil berdasarkan satauan TEU tahun 2011. Karena itu, mohon dimaklumi jika ada data baru yang berlum kami update.

Meski demikian, setidaknya anda mendapatkan gambaran mengenai list pelabuhan-pelabuhan terbesar di dunia. Di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Port of Shanghai (China): 29 Juta TEU

pelabuhan laut terbesar

Port of Shanghai

Pelabuhan Shanghai adalah pelabuhan laut yang sekaligus termasuk pelabuhan sungai yang letaknya berada di muara sungai Yangtze. Pada tahun 2010 pelabuhan ini mampu melampuai pelabuhan Singapore.

Adapun volumenya, port of shanghai tercatat menampung pemuatan kargo sebanyak 29 juta TEUs.

BACA : Seribu satu bisnis yang menjanjikan

2. Port of Ningbo-Zhoushan (China)

pelabuhan laut terbesar

Port of Ningbo-Zhoushan

Port of Ningbo-Zhoushan adalah pelabuhan yang menggabungkan pelabuhan Ningbo dan Zhoushan port.

Penggabungan ini dilakukan tahun 2016 dengan alasan untuk memudahkan tata kelola perairan agar menjadi satu koordinasi. Dalam sekala rangking, pelabuhan ini senantiasa masuk 10 terbesar di dunia.

3. Port of Singapore (Singapore)

pelabuhan laut terbesar

Port of Singapore

Port of Singapore adalah pelabuhan terbesar sekala Asia Tenggara. Tahun 2008 pelabuhan ini masuk ke rangkin 2 sebagai pelabuhan terbesar di dunia.

Pelabuhan ini juga terhubung dengan 600 pelabuhan dunia di 100 negara. Dalam konteks kargo minyak, pelabuhan ini mengelola hampir 50% minyak mentah dimana minyak tersebut transit di pelabuhan singapura.

4. Port of Rotterdam (Belanda)

pelabuhan laut terbesar

ort of Rotterdam

Pelabuhan Rotterdam adalah satu-satunya pelabuhan laut terbesar di Eropa. Bahkan pada tahun 1962 sampai 2004 pelabuhan ini pernah menjadi pelabuhan terbesar di dunia.

Bayangkan, dalam kurun waktu 42 tahun rangking itu dipertahankan hingga akhirnya mucullah pelabuhan-pelabuhan baru yang meggeser posisi rangking dunianya.

5. Port of Tianjin (China)

pelabuhan laut terbesar

Port of Tianjin

Di Cina, Pelabuhan Tianjian adalah pelabuhan laut terbesar ketiga dan terbesar yang terdapat di kawasan Cina Utara.

Pelabuhan Tianjin telah dikunjungi oleh kapal-kapal dari lebih 200 negara di dunia, dan diperkirakan masih akan meningkat hingga empat tahun mendatang, karena kapasitas pelabuhan ini belum sampai pada optimal.

Selain itu, pelabuhan ini juga terhubung dengan 400 pelabuhan laut di dunia. Posisinya tepat di sepanjang bagian ujung muara sungai Haihe.

6. Port of Guangzhou (China)

pelabuhan laut terbesar

Port of Guangzhou

Pelabuhan Guangzhou adalah pelabuhan laut terbesar yang terletak di kawasan Cina bagian selatan.

Pelabuhan ini, telah terhubung dengan lebih dari 300 pelabuhan utama di dunia dan telah dikunjungi kapal-kapal yang berasal dari lebih 100 negara di dunia.

Pelabuhan ini keberadaannya menjadi penopang utama bagi aktivitas perindustrian di Propinsi Guangxi, Yunnan, Hunan, dan Jiangxi.

7. Port of Qingdao (China)

pelabuhan laut terbesar

Port of Qingdao

Pelabuhan Qingdao saat ini telah terhubung dengan sekitar 450 pelabuhan laut utama dunia dan dengan lebih dari 130 negara di dunia.

Posisinya berselebahan dengan Sungai Kuning di Semenanjung Shandong. Tepatnya di antara dua raksasa bisnis Asia, yaitu Jepang dan Korea Selatan.

8. Qinhuangdao Port (China)

pelabuhan laut terbesar

Qinhuangdao Port

Pelabuhan Qinhuangdao dikenal dengan pelabuhan pemuatan batu bara yang terbesar di dunia. Ada sekitar 50% batu bara didistribusikan ke bagian Utara dan selatan Cina melalui pelabuhan ini.

Pelabuhan ini juga merupakan pelabuhan utama untuk keluar masuknya batu bara di Cina yang sudah beroperasi selama lebih dari tiga decade.

9. Hong Kong Port (China)

pelabuhan laut terbesar

Hong Kong Port

Karena Hong Kong adalah pulau kecil yang terpisah dari daratan China, maka lokasinya terbilang strategis untuk dibuatkan pelabuhan.

Selain itu, Hong Kong juga berada di lintas perdagangan dunia sehingga mendukung adanya Pelabuhan laut. Karena itu, seringkali pelabuhan di Hong Kong masuk ke rangking 10 terbesar pelabuhan laut di dunia.

10. Port of Busan (Korea Selatan)

pelabuhan laut terbesar

Port of Busan

Port of Busan adalah pelabuhan laut yang letaknya berada di bagian muara sungai Naktong yang menghadap ke samudera pasifik.

Pelabuhan ini juga terkategori pelabuhan besar di dunia terutama pasca perluasannya rampung di tahun 2015.

Dengan ukuran yang sangat luas bahkan melebihi ukuran luas kota di KorSel, pelabuhan ini pun sangat fantastic untuk dimasukan sebagai 10 pelabuhan besar versi maknawi.net.

Demikian itulah kesepuluh pelabuhan terbesar di dunia baik di Asia maupun di Eropa.

Bagi anda yang kepo dengan pelabuhan-pelabuhan tersebut dan ingin berwisata ke sana, silahkan gali sebanyak-banyaknya info dunia wisata di berbagai media, semoga bermanfaat, ya.

Baca Juga :

Tentang Kopi dan Tata Cara Ekspor Kopi Ke Jepang

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.