Tips Hidup Sehat untuk Mahasiswa Kosan Paling Manjur

Tips Hidup Sehat – Mahasiswa adalah manusia paling beruntung di dunia. Di usia yang masih produktif, mereka memiliki kesempatan untuk mencari ilmu di kampus-kampus yang notabene merupakan gudangnya ilmu. Di samping itu, dalam dunia pergerakan, sumbangsih mahasiswa juga sangat diharapkan untuk menjadi pelopor perubahan di tengah-tengah masyarakat.

Hal itu didasarkan karena rasa optimis dan kepercayaan masyarakat sehingga mereka beranggapan bahwa ilmu yang dimiliki mahasiswa dapat menjadi solusi bagi realitas permasalahan masyarakat.

Apalagi orangtua dan calon mertua biasanya bangga punya anak atau calon menantu yang menjadi mahasiswa. Dalam benak mereka, mungkin karena mahasiswa identik dengan orang cerdas, memiliki banyak ilmu, punya masa depan dan sebagainya. So, berbahagialah jika sobat adalah mahasiswa.

Bagi sobat muda yang menyandang gelar mahasiswa, berbangga menjadi mahasiswa boleh saja, tapi dengan dibebankannya harapan besar di pundak sobat, tentu saja sobat juga harus lebih bertanggungjawab atas hidup sendiri. Jangan sampai malah sakit-sakitan dan menyusahkan hidup orang lain. padahal, mereka justru menaruh harapan kepada sobat.

Salah satu tanggung jawab atas diri sendiri diantaranya memperhatikan KESEHATAN. Menurut min, mahasiswa yang cerdas itu biasanya berbanding lurus dengan kesehatannya. Bayangkan jika mahasiswa sakit-sakitan, bagaimana ia akan gesit mencari ilmu.

Yang ada pasti lemah, tak sanggup untuk berlama-lama membaca buku misalnya, demam, bisulan, sakit perut, mudah pusing, dan tak sanggup konsentrasi mendengarkan penjelasan dosen.

Sebaliknya jika sobat mahasiswa selalu fit dan sehat sehat atau jagjag waringkas. Konsentrasi dalam belajar pun menjadi hal biasa, dapat berpikir mendalam, bisa berlama-lama depan buku, badannya fresh, bacaannya cool. Outputnya tentu saja akan punya wawasan yang luas.

Kalau sudah begitu, nanti  ketika ia berhadapan dengan problematika masyarakat pasti ia akan siap untuk menyelesaikannya dengan baik. Sehingga ia bisa menjadi leader of change.

Begitu pentingnya kesehatan bagi mahasiswa, maka sobat harus memahami tips-tips terbaik dalam menjaga kesehatan. Apalagi jika sobat termasuk anak ngekos. Kenapa? Karena mahasiswa ngekos tidak ada orang tua yang memperhatikan. Iiiihhhh.

Akibatnya mahasiswa harus benar-benar memperhatikan dirinya sendiri. Mau makan harus menyiapkan makanan sendiri, mau memakai baju harus mencuci dan menyetrika sendiri, mau kamarnya bersih harus menyapu dan mengepel sendiri, dan lain-lain. Tidak bisa berharap ada yang membantu.

Naah, disinilah letak masalahnya. terkadang mahasiswa kos-kosan memiliki pola hidup yang kacau balau. Karena harus berkejaran antara waktu memperhatikan diri sendiri dengan waktu untuk mengerjakan tugas-tugas dan aktivitas-aktivitas kampus lainnya.

Hasilnya, tidak sedikit mahasiswa yang menjalani pola hidup yang salah, apa adanya, tidak ideal sehingga sedikit demi sedikit ternyata masalahnya menjadi banyak. Untuk keluar dari masalah ini, mimin mau sharing nih terkait tips hidup sehat bagi mahasiswa kosan. Simak yuk.

1. Memiliki kesadaran untuk hidup sehat

tips hidup sehat

hidup sehat

Hidup sehat itu memang mahal, tapi kalau sakit lebih mahal lagi biaya yang harus dikeluarkan. Bisa jadi uang tabungan akan menjadi terkuras hanya untuk biaya dokter dan obat-obatan.

Dengan hidup sehat, banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Selain itu, sobat dapat dengan leluasa mengukir prestasi di usia muda. Bisa juga mendalami berbagai keilmuan tanpa ada hambatan apapun. Sehingga sobat akan menjadi mahasiswa yang dapat memberikan manfaat bagi orang di sekitar.

Bayangkan jika sobat sakit-sakitan. Biaya banyak keluar untuk berobat, belajar banyak terganggu, keilmuan akan sulit didalami karena pasti akan cepat lelah dan sulit konsentrasi, bahkan bisa jadi akan membuat orang-orang di sekitar merasa terganggu waktunya karena mesti membantu sobat yang sedang dalam kondisi sakit.

Tentu hal ini tidak ingin sobat alami tentunya. Karena itu, pastikan hidup sehat dapat sobat usahakan seoptimal mungkin.

BACA : Buah – Buahan untuk Diet Paling Direkomendasikan

2. Menjaga psikis dan mental

mental hidup sehat

mental ayam jago

Biasanya hidup sehat dipengaruhi oleh kesehatan pikiran dan mental. Karena itu sobat mesti memastikan kondisi psikis dan mental. Tipsnya jika ada masalah segera selesaikan. Dengan tertimbunnya banyak masalah, akan mengganggu pikiran. Hal itulah yang sedikit demi sedikit mengganggu kestabilan kesehatan sobat.

Hal yang paling dekat dengan mahasiswa adalah tugas kuliah. Jangan sampai tugas kuliah dibiarkan sampai menumpuk. Dengan menumpuk tugas-tugas, akan membuat sobat terus kepikiran dengan tugas-tugas itu. Baiknya tugas yang diberikan dosen dikerjakan sedikit demi sedikit, sehingga mental sobat tidak terganggu dengan penumpukan tugas.

Masalah yang muncul dengan teman di kampus atau dengan dosen maupun dengan orang tua pun harus segera diselesaikan. Karena itu, sobat harus memiliki jiwa sebagai problem solver. Sehingga masalah yang dapat mengganggu pikiran dapat langsung dipikirkan solusinya dengan baik dan dapat mengurangi beban pikiran sobat. Ingatlah, tidak ada masalah yang tak ada solusinya.

BACA : Manfaat buah mengkudu paling misterius

3. Menjaga pola makan

makanan khas beli

makan sehat

Naah, pola makan ini biasanya yang banyak bermasalah di kalangan mahasiswa kosan. Kenapa? Karena pengabaian terhadap makan adalah hal biasa ketika ngekos. Apalagi tidak ada alarm pengingat, berbeda dengan kondisi ketika di rumah (ada ibu yang selalu rajin mengingatkan untuk makan).

Apalagi mahasiswa kosan yang hobinya begadang. Ini akan sangat mengganggu pola makan harian. Karena yang hobi begadang, akan terbiasa bangun kesiangan. Jika sudah bangun kesiangan, yang terpikir adalah segera siap-siap pergi ke kampus agar tidak terlambat atau memang sudah terlambat karena kesiangan bangun.

Jika sudah begitu, jadwal sarapan akan terlewat. Sehingga sarapan dengan makan siang akan digabung menjadi satu. Yang banyak dilakukan di jam-jam istirahat adalah jajan. Ketika jajan, belum tentu jajanan tersebut sehat dan bergizi.

Bahkan bisa jadi kebersihannya pun bermasalah. Maka hal inilah yang akan mengundang datangnya penyakit di kalangan mahasiswa ngekos.

Bagaimana dengan makan malam? Naah, karena sering begadang, makan malam baru dilakukan ketika sudah menjelang larut malam, sehingga bukan menjadi energi bagi tubuh tetapi malah menjadi penimbunan lemak.

Tipsnya adalah setiap orang harus berpikir bahwa makan itu agar bisa hidup. Sehingga lakukan aktivitas makan dengan sebaik-baiknya, tapi tidak juga dengan berlebihan. Tetapkan waktu makan dengan pola yang tetap setiap harinya.

Komposisi makanannya pun mesti diperhatikan. Makanan yang halal dan sehatlah yang seharusnya dikonsumsi oleh mahasiswa. Agar tubuh fresh, otak pun mendapatkan nutrisi, sehingga belajar dapat dilakukan dengan optimal. Jangan lupa siapkan buah-buahan setiap harinya, agar ada vitamin yang masuk ke dalam tubuh.

Jangan berpikir terbalik bahwa hidup ini untuk makan. Karena dengan filosofi terbalik seperti itu, akan membuat hidup sobat habis hanya untuk memikirkan makan dan jajan saja. Hal ini tidak baik bagi tubuh.

Oya, jangan lupa konsumsi madu setiap hari ya, sob. Karena nutrisi yang dihasilkan sangat baik untuk tubuh sobat.

BACA : Manfaat Infused Water untuk Kesehatan

4. Menjaga pola hidup bersih

tips hidup sehat

pola hidup bersih

Ayo, dicek kebersihan tubuh dan kamar kosan sobat. Jangan jadi mahasiswa jorok. Tetapkan jadwal mandi harian. Pastikan sobat sikat gigi dengan rajin. Dan pastikan juga pakaian yang digunakan rajin sobat cuci dan setrika. Diberi parfum agar wangi lebih baik lagi.

Pakaian yang sudah digunakan seharian jangan digunakan lagi, tapi langsung ganti dengan pakaian lain. Bahkan amannya sehari berganti pakaian minimal 2 kali.

Perhatikan kamar sobat, tetapkan piket harian dengan cara menyapu dan mengepel sehari minimal 2 kali yaitu pagi dan sore. Tumpukan buku rapikan jika sudah selesai pakai. Jangan sampai ada pakaian yang sudah dipakai bergelantungan di paku-paku kosan, karena akan membuat nyamuk betah ada di dalam kamar.

Jika sudah menggunakan pakaian dan dipastikan tidak dipakai lagi, maka simpan ke tempat cucian tanpa menunda-nunda.

Oya, hal yang tidak kalah penting, rendaman cucian baju jangan dibiarkan berlama-lama di tempat cucian. Selain akan mengundang nyamuk, pun akan membuat cacing-cacing bermunculan di ember cucian sobat. Jadi, segera eksekusi cucian jika sudah di rendam yaa.

5. Melakukan aktivitas gerak

tips hidup sehat

bergerak kunci sehat

Naah, aktivitas gerak ini banyak bermasalah pada mahasiswa generasi milenial. Generasi milenial biasanya lebih suka aktivitas pasif, seperti bermain gadget, menonton, atau aktivitas pasif lainnya. Ini akan membuat aktivitas gerak banyak berkurang. Dan efeknya, tubuh menjadi kurang mobilitas dan cepat lelah.

Luangkan waktu sepekan sekali untuk berolahraga, bisa berjalan kaki, lari, main badminton, atau lainnya. Agar oksigen banyak terserap ke dalam tubuh, dan organ tubuh pun merasakan kesegaran.

Jika ingin yang lebih dari itu, maka sobat dapat praktekkan olahraga dengan mengikuti gerakan di youtube seperti gerakan aerobic, zumba, senam, dan sebagainya. Bisa dilakukan gerakan-gerakan sederhana tapi rutin setiap hari atau 3 kali dalam sepekan.

Demikian sobat mahasiswa, semoga dapat bermanfaat sharingnya. Salam hidup sehat!

BACA :Manfaat Susu Appeton Weight Gain untuk Menambah Berat Badan

Ditulis oleh : Sayyu 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.