Panci Presto : Cara Kerja, Manfaat dan Harganya (Lengkap)

Panci presto di jaman dulu kala hanya ada di restoran saja. Namun sekarang, ibu-ibu rumah tangga sudah banyak yang memilikinya. Bahkan belum afdhol rasanya jika di dapur rumah tidak ditemukan panci presto.

Masakan yang identik dengan penggunaan panci presto adalah bandeng presto. Sebuah ikan yang bisa dimakan hingga ke durinya karena menjadi lunak setelah di masak dengan panci khusus ini. Anda pernah melahap masakan ikan jenis ini? min yakin pasti pernah.

Supaya mom bisa semakin memanfaatkan panci presto di rumah, alangkah lebih baik jika mengetahui lebih dalam terkait kegunaannya. Dengan begitu, mom bisa menggunakannya semaksimal mungkin panci kesayangan mom ini. Baiklah, Yuk, kita sharing seputar manfaat panci presto, mom.

Cara Bekerja Panci Presto

Panci presto memiliki keunggulan dapat memasak lebih singkat. Hal ini terjadi karena panci ini dilengkapi dengan tutup panci yang sangat rapat menyebabkan uap di dalam panci tidak dapat keluar dan suhu di dalam panci akan menjadi sangat tinggi.

Dengan suhu di dalam panci yang sangat tinggi, membuat makanan jauh lebih sehat sebab dengan suhu didih tinggi membuat kuman serta mikroorganisme langsung mati. Kecepatannya mencapai 80% dibandingkan panci biasa. Kualitasnya pun lebih baik karena proses memasak yang sangat singkat.

BACA : Masakan Sunda Sehari-Hari Paling Makyus

Manfaat Panci Presto untuk Memasak

panci presto

cara kerja dan manfaat panci presto

Berikut manfaat penggunaan panci presto yang dapat mom rasakan.

1. Hemat Energi

Proses memasak yang cepat, mempengaruhi penggunaan energi seperti listrik sehingga lebih hemat. Pun tidak akan mengeluarkan uap minyak, jadi mom tidak ribet membersihkan dapur setelah memasak.

2. Nutrisi yang terjaga

Panci presto hanya membutuhkan waktu yang terbilang singkat dalam mematangkan makanan dan ini membuat kandungan nutrisi yang ada pada bahan makanan tetap terjaga dengan baik sehingga rasa dari hasil masakan akan jauh lebih nikmat sebab menggunakan sedikit air yang tidak akan mempengaruhi rasa makanan. (Baca Juga: Manfaat Energi Alternatif , Sumber Energi)

3. Makanan Lebih Sehat

Memasak dengan suhu tinggi akan membunuh segala bakteri yang ada pada makanan. Selain itu, dapat membuat duri ikan serta tulang ayam menjadi lunak dan aman untuk dikonsumsi .

4. Lebih Aman

Desain panci presto didesain aman untuk digunakan, dengan dilengkapi hingga enam buah katup serta sistem ventilasi untuk penjagaan keselamatan bagi pengguna. Serta untuk mencegah hal yang tidak diinginkan ketika memasak.

Mekanisme gasket dan proses melepas tekanan berlebihan akan disalurkan secara baik. Keunggulan lainnya, panci ini tidak banyak membutuhkan perawatan. Biasanya ibu-ibu suka yang simpel.

5. Serbaguna

Panci ini didesain multifungsi dengan beraneka ragam kegunaan pengolahan makanan, seperti merebus, menggoreng, mengukus, memanggang, dan lain-lain. Dengan alat ini, mom dapat memangkas pengeluaran untuk pembelian alat lainnya yang serupa. Selain itu, tempat di dapur pun lebih efektif penggunaannya.

6. Suhu Dapur Lebih Sejuk

Di wilayah tropis seperti di Indonesia, area dapur biasanya lebih panas suhunya saat memasak. Dengan penggunaan panci presto, uap panas akan tertahan di dalam panci, membuat dapur mom lebih sejuk dari biasanya.

7. Dapat Membuat Tulang menjadi Empuk

Keunggulan lainnya, panci ini dapat membuat tulang dan duri menjadi empuk. Urat serta daging dalam waktu yang sangat cepat pun menjadi empuk. Hal ini tidak dapat dilakukan dengan panci biasa.

8. Dapat Membuat Kue

Kabar gembiranya, panci ini dapat digunakan juga untuk membuat kue dengan tekstur lembut. Caranya mudah, yaitu dengan memberi alas kertas roti pada dasar panci, kemudian tuang adonan dan tutup panci hingga adonan matang sempurna.

9. Mudah Dibersihkan

Tutup panci yang sangat tertutup rapat, menyebabkan uap ataupun minyak tidak keluar dari panci ketika memasak. Inilah yang akan membuat mom senang, karena dapur mom akan selalu bersih dari noda setiap saat tanpa harus di pel terus ketika selesai memasak.

10. Anti Karat

Panci presto umumnya diproduksi menggunakan bahan stainless steel yang tahan karat. Sehingga awet dan tahan lama. Mom tidak perlu ada anggaran besar lagi untuk pembelian panci akibat karat yang muncul.

Ketika memilih, mom dapat memilih panci presto berbahan alumunium yang ringan dan harga terjangkau serta memiliki sifat konduksi panas yang baik. Kekurangan bahan alumunium adalah jika digunakan dalam waktu yang lama biasanya akan muncul bercak hitam di bagian bawah panci.

Pilihan lainnya adalah bahan material stainless steel. Bahan ini lebih kuat dan berat dan harga lebih mahal. Namun, bahan ini lebih tahan lama sehingga bisa lebih awet dan terjaga kualitasnya. Kekurangannya adalah konduktor panas kurang baik dibandingkan bahan alumunium.

BACA : Jajanan Sehat Anak SD yang Wajib Diketahui

Harga Panci Presto

panci presto

harga panci presto

Sementara harganya, tentu saja berbeda-beda tergantung ukuran besar kecilnya panci tersebut. Pun mereknya, sangat menentukan perbedaan harga. Pada tulisan ini min hanya memberikan gambaran umum saja ya, tidak detail sampai ke merek-mereknya dan materialnya. nah coba perhatikan daftar harga panci presto di bawah ini.

1. Kapasitas 4 Liter Rp. 120.000
2. Kapasitas 8 Liter Rp. 265.000 sd Rp. 500.000
3. Kapasitas 14 Liter Rp. 712.500

Naah, mom bisa pertimbangkan dulu kelebihan dan kekurangan sebelum membeli ya. Semoga tidak salah dalam memilih.

BACA JUGA :

69- Model Ventilasi Rumah Paling Unik

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.