Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Berbuat Baik Tak Pernah Menyesal

Agar dapat mengunjungi situs ini, harap matikan fitur Adblock saudara, ya!

Tips Perawatan Rambut Berhijab Paling Afdhal

/
104 Views

Tips Perawatan rambut menjadi keharusan bagi seorang perempuan, karena rambut adalah mahkotanya perempuan. Keindahan rambut akan menjadi poin plus bagi kecantikan seorang perempuan. Wajar banyak produk sampo yang menawarkan berbagai janji bagi keindahan rambut perempuan, karena sejatinya perempuan harus berusaha agar rambutnya terawat, bersih, wangi dan indah.

Masalah pada rambut selalu ditemui oleh siapapun. Sobat berhijab pastinya memiliki masalah rambut yang berbeda dengan sobat yang tidak berhijab. Sehingga perawatan rambut pun menjadi agak sedikit berbeda. Jika rambut yang tidak dihijab harus melindungi rambut dari sinar matahari, lain lagi dengan rambut yang ditutup rapat meskipun sudah aman dari sinar matahari.

Apa saja masalah yang biasanya muncul pada rambut yang tertutup hijab? Diantaranya adalah lembap, lepek, berketombe, atau agak berbau karena lembap. Lalu bagaimana perawatan yang tepat bagi rambut berhijab? Yuk, kita simak bareng ya.

Tips Perawatan Rambut Berhijab

1. Pilihlah sampo yang sesuai dengan jenis kulit kepala dan rambut
cara mandi agar kulit kinclong
cara mandi agar kulit putih

Karakter rambut berhijab biasanya lebih mudah berminyak dan mudah lembap, sehingga akan memicu ketombe menguasai rambut sobat dan pastinya menimbulkan rasa gatal. Karena itu, sobat bisa memilih sampo khusus yang diformulasikan untuk rambut berhijab.

READ  Nama Alat Make Up dan Gambarnya Terbaik 2019

Berkeramaslah 2 hingga 3 kali dalam sepekan, jangan setiap hari karena akan membuat hatimu rapuh, eh, rambutmu rapuh maksudnya. Kecuali jika rambut sobat sudah dalam keadaan kotor atau habis hujan-hujanan.

2. Biasakan menyisir rambut sebelum keramas
tips merawat rambut
menyisir sebelum keramas

Sisir rambut secara rutin agar rambut lebih rapi. Menyisir rambut sebelum keramas pun menjadi hal yang harus dibiasakan oleh sobat karena dapat menghindari rambut rontok. Setelah keramas, jangan lupa disisir kembali, sist. Supaya membantu melancarkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan dapat menghindarkan dari rambut kusut.

3. Keringkan rambut agar tidak lembap
tips merawat rambut
keringkan rambut

Sobat berhijab, pastikan rambut anda sudah dalam kondisi kering ketika memakai kerudung. Bisa menggunakan hair dryer, atau bisa juga ditunggu kering secara alami. Menggunakan kerudung dalam kondisi rambut basah dapat membuat ketegangan pada kepala, memaksakan rambut tertarik ke belakang sehingga menyebabkan rambut menjadi lemah.

Selain itu, rambut basah yang ditutup kepala akan membuat kulit menjadi lembap dan memunculkan bau kurang sedap.

4. Rutin menggunakan masker rambut
tips merawat rambut
masker rambut

Perawatan khusus untuk rambut perlu sesekali sobat lakukan. Menggunakan masker rambut secara rutin akan membuat rambut sobat menjadi lembut kerkilau, kuat dan sehat.

Perawatan ini dapat dilakukan di salon ataupun di rumah. Bisa dengan menggunakan jenis minyak seperti minyak zaitun, minyak almond atau minyak kelapa. Sobat juga dapat menggunakan lidah buaya atau membeli masker rambut di toko-toko. Masker rambut ini dapat digunakan 2 sampai 3 kali dalam sepekan.

5. Biarkan rambut tergerai
tips merawat rambut
rambut tergerai

Jika sedang bersantai di rumah, biarkan rambut sobat terurai atau tergerai sempurna. Sambil duduk di belakang rumah dikenai matahari, akan membuat rambut sobat menjadi lebih segar. Cara ini dilakukan agar rambut dapat sesekali bernafas dan menghilangkan stres yang dirasakan pada kepala atau kulit kepala.

READ  1001 Manfaat Minyak Jarak Untuk Wajah, Kulit dan Rambut [Ampuh]
6. Kendorkan ikatan rambut
tips merawat rambut
ikat rambut

Jika sobat berhijab memiliki rambut panjang, pasti setiap saat harus mengikat rambut agar tidak berantakan ketika menggunakan kerudung. Perlu diperhatikan dengan serius, bahwa mengikat rambut terlalu kencang akan membuat rambut mudah rontok.

Karena itu, kendorkan ikatan rambut agar tidak terlalu kuat dan tegang kepalanya. Setelah kerudung dibuka, sesegera mungkin lepaskan ikatan rambut, agar rambut dapat bernafas.

7. Gunakan model dan bahan hijab yang ramah terhadap rambut.
tips merawat rambut
jilbab simple

Sobat dapat memilih kerudung dengan dengan bahan serat alami seperti bahan katun, karena biasanya lebih sejuk digunakan dibandingkan dengan bahan dari serat sintetis. Model hijab pun pilihlah yang lembut agar tidak terjadi gesekan antara rambut dan kerudung.

Jika sobat beraktivitas seharian di luar ruangan, kemudian salah memilih bahan dan model hijab, maka bisa jadi sobat akan mengeluarkan banyak keringat, dan rambut pun menjadi lepek. Tentunya hal ini sangat mengganggu aktivitas sobat.

8. Beri asupan air, protein dan vitamin yang cukup bagi rambut
tips merawat rambut
vitamin rambut

Hal ini penting dilakukan agar kebutuhan nutrisi harian rambut dapat terpenuhi dan terjaga. Sekarang sudah banyak produk vitamin dan protein rambut di pasaran, sehingga mudah bagi sobat memilih yang sesuai dengan jenis rambut. Boleh juga sesekali konsultasi ke dokter.

Selain itu, dengan konsumsi sayuran, ikan, buah-buahan dan kacang-kacangan dalam menu makanan, ternyata dapat membantu menyehatkan rambut juga loh, sob. Hindari menu makanan yang dapat membuat rambut menjadi rusak diantaranya banyak mengkonsumsi gula, karbohidrat, makanan cepat saji, junk food, dan soda.

9. Tidur di bantal sutra
tips merawat rambut
bantal empuk

Sebum adalah sekresi berminyak dari kelenjar sebaceous. Nah, penggunaan bantal sutra dapat mengendalikan sebum ini, sob. Sebenarnya sarung bantal kapas tradisional pun dapat meredam sebum dalam semalam, namun lebih bagus jika menggunakan bantal sutra.

READ  ♥ 7 Jurus Jitu Jualan Online Ini Bikin Untung Milyaran Rupiah [Manjur]
10. Hijab sangat bermanfaat bagi rambut
tips merawat rambut
jilbab simple

Perlu sobat pahami, dengan menggunakan kerudung maka rambut sobat dapat terhindar dari berbagai kotoran dan melindunginya dari bakteri. Luar biasa bukaan?

Jadi, menggunakan hijab itu berpahala dan bermanfaat bagi rambut sobat. Masalah rambut yang muncul dapat diatasi dengan perawatan yang teratur dan tentunya dengan menjalani pola hidup yang baik.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar