Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Berbuat Baik Tak Pernah Menyesal

Agar dapat mengunjungi situs ini, harap matikan fitur Adblock saudara, ya!

img

♥ Bunga Lavender Tanaman Pengusir Nyamuk Bikin Mereka Lari Terbirit-Birit

/
/
798 Views

Meski banyak yang tak tahu namanya, tanaman pengusir nyamuk ini sering ditampilkan di iklan-iklan di berbagai televise. Hal ini karena bunga yang berwarna ungu ini memang memiliki khasiatnya mengusir nyamuk. Jika anda menanamnya di sekitar rumah, dijamin nyamuk bakal kabur terbirit-birit. Dengan begitu anda pun bisa tidur dengan pulas.

Tanaman pengusir nyamuk alias lavender adalah jenis tanaman rumput yang memiliki lebih dari 26 spesies. Oleh sebab itu, karakteristik morfologinya berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain. Meski demikian, secara umum tanaman ini memiliki bentuk menyirip dengan ditutupi bulu-bulu halus yang memiliki kandungan minyak esensial.

Sebagaimana disampaikan di atas, bunga pengusir nyamuk ini memiliki warna ungu, dan ini yang paling masyhur di kenal kebanyakan orang. Padahal, warna ungu hanyalah satu dari sekian banyak warna bunga lavender. Ada juga warna kuning, biru, ungu kehitaman atau kekuningan. Nah warna-warna itu biasa saling berdampingan dalam satu tangkai sehingga membentuk gradasi warna yang indah.

bunga lavender tanaman pengusir nyamuk beserta cara menanamnya
tanaman pengusir nyamuk

Manfaat Tanaman Pengusir Nyamuk (Bunga Lavender) Bagi Kesehatan

Meski terkenal dengan tanaman pengusir nyamuk, lavender juga memiliki bentuk yang indah, elok dan cantik. Bunga ini biasa dijadikan bahan untuk obat pengusir nyamuk. selain itu, aromanya yang eklusive juga bisa digunakan sebagain bahan campuran farfum. Bahkan belakangan baru diketahui kalau bunga lavender ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Beberapa manfaat bunga lavender si tanaman pengusir nyamuk ini bagi kesehatan manusia ini antara lain sebagai berikut.

1. Mengatasi insomnia
2. Mengatasi sakit perut karena iritasi
3. Mengatasi rambut rontok
4. Mencegah gigitan nyamuk
5. Antibakteri dan antivirus
6. Relaksasi otot
7. Mengendalikan mood

Parasnya yang elok menawan dengan aroma wangi yang plongg serta sejumlah manfaat untuk kesehatan manusia menjadikan tanaman pengusir nayamuk ini memiliki daya tarik tersendiri. Oleh sebab itu, nilainya pun cukup tinggi. Jika demikian, anda perlu tahu bagaimana cara menanam tanaman pengusir nyamuk sehingga anda bisa membudidayakannya.

READ  ♥ Cara Membuat Papan Bunga Dengan Cepat dan Praktis

Cara Menanam dan Membudidayakan Tanaman Pengusir Nyamuk (Bunga Lavender)

bunga lavender tanaman pengusir nyamuk beserta cara menanamnya
bunga lavender

Dengan demikian anda bisa mempraktekkan langsung di rumah anda. Baiklah, mari simak pemaparan alias tutorial menanam bunga lavender mulai dari pemilihan bibit hingga step by step sampai menghasilkan nilai ekonomis. Tahapannya adalah sebagai berikut:

1. Pilihlah Bibit Tanaman Pengusir Nyamuk (Bunga Lavender) yang Berkualitas
bunga lavender tanaman pengusir nyamuk beserta cara menanamnya
bunga lavender

Hasil terbaik dari tanaman apa pun senantiasa bertumpu pada kualitas bibitnya. Artinya, jika anda memilih bibit tanaman pengusir nyamuk yang baik, dimungkinkan hasilnya pun akan lebih baik. Tentu disamping harus dirawat dan senantiasa diperhatikan. Perlu diingat lagi, di muka bumi ini setidaknya ada 26 sampai 30 jenis bunga lavender. Mana yang terbaik?

Untuk mengetahuinya anda harus mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kelemahan setiap jenisnya. Terutama jenis apakah yang cocok dengan lingkungan geofrasi dan varian tanah di sekitar anda. Anda tidak boleh sembarang membeli bibitnya tanpa memperhatikan hal ini lebih dahulu. sekarang ini dia tips berikutnya untuk mengetahui bibit lavender yang berkualitas;

Pertama, ketika anda mencari bibit tanaman pengusir nyamuk (bunga lavender) anda harus membeli di toko yang khusus menjual aneka bibit. Ini tahap pertama yang harus anda lakukan. Sebab, dapat diduga kalau toko ini memang memiliki koptensi dalam hal perbibitan. Hal ini akan berbeda dengan toko yang menjual berbagai hal. Tentu sangat berbeda.

Kedua, jika anda sudah berada di toko khusus penjual bibit, berikutnya anda harus melakukan seleksi bibit-bibit tersebut. Nah, hal yang harus anda perhatikan adalah memilih bibit yang bersih, jangan memilih bibit yang kotor apalagi banyak serangga, kutu, semut dan sejenisnya. Gampang ko menentukan bersih, anda bisa lihat langsung dengan mata telanjang.

Ketiga, jika secara kasat mata anda sudah menemukan bibit tanaman pengusir nyamuk yang bersih, langkah berikutnya adalah melihat tanggal kadaluarsa. Jangan salah, bibit juga memiliki masa aktif. Jangan sampai memilih yang sudah kadaluarsa atau mendekati kadaluarsa. Intinya, pada tahap ini anda kudu memilih yang masih fresh.

Sebab, pada prinsipnya kualitas bibit tanaman pengusir nyamuk (bunga lavender) akan melemah fungsinya jika terlampau lama di simpan. Apalagi perawatan tempatnya kurang elegan. Jika anda memilih tanpa tips ini alias yang penting beli bibit, besar kemungkinan hasilnya pun akan jauh dari harapan.

READ  Cara Menanam Bunga Kertas (Bougainvillea) dengan Baik
2. Persiapan Media Tanam Bunga Lavender (Tanaman Pengusir Nyamuk)
bunga lavender tanaman pengusir nyamuk beserta cara menanamnya
lavender bunga lavandula

Jika bibit berkualitas sudah anda dapatkan, berikutnya anda harus menyiapkan media untuk menanam bibit. Pemilihan ini sangat penting bagi tanaman, jika anda melakukan kesalahan terkait media tanam nanti akan menyebabkan bibit tidak membuahkan hasil sebagaimana yang diinginkan. Perhatikan media tanam yang direkomendasikan beserta alat-alat yang diperlukan;

a. Polybag yang sudah dilubangi atau gunakan pot.
b. Styrofoam yang tebalnya 5 cm dan diameter sesuai dengan pot atau polybag
c. Tanah gembur
d. Pupuk kompos Pasir
e. Batu kerikil putih
f. Cetok

3. Penyemaian Bibit Bunga Lavender Tanaman Pengusir Nyamuk
bunga lavender tanaman pengusir nyamuk beserta cara menanamnya
bunga lavender

Proses penyemaian merupakan bagian terpenting. Pada bagian ini tidak sedikit yang mengalami kesulitan bahkan kegagalan diaman si bibit tanaman pengusir nyamuk malah tidak tumbuh. Tentu, jika bibit yang disemai tidak tumbuh, bunga lavender pun tak bisa dinikmati. Agar berhasil, perhatikanlah tata cara berikut ini;

a. Masukkan styrofoam ke dalam pot untuk lapisan terbawah
b. Campurkan pupuk kompos dengan tanah dan pasir dengan ukuran 1:1:1
c. Masukkan campuran itu ke dalam pot atau polybag
d. Buatkan lobang di tengahnya menggunakan cetok
e. Masukkan satu bibit untuk setiap pot atau polybag

f. Kemudian tutup pake tanam
g. Padatkan tanah
h. Siram bibit dengan air secukupnya
i. Taroh pot di tempat yang ramah sinar matahari
j. Pantau terus pertumbuhan kecambah pada bibit

Nah, penting untuk diketahui alasan mengapa pot harus dilapisi dengan Styrofoam. Ternyata hal ini berfungsi untuk menyerap lembap pada media tanam yang digunakan. Sebagaimana kita tahu Styrofoam memiliki tekstur kering sehingga mampu melakukan penyerapan tanah yang lembap. Mengapa? Karena tanaman pengusir nyamuk ini lebih nyaman di tanah yang tidak lembap.

4. Pemindahan Bibit Bunga Lavender Tanaman Pengusir Nyamuk
bunga lavender tanaman pengusir nyamuk beserta cara menanamnya
bunga pengusir nyamuk

Tujuan pemindahan bunga lavender adalah untuk menghasilkan tanaman yang lebih besar dan tinggi. Hal ini boleh dilakukan jika bibit bunga lavender sudah berkecambah dan ini biasanya dalam rentang waktu sebulan. Berikut ini akan kami sharingkan cara melakukan pemindahan bibit tanaman pengusir nyamuk ke lahan permanen yang lebih luas;

a. Buatlah jarak antara satu dengan yang lain sekitar 30 – 45 cm
b. Areanya terbuka yang memungkinkan sinar matahari masuk
c. Pastikan area tanah memiliki sirkulasi udara yang baik
d. Siram bibit bunga lavender satu jam sebelum dipintahkan

READ  Bunga Babys Breath, Filosofi, Arti, Cara Menanam dan Merawatnya.

e. Robek polybag atau pot secara perlahan
f. Pastikan tanahnya tidak hancur berantakan
g. Sekrang pindahkan ke lahan baru yang sudah disiapkan.
h. Padatkan dengan tanah
i. Pastikan tanaman berdiri tegak
j. Siramlah tanaman dengan air secukupnya. Bisa dipahami? hehe

5. Penyiraman Bunga Lavender Tanaman Pengusir Nyamuk

bunga lavender tanaman pengusir nyamuk beserta cara menanamnya

Kemudian lakukan penyiraman secukupnya pada tanaman di lahan baru. Jangan sampai kering dan jangan terlalu berlebihan menyiram. Semakin tanaman itu bertumbuh, ia semakin banyak membutuhkan air. Jadi pastikan anda senantiasa memberikan minum kepadanya. Pastikan pula agar air tersebut sesuai porsinya dan tidak menggenang.

6. Pemangkasan Bunga Lavender
bunga lavender tanaman pengusir nyamuk beserta cara menanamnya
pemangkasan bunga lavender

Tujuannya adalah untuk membantu tumbuhnya tuas baru dan juga untuk merapikan cabang-cabang yang tidak beraturan. Sangat dianjurkan agar anda melakukan pemangkasan setiap satu tahun sekali. Jika tanaman ini semakin meninggi, pangkaslah 1/3 dari keselurannya. Dijamin tanaman pengusir nyamuk ini akan terlihat semakin cantik.

7. Pemupukan Tanaman Pengusir Nyamuk

Agar tanaman pengusir nyamuk tumbuh dengan baik lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk organic. Tujuannya agar tanaman tetap fresh alias tidak layu dan pupuk organic lebih cocok untuk tanaman bunga lavender ini ketimbang pulpuk kimia. Pemupukan dilakukan ketika usianya mencapai satu bulan sejak awal penanaman.

Baca: Cara Budidaya Bunga Mawar

8. Proses Panen Bunga Lavender
bunga lavender tanaman pengusir nyamuk beserta cara menanamnya
panen bunga lavender

Proses memanen tanaman pengusir nyamuk sebetulnya bisa dilakukan berbarengan ketika anda melakukan pemangkasan. Hanya saja perlu anda cermat ketika memangkas, gunakan gunting potong atau pisau untuk melakukannya. Coba perhatikan langkah-langkah berikut ini;

a. Genggam tangkai lavender yang berbunga
b. Potong di bagian dasar batang yang dekat dengan daun.
c. Pisahkan bunga dengan bagian tangkai yang cara memotongnya
d. Ikatlah menjadi satu
e. Manfaatkan hasil panen anda.

Demikian sekelumit tentang tanaman pengusir nyamuk alias bunga lavender berikut cara menanamnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda sehingga anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Daripada menghabiskan banyak uang untuk membeli obat nyamuk, lebih baik anda menanam si ungu ini. di samping ekonomis juga memiliki nilai estetis.

Baca Juga:

Cara Membuat Papan Bunga Dengan Cepat dan Praktis

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar