Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Berbuat Baik Tak Pernah Menyesal

Agar dapat mengunjungi situs ini, harap matikan fitur Adblock saudara, ya!

img

20- Keutamaan Sedekah Berdasarkan al-Quran dan al-Sunnah [Lengkap]

/
/
1886 Views

Assalamu’alaykum Wr.Wb.

Pembaca yang budiman, terdapat banyak ayat al-quran dan Sunnah yang menjelaskan tentang keutamaan sedekah. Aktifitas yang sepintas terkesan sulit dan nampaknya merugikan ini justru sebaliknya karena memberi tak pernah mengurangi. Makanya sebuah kabar menyatakan, ما نقص مال عبد من صدقة بل يزداد بل يزداد بل يزداد /tidaklah berkurang harta seseorang yang disedekahkan, justru akan bertambah, bertambah dan bertambah.

Oleh sebab itu tak heran jika kita tidak pernah mendengar suatu cerita tentang orang kaya yang jatuh miskin gara-gara sering sedekah. Malah yang ada sebaliknya, orang miskin jadi kaya gara-gara sering sedekah, atau orang kaya jatuh miskin gara-gara jarang bersedekah. Nah, pada tajuk kali ini kita akan membicarakan keutamaan-keutaman sedekah.

1. Mendapat pahala yang berlipat ganda dari Allah Swt.

keutamaan sedekah
keutamaan sedekah

Dalam konteks ini Allah Swt berfirman di dalam surat al-Hadid ayat 18 yang berbunyi;

keutamaan sedekah

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul- Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. al-Hadid: 18)

Allah Swt juga berfirman di dalam qs. Al-Baqarah ayat 261 yang berbunyi;

Artinya: “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui.” (Q.s. al-Baqarah: 261)

2. Di akhirat akan mendapat naungan dari Allah Swt

keutamaan sedekah mendapatkan naungan di akhirat
keutamaan sedekah

Ada beberapa golongan yang akan mendapat naungan dari Allah Swt pada hari dimana tidak ada naungan selain darinya. Nah salah satu yang akan mendapat naungan tersebut adalah mereka yang gemar bersedekah. Hal ini sebagai hadits yang riwayatkan oleh Imam Bukhari sebagai berikut;

رجل تصدق بصدقة فأخفاها حتي لا تعلم شماله ما تنفق يمينه
Artinya : “Seseorang yang bersedekah dengan cara menyembunyikannya sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfakkan/disedekahkan tangan kanannya” (HR. Bukhari)

3. Bersedekah dapat memanjangkan umur

Sebagaimana hadits yang diriwayatkan Imam Tabrani, Rasulullah Bersabda “sesungguhnya sedekah yang dilakukan oleh seorang muslim dapat menambah umurnya, mencegah kematian yang suulkhatimah, Allah akan menghilangkan sifat sombong darinya, menghilangkan kefakiran dan sifat bangga terhadap diri sendiri”. (HR. Tabrani)

4. Sedekah bisa menghapus dosa

sedekah dapat ampunan
keutamaan sedekah

Rasulullah Saw pernah bersabda yan berbunyi:
والصدقة تطفيء الخطيئة كما تطفيء الماء النار
Artinya: “bahwasanya sedekah itu dapat menghapuskan kesalahan (dosa) sebagaimana air dapat memadamkan api.(HR. Tirmidzi)

Perlu menjadi catatan, yang dimaksud sedekah dapat menghapus dosa di sini adalah apabila orang yang bersangkutan bersangkutan bertaubat terlebih dahulu atas segala dosa yang dilakukan. Ini tidak berlaku bagi mereka yang salah kaprah memahami hadits di atas, disadari atau tidak, ada sebagian ahli maksiat menggampangkan maksiatnya dengan paradigma toh nanti bisa diampuni dosanya dengan sedekah.

Semisal koruptor, pebisnis riba, pelacuran dan seterusnya yang Nampak dari penghasilannya yang besar kemudian mereka terus bermaksiat. Dalam benaknya barangkali semua dosa mereka dapat ditebus dengan sedekah. Sekali lagi, ini hanya berlaku bagi mereka yang bertaubat terlebih dahulu. Wallahu’alam.

5. Sedekah dapat memberi keberkahan pada harta

kisah nyata keajaiban sedekah
keajaiban sedekah

Seperti yang kami sampaikan pada permulaan, sedekah tidak akan membuat seseorang menjadi miskin. Justru sebaliknya. Hal ini sejalan dengan apa yang Rasulullah tuturkan sebagaimana yang diriwayatkan Imam Muslim sebagai berikut;

ما نقصت صدقة من مال وما زاد الله عبدا بعفو إلا عزا
Artinya : “Tidaklah sedekah mengurangi harta, dan seorang hamba pemaaf pasti akan Allah tambahkan berupa kewibaan untuknya.” (HR. Muslim)

Yang dimaksud harta tidak akan berkurang dengan sedekah mencakup dua hal. Sebagaimana yang dituturkan dalam syarh sahih muslim, Imam Nawawi menjelaskan bahwa kedua hal itu adalah hartanya diberkahi oleh Allah Swt dan dihindarkan daripada bahaya, dan meskipun secara dzat harta berkurang tetapi pengurangan itu sebanding dengan pahala yang didapat dan belipat ganda.

Allah Swt berfirman di dalam surah Saba ayat 39 yang berbunyi:


Artinya: “Katakanlah: “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)”. dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, Maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezki yang sebaik-baiknya.” (Q.s. Saba : 39)

6. Sedekah bisa mengobati penyakit

Bukan hanya keutaman-keutamaan di atas, ternyata sedekah juga dapat mengobati penyakit. Disamping dapat menyembuhkan penyakit hati seperti pelit, pikiran kotor, negative thingking, sedekah juga dapat mengobati penyakit fisik. Ada sebuah Khobar mengatakan “obatilah orang sakit di antara kalian dengan cara bersedekah.”

7. Sedekah menjadi saldo kebaikan yang mengalir ke alam kubur

sedekah menerangi kubur
sedekah menerangi kubur

Seperti yang kita ketahui dalam sebuah hadits, tatkala manusia meninggal maka semua amalnya akan teruputs kecuali tiga perkara, salah satunya adalah amalan sedekah. Jadi bagi siapa pun yang ingin mendapatkan penerangan di alam kuburnya dan penerangan itu terus menerus tiada henti, hendaknya ia bersedekah selagi masih hidup.

8. Orang yang bersedekah terhindar dari bahaya

Disamping sedekah dapat berefek pada keberkahan harta dan mendatangkan pahala, secara praktis sedekah juga ternyata dapat menjadi tameng dari aneka bahaya. Sebagaimana sebuah hadits mengatakan “sedekah itu menutupi tujuh pintu kejahatan” dalam Khobar lain dikatakan “bersegeralah bersedekah karena bencana dan musibah tidak bisa mendahului sedekah”.

9. Pelaku sedekah akan dimasukkan ke surga tanpa hisab dan siksa

keutamaan sedekah membawa ke surga
keutamaan sedekah membawa ke surga

Setidaknya ada empat balasan bagi pelaku sedekah yaitu pertama, sedekah dibalas oleh Allah dengan sepuluh kali lipat. Sedekah ini seperti memberi kepada para fakir miskin. Kedua dibalas dengan tujuh kali lipat yaitu sedekah untuk keluarga. Ketiga dibalas dengan tujuh ratus kali lipat yaitu sedekah yang diberikan ke teman-teman. Keempat dibalas seribu kali lipat yaitu sedekah yang diberikan kepada para thaalibul ilmi alias para penuntut ilmu.

Tentu sedekah-sedekah yang dimaksud, termasuk yang dapat membawa ke surga tanpa hisab dan siksa adalah sedekah yang memenuhi syaratnya. Diantaranya adalah sedekah yang ditopang dengan keikhlasan yang tinggi, tanpa menyakiti, tanpa ria, tanpa pamrih dan tanpa tujuan siapa pun selain hanya mengharapkan ridha Allah Swt.

Demikian tulisan singkat mengenai keutamaan sedekah, semoga bermanfaat. Oya, perlu menjadi catatan bahwa segala aktifitas ibadah hendaknya disandarkan hanya untuk meraih ridho Allah swt. Adapun keutamaan-keutamaan yang akan didapat sebagaimana penjelasan, sebaiknya dinomorduakan. Meski demikian, tidak salah juga untuk disampaikan sebagai bahan motivasi untuk beramal. Wallahu’alam.

Baca Juga :

Kisah Nyata Keajaiban Sedekah Tiba-Tiba Dompet Berisi Duit

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar