Ciri – Ciri Skincare Berbahaya yang Harus Diwaspadai

Skincare Berbahaya – Dear para pecinta kosmetik dan kecantikan, hari-hari ini kita memang sedang heboh dengan maraknya berbagai skincare yang menggoda untuk dibeli.

Meskipun kita tahu tips awet muda untuk menjaga kecantikan itu tak melulu pake produk pabrikan, tetapi tetap saja yang namanya wanita mah kepengen terus tuh barang-barang begituan.

Padahal, jauh-jauh hari Badan Pengawas Obat dan Makanan udah pernah wanti-wanti agar kita tak menggunakan alat-alat kosmetik berbahaya yang pernah dirilisnya.

Atas dasar itu, min ingin mengingatkan kembali sekaligus memberikan guidance buat kaka-kaka sekalian agar hati-hati dengan produk skincare berbahaya.

Nah bagaimana cara mengenalinya? berikut min uraikan secara singkat, padat dan jewlas.

Ciri – Ciri Skincare Berbahaya

skincare berbahaya

ciri ciri skincare berbahaya

Sebetulnya tidak terlalu rumit mengenali sebuah produk kecantikan apakah membahayakan atau tidak.

Sayangnya, budaya kita masih minim untuk memperhatikan hal ini. Biasanya mereka langsung beli begitu saja dan langsung dipkae.

Giliran dapat ‘azab’ eh baru sadar dan baru baca-baca komposisi dan sebagainya atas produk yang sudah digunakan.

Nih, sekali lagi, sebelum pake produk skincare, kenali dulu tanda-tanda yang membahayakan. Di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Tidak Tercantum Izin BPOM

Ketika kaka hendak membeli produk skincare, hal pertama yang kudu dilakukan adalah mengecek produk tersebut apakah ada izinnya atau tidak.

Bukan hanya itu, ketika tertulis izinnya semisal dari BPOM atau lembaga kesehatan lain, kaka juga jangan langsung beli.

Lantas begimana?

Kaka pastikan kalau izin tersebut memang benar-benar resmi. Caranya gampang, buka situs BPOM dan pastikan apakah produk tersebut ada atau tidak ada di situs tersebut.

2. Aromanya Bau Menyengat

Nah, kalau ada produk skincare yang aromanya bau menyengat, sebaiknya nggak usah kaka pake.

Soalnya bau ini dikhawatirkan berasal dari parfum yang berlebihan dengan tujuan mengaburkan kandungan merkuri.

Memangnya kandungan merkuri berbahaya?

Iya bahan merkuri ini adalah kandungan logam yang bisa menghancurkan kulit dalam waktu yang lama.

Memang mulanya bisa menghilangkan noda hitam dan mempercepat pemutihan kulit. Tetapi dalam waktu lama, kandungan ini sangat berbahaya.

3. Panas dan Perih Ketika Digunakan

Produk-produk skincare yang menggunakan bahan berbahaya dari zat kimiawi, biasanya memiliki efek yang luar biasa pada kulit.

Misalnya kulit terasa perih dan panas ketika dioleskan proudk ini. Lalu kulit akan memerah, gatal dan sebagainya.

Kalau kaka mengalami gejala ini sebaiknya hentikan aja pemakaian kosmetik tersebut.

4. Kecanduan

Memang sih pada beberapa produk memiliki efek yang signifikan. Maksudnya ketika kaka memakai produk ini, kulit kaka langsung putih misalnya.

Bahkan berbagai kotoran termasuk jerawat bisa hilang dalam seketika.

Lalu ketika kaka berhenti menggunakan produk ini, tiba-tiba kotoran dan kulit kembali seperti semula dalam waktu singkat.

Akhirnya kaka harus menggunakan lagi dan lagi. Setiap upaya berhenti, kaka nggak bisa.

Nah kalau mengalami begitu, berarti kaka sudah kecanduan sebuah produk.

Mumpung belum lama, sebaiknya kaka harus segera berhenti menggunakan kosmetik tersebut.

Soalnya kalau tidak diambil tindakan, kaka akan terperangkap pada fenomena candu sehingga kaka nggak pernah bisa berhenti sampai kapan pun.

5. Kulit Putih Pucat

Sebetulnya kita bisa membedakan mana kulit yang putih secara alami dan mana kulit yang putih secara bajakan.

Nah, kalau bentuk dan permukaan kulit kaka mengalami perubahan ketika pake skincare, dan perubahannya nampak tidak merata dan tidak alami, sebaiknya kaka berhenti dari kosmetik tersebut.

Soalnya, min khawatir kosmetik tersebut memiliki kandungan kimiawi yang berlebihan.

6. Kulit Memerah Ketika Terkena Sinar Ultraviolet

Ini juga termasuk indikasi kalau skincare yang kaka gunakan termasuk skincare berbahaya.

Jadi, pada konteks ini kaka harus rajin bertanya kepada teman, apakah kulitnya memerah atau tidak terutama ketika berada di bawah terik matahari.

7. Krimnya Lengket dan Warnanya Mengkilap

Kaka juga sebaiknya menghindari krim yang memiliki warna mencolok dan bentuknya lengket ketika digunakan.

Soalnya dikhawatirkan krim tersebut mengandung zat berbahaya dalam takaran yang berlebihan.

Dengan demikian, tidak mustahil jika hal itu akan berdampak berbahaya bagi kaka kalau masih digunakan.

Demikian ketujuh tips mengenali skincare berbahaya. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga :

Daftar Bedak Paling Bagus 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.