Motif Batik Madura : Jenis & Filosofinya

Motif Batik Madura – Hi sobat maknawi.net , kalau mendengar Madura biasanya teringat sate atau karapan sapi, jarang sekali teringat batik. Padahal batik Madura terbilang kuno loh, yaitu sudah ada sejak abad 17 an. Kok bisa?

begini ceritanya!

Sejarah Batik Madura

Dalam sejarahnya, batik Madura sudah ada sejak abad ke 17 an yaitu diperkenalkan oleh Raden Azar (kiai Penghulu Bagandan) Ke’ Lesap yang tak lain merupakan penasehat kerajaan Pamekasan.

Raden Azar kala itu boleh dikata orang pertama yang menggunakan batik. Dari situ akhirnya batik pun menjadi terkenal. Adapun soal motif, batik Madura lebih banyak dipengaruhi oleh motif batik solo dan Yogyakarta. Ditambah lagi karena adanya hubungan darah antara raja Mataraham dengan para pembesar Madura.

Ciri khas Batik Madura terletak pada coraknya yang memiliki banyak titik-titik berwarna putih dan cerah yang menunjukkan watak berani orang Madura, sifat optimis, egalitarian dan praktis juga mewarnai batik Madura.

Filosofi Batik Madura

Batik Madura memiliki filosofis tersendiri yang mencerminkan karakter orang Madura. Batik Madura biasa menggunakan warna cerah seperti merah, hijau, biru, kuning yang melambangkan berbagai macam.

  • warna merah misalnya, melambangkan masyarakat Madura memiliki karakter keras dan kuat.
  • warna hijau melambangkan spiritualitas yang tinggi terutama pada kerajaan Islam yang ada di Madura
  • warna kuning melambangkan bulir padi
  • warna biru melambangkan laut yang mengelilingi Madura
BACA :  Motif Batik Semarang Paling Legendaris & Makna Filosofisnya

walhasil, nampaknya kudu banget nyobain pake batik motif Madura ini agar terlihat lebih berani dan kuat serta siap tempur membela kebenaran.

Ragam Motif Batik Madura

Tentu saja ada banyak motif batik Madura yang bisa kita pelajari. Pun dengan filosofisnya yang berbeda-beda. Tetapi demikian, pada kali ini saya hanya akan mensharingkannya 10 jenis saja, lain kali bisa ditambah.

1. Batik Madura Motif Lancor

Batik Madura Motif Lancor

Motif Lancor merupakan motif asli Pamekasan. Jenis motif ini sangat disukai karena bentuknya yang unik serta pembuatannya yang teliti. Bahan pewarna yang digunakan biasanya napthol dan semasol.

Napthol adalah zat pewarna sistesis yang digunakan untuk menghasilkan warna merah dan biru. Sementara remasol memiliki sifat larut dalam air dengan tetap mempertahankan kelekatan alias tidak luntur. motif batik Lancor biasanya didominasi warna kuning, merah mawar, hijau dan jingga.

2. Batik Madura Motif Serat Kayu

Batik Madura Motif Serat Kayu

Motif ini merupakan motif asli kecamatan Proppo bagian selatan. Cara membuatnya dengan cara dilapisi dengan lilin khusus agar bagian motifnya tidak terkena pewarna.

kemudian kain akan dilipat sebesar 20 CM untuk diletakan di atas lincak, lalu lipatan kain ditekan-tekan sampai malam pecah hingga membentuk garis garis seperti serat kayu.

3. Batik Madura Motif Mata

motif mata

Batik motif mata termasuk motif yang disukai oleh banyak orang. Dengan didominasi warna kuning, hijau dan merah muda, motif ini cocok banget dengan anak-anak muda.

Dinamai motif mata lantaran batik ini mirip dengan mata burung perkutut, berasal dari daerah Pemakasan dimana motif Lancor gampang ditemukan.

4. Batik Madura Motif Serat Batu

Batik Madura Motif Serat Batu

Batik motif serat Batu agak mirip dengan motif serat kayu, terutama pada warna dasarnya. Kendati demikian, kedua motif ini tetap saja berbeda. Cara membuat motif serat batu, kain diremas-remas kemudian dicelupkan pada pewarna, dengan demikian akan terbentuk garis-garis seperti serat batu.

BACA :  9 Motif Batik Pekalongan Paling Legendaris dan Makna Filosofisnya

5. Batik Sampang

batik sampang

Sampang adalah sebuah kecamatan di Madura, di sini terdapat batik yang sangat terkenal yaitu batik dengan corak flora dan fauna. Warna yang paling dominan biasanya hijau.

6. Batik Sumenep

batik sumenep

Batik sumenep biasa menggunakan warna yang cerah dengan nuansa flora dan fauna yang lebih mendetail. Kalau anda searching di google, batik seperti ini terbilang unik, ada yang bergambar bunga teratai, ada juga gambar ayam.

7. Batik Pamekasan

batik pamekasan

Batik pamekasan adalah perpaduan semua motif batik yang ada di madura. Biasanya batik ini menggunakan warna-warni yang tajam dengan corak serat kayu, atau akar-akaran.

Itulah sekelumit motif batik Madura dan berbagai filosofis yang terkandung di dalamnya. Kalau kamu dari daerah mana? apa motif batik yang paling terkenal di daerahmu? tulis ya di kolom komentar. Nanti saya bahas pada artikel berikutnya.

BACA : 9 Motif Batik Pekalongan Paling Legendaris

Leave a Reply


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.