3 Motif Batik Tulungagung & Sejarahnya

Motif Batik Tulungagung – Batik adalah warisan budaya Indonesia yang sangat terkenal di dalam dan luar negeri. Bukan saja disukai kaum tua, tetapi batik juga sangat digandrungi kaum muda. Terlebih lagi beragam batik modern sudah banyak bermunculan, anak muda semakin menyukainya.

Dari sekian daerah penghasil batik di Indonesia, salah satunya adalah Tulungagung. Di sini kita dapat melihat motif batik daerah ini dengan beragam coraknya.

Untuk lebih detail mengenal motif batik Tulungagung, mari kita kenali terlebih dahulu sejarah batik di Tulungagung.

Sejarah Batik Tulungagung

Secara historis, perjalanan batik Tulungagung sangat panjang. Sejak Tulungagung bernama Bonorowo, kerajaan Majapahit ingin melakukan ekspansi, dalam ekspansinya itu tersebarlah batik hingga ke wilayah Bonorowo. Boleh dikata, Majapahitlah yang awalmula menyebabkan terjadinya penyebaran batik. Hingga saat ini, batik tulungagung memiliki khas tersendiri dan menjadi kesenian yang sangat otentik.

Ciri khas batik Tulungagung yang paling dominan terletak pada keindahan perpaduan warna dan variasi motif. Adapun warna, biasanya menggunakan cerah dan ebrani. ini motif yang jadi foavorit masyarakat. Coraknya berwarna kuning keemasan, coklat dan hitam.

Motif Batik Tulungagung

Sebetulnya motif batik tulung agung banyak dipengaruhi oleh batik Jawa Tengah. Namun setidaknya ada 3 jenis motif batik tulungagung jika dilihat berdasarkan darah asal produksinya yaitu Batik Majanan, Batik Bangoan dan Batik Kalangbret.

1. Batik Majanan

batik majanan

Motif Batik Majanan adalah batik tulungagung yang memiliki ciri khas tersendiri yaitu didominasi dengan motif dasar berupa bunga. Warnanya biasa menggunakan warna coklat, terkadang biru tua, biru muda, violet, kuning dan terkadang merah. Motif batik ini ditulis mulai versi halus hingga sedang saja.

BACA :  10 Motif Batik Cirebon & Filosofinya

Anda terterik? atau sudah pernah nyoba batik Tulungagung ini? silahkan kasih testimoni di kolom komentar ya, gaes.

2. Batik Bangoan

batik bangoan

Motif Bangoan juga patut kita ketahui. Ciri khas dari motif ini terletak pada motif semen, sekar jagad, sidomukti dan lereng.

Bukan sekedar orang tua, anak-anak muda pun menyukai motif batik ini. Warna yang paling banyak dijumpai adalah biru dan coklat. Kedua warna ini menjadi warna khas asli dari motif batik Bangoan.

3. Motif Kalangbret

batik kalangbret

Motif kalangbret (kambretan) memiliki varian yang lebih banyak. hal itu karena motif batik ini sudah bercampur dengan motif batik daerah lain. Kendati demikian, ciri khasnya tetap melekat yaitu batik dibuat dengan cara ditulis atau dicap.

Warna yang paling banyak dijumpai dari motif kalangbret biasanya coklat dan biru tua.

Selain itu, motif batik ini juga dikenal dengan motif batik kotongan yaitu batik kosong yang tidak memiliki isi pada batik. Biasanya, motif kotongan ini diselaraskan dengan motif lain seperti kembang belinjo.

Demikian 3 motif batik tulungagung yang paling terkenal. Jadi jangan lupa, selain pekalongan, tulungagung juga wilayah pengrajin batik. so, sebagai generasi muda kita harus tahu dengan berbagai varian batik yang ada di Nusantara. Semoga bermanfaat!

Referensi : radartulungagung.jawapos.com

BACA : Motif Batik Bandung, motof cianjur sampe dilirik AS

No Responses

Leave a Reply


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.