Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Berbuat Baik Tak Pernah Menyesal

Agar dapat mengunjungi situs ini, harap matikan fitur Adblock saudara, ya!

img

Cara Menanam Bunga Kertas (Bougainvillea) dengan Baik

/
/
528 Views

Bunga kertas atau bahasa lainnya Bougainvillea merupakan tanaman yang tumbuh di daerah tropis. Cara menanam bunga ini sebetulnya cukup mudah, yaitu dengan cara stek dan dengan teknik sambung putus. Bunga Bougenville memiliki warna yang beragam, orange, putih, merah pucat, ungu, merah terang dan lain-lain. Bunga ini sangat indah sehingga sering dijadikan hiasan.

Selain itu, bunga ini juga sering digunakan untuk keperluan mandi bunga atau spa. Adapun di India dan Cina, bunga boungenville digunakan untuk acara duka ketika prosesi pemakaman. Perlu kita ketahui, bunga boungenville memiliki akar tunggang yang vertical, berserabut dan akar cabang. Oleh sebab itu, tanaman ini termasuk perdu tegak yang tingginya mencapat 3 – 4 meter.

Batang bunga kertas berwarna cokelat dan terdapat duri-duri kecil. Adapun bagian tepi daunnya, merata dengan tulang menyirip kisaran tiga hingga lebih dari 5. Warnannya kehijauan muda bahkan tua. Jenis bunganya adalah kelopak majemuk dimana bentuknya seperti payung bersusun-susun dan muncul di bagian ketiak daun.

Cara Menanam Bunga Kertas (Bougainvillea)

cara menanam bunga kertas
bunga kertas

1. Penanaman dengan Stek Batang | Bunga Kertas

Tanaman bunga bougainvillea bukan tanaman yang mudah ditanam dengan biji, cara yang digunakan untuk menanam bunga ini hanya melalui teknik stek batang. Begitu juga batang yang digunakan, harus batang yang sudah dewasa. Jika anda sudah menemukan tipe batang tersebut, potong dengan cara meruncing.

READ  ♥ Bunga Lavender Tanaman Pengusir Nyamuk Bikin Mereka Lari Terbirit-Birit

Langkah berikutnya, tancapkan batang tersebut di media tanam dengan kedalaman 3 atau 5 cm. lakukan penanaman pada waktu pagi supaya lebih mudah bertumbuh dan berbunga dengan baik. Mudah-mudahan hasilnya pun seperti yang diharapkan yaitu memiliki bunga yang lebat dan indah.

Baca : Sejarah Bunga Mawar

2. Pemangkasan Tanaman Secara Teratur | Bunga Kertas

Pemangkasan bunga bougainville secara teratur sangat diperlukan. Begitu juga dengan daunnya yang lebat, sebaiknya lakukan pemotongan sehingga menjadi rapi. Dengan perawatan yang baik, nanti tanaman ini akan memberikan bunga yanglebat sehingga menjadi indah. Satu lagi, jaga tanaman ini dari intervensi tanaman lain yang bisa mengganggu seperti tanaman rambat.

3. Penanaman Melalui Media Campuran | Tanaman Bunga Kertas

cara menanam bunga kertas
bunga kertas

Selain cara di atas, anda juga bisa menanam dengan metode campuran pasir. Sebab cara ini cukup membuat nyaman bunga bougenville karena campuran pasir bersifat porous sehingga memiliki pori-pori pada media tanam tersebut. Dengan adanya pori-pori mada campuran pasir, udara menjadi lebih mudah masuk dan air terserap lebih efektif.

4. Penanaman dengan Teknik Sambungan Pucuk | Pohon Bunga Kertas

Teknik sambungan pucuk adalah teknik untuk menyambung cabang muda ke tanaman bunga bougenville yang telah dewasa baik sejenis atau jenis bunga bougainville lainnya. Teknik sambungan pucuk tidak sulit dilakukan jika pembaca berani mencoba. Cabang bunga kertas yang muda dibiarkan saja tumbuh dan menyatu dengan batang utama.

5. Pemupukan Ulang Perlu Dilakukan | Bunga Kertas

Pemupukan ulang bunga kertas sangat penting dilakukan secara teratur agar tanaman dapat tumbuh subur. Pupuk yang digunakan sebaiknya pupuk organic, hewani, atau kompos dengan takaran secukupnya. Oya, sebaiknya tidak menggunakan pupuk buatan karena khasiatnya kurang baik untuk pertumbuhan. Pemupukan ulang ini sebaiknya dilakukan sebulan sekali.

READ  1001- Jenis Jenis Bunga Hias yang Bisa Mengubah Rumah Menjadi Surga

6. Teknik Perawatan Bunga Bougenville | Bung Kertas

Bunga bougenville akan tumbuh dengan baik jika didukung oleh intensitas air yang diserapnya. Oleh karena itu, sebaiknya anda melakukan penyiraman secara teratur dengan intensi yang cukup. Hanya saja, dalam satu tahu ada waktu tertentu yang membuat bunga bougenville tidak membutuhkan air. Yaitu ketika kuncup bunga mulai tumbuh. Masa ini biasa terjadi empat hari.

Meskipun anda diharuskan menyiram bunga bougenville secara teratur, tetapi anda juga tidak boleh berlebihan dalam memberikan intensitas air. Sebab jika tanaman ini terlalu basah, justru berdampak buruk bagi tanaman. Bisa jadi tanaman ini membusuk dan akhirnya mati.

Baca : Sejarah Bunga Mawar

7. Pencegahan Hama Tanaman | Pohon Kertas

Agar proses fotosintesis berlangsung dengan baik, tanam bunga bougenville di lahan yang mudah terkena sinar matahari. Jika tanaman ini terkena penyakit, segera potong bagian yang terkena penyakit tersebut atau semprotkan fungsisida. Tapi ingat, bougenville juga butuh masa kering, yaitu tidak perlu disiram untuk beberapa hari. Setelah itu, daun-daun menjadi kering dan kuncup bunga mulai tumbuh.

Tips Menanam Bunga Kertas dengan Benih

cara menanam bunga kertas
bunga kertas

Menanam bunga bougenville atau tanaman apa pun tentu membutuhkan benih. Oleh karena itu langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan benih sebelum ditanam. Benih bunga bougenville bisa anda dapatkan dari induk bunga yang berkualitas dan sudah berumur lama. Potong bunganya, lalu jemur di bawah cahaya matahari.

Jika sudah kering, ambil bunga tersebut, ambil biji bunga bougenville untuk dijadikan benih bunga yang baru. Anda harus menyemai biji via sekam padi, campuran tanah dan pupuk kandang. Perbandingannya kira-kira 1:1:1. lalu benamkan biji ke media semai dan siram secukupnya. Biarkan selama lebih dari 7 hari hingga benih berkecambah dan memiliki daun.

READ  ♥ Cara Membuat Papan Bunga Dengan Cepat dan Praktis

Bougenville termasuk tanaman yang mudah berbunga, dalam waktu satu bulan sejak menanam pun bougenville akan berbuga. Hanya saja, anda harus senantiasa merawatnya dengan baik, terutama penyiraman dan pemupukan.

Panduan lengkap cara menanam bunga kertas agar cepat tumbuh

cara menanam bunga kertas
bunga kertas

Selain di tanam di tanah luas, Bunga bougenville juga bisa ditanam di dalam pot. Cara perawatannya pun tidak berbeda kecuali pada takaran air dan pupuk saja. Tentu, jika anda menanam di lahan yang luas, hasilnya pun akan lebih besar dan lebat. Sebab, nutrisi yang ia dapatkan lebih banyak. Sementara jika anda menanam di pot, hasilnya tidak selebat di tanah luas.

Demikian sekilas informasi tentang cara menanam dan merawat bunga bougenville. Semoga anda dapat mempraktekkannya sendiri dan menanamnya di rumah anda. boleh saja rumah anda tidak terlalu bagus, tetapi jika anda mendesainnya dengan bunga-bunga yang indah, tidak menutup kemungkinan rumah anda akan semakin cantik.

Baca : 

Cara Menanam dan Merawat Bunga Mawar Rambat (Climbing Rose)

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

1 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar