212 Manfaat Ganggang Biru | Suplemen Kaya Nutrisi

Manfaat Ganggang Biru – Salah satu spesies unik dan langka yang bisa didapatkan di ekosistem laut diantaranya adalah ganggang biru atau cyanobacteria yang berasal dari kingdom Monera atau kingdom jenis bakteri. Warna aslinya adalah biru kehijauan. Cyanobacteria dikenal sebagai ganggang atau alga karena ganggang biru ini mempunyai klorofil yang membuatnya menjadi berbeda dibandingkan jenis bakteri lain.

Ganggang biru memiliki kandungan yang kaya manfaat, karena itu ganggang biru banyak dimanfaatkan di dunia kesehatan. Tak tanggung-tanggung, pemanfaatannya pun bisa diperuntukan untuk mencegah penyakit-penyakit mengerikan.

Adapun kandungannya, ganggan biru memiliki glikogen yang dapat mengubah glukosa menjadi insulin, juga memiliki phycocyanin yang berfungsi sebagai antioksidah dan anti inflamasi. Lantas, apa saja sih manfaat Ganggan Biru?

Manfaat Ganggang Biru untuk Kesehatan

Perlu diketahui bahwa ganggang biru hidup di perairan tawar yang lembab. Sementara cara berkembang biarknya, ganggang biru melakukan pembelahan, fragmentasi dan pembenetukan spora khusus yang kemudian disebut akinet. yang dimaksud dengan fragmentasi adalah cara berkembang biak dengan memutuskan bagian tubuhnya lalu membentuk fragmen-fragmen yang kemudian menjadi individu baru.

Untuk mempersingkat tulisan, berikut ini kami langsung saja share beberapa manfaat yang dapat ditemukan dari ganggang biru. Di antaranya sebagai berikut :

1. Menangkal Radikal Bebas

Untuk menangkal radikal bebas, yang dibutuhkan tubuh adalah zat antioksidan. Tubuh manusia tidak dapat memproduksi zat ini dengan sendirinya, sehingga membutuhkan suplemen untuk dikonsumsi. Karena itu, beberapa penelitian sudah dilakukan untuk membuktikan bahwa dalam ganggang biru terdapat antioksidan aktif yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

2. Berfungsi Sebagai Energi Cadangan

Klorofil yang dimiliki oleh ganggang biru dapat mengubah sinar matahari menjadi sumber energi. Karena itulah, ganggang biru ini sangat baik untuk sumber energy cadangan karena mengandung berbagai nutrisi baik seperti beta karoten, vitamin C, dan asam folat.

BACA : Manfaat Honje untuk Kesehatan, Honje Pandeglang Luar Biasah

3. Membantu Menurunkan Kolesterol

Kolesterol jahat dalam tubuh harus dimusnahkan karena banyak menyebabkan penyakit pada manusia. Nah, dalam ganggang biru terdapat senyawa aktif yang dapat menurunkan produksi kolesterol jahat ini, dengan kinerja berkebalikan yaitu mengoptimalkan produksi kolesterol baik dalam tubuh. Tentunya hal ini sangat menguntungkan tubuh manusia.

4. Anti Inflamasi

Inflamasi dapat memunculkan masalah kesehatan seperti diabetes, kanker hingga masalah pada jantung. Karena itu, dengan mengkonsumsi ganggang biru, maka dapat meminimalisir potensi terkena inflamasi.

5. Mengandung Senyawa Anti Kanker

Mengkonsumsi ganggang biru dapat mencegah pengaruh buruk radikal bebas sebagai pemicu utama penyakit kanker, karena di dalamnya mengandung antioksidan dan anti inflamasi.

6. Meningkatkan Kecerdasan

Terdapat penelitian di Nikaragua, yaitu negara dengan kasus gizi buruk yang tinggi. Dengan treatmen pemberian ganggang biru sebagai salah satu sumber nutrisi memperlihatkan adanya pengaruh besar dalam peningkatan kecerdasan dan kesehatan pada anak tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa konsumsi ganggang biru memberikan manfaat kesehatan dan kecerdasan yang sangat besar bagi siapapun.

7. Mengurangi Gejala Darah Tinggi

Mengkonsumsi ganggang biru dapat meningkatkan nitric oxide yang berguna untuk mengurangi gejala darah tinggi dan mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.

8. Mengatasi Gejala Anemia

Anemia terjadi ketika kadar haemoglobin dalam darah tidak cukup. Ganggang biru mengandung mineral tinggi yang dapat membantu mengembalikan kadar haemoglobin ke level normal sehingga dapat mengatasi anemia.

BACA : Belum Bisa Hamil? Konsumsi Buah Ini!

9. Suplemen untuk Kesehatan Otot

Spirulina yang banyak dikonsumsi para atlet sebenarnya adalah ganggang biru atau cyanobacteria. Mengkonsumsinya dapat meningkatkan kesehatan otot, karena itu para atlet banyak mengkonsumsinya. Tentunya dikonsumsi secara teratur dan sesuai resep dokter.

10. Tinggi Protein

Ganggang biru sangat tinggi kadar protein, sehingga dapat membuat tubuh manusia menjadi lebih sehat dan berenergi.

11. Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

Penelitian pada penderita diabetes tipe 2 pernah dilakukan, yaitu dengan memberikan suplemen ganggang biru secara teratur. Hasilnya selama dua bulan, para penderita ini mengalami penurunan kadar gula darah yang signifikan sekitar 8%-9%.

Perlu dicatat juga, bahwa selain kandungan manfaat yang besar, ganggang biru juga memiliki kemampuan mengikat nitrogen, yang mengakibatkan keracunan serius jika mengkonsumsinya secara langsung. Karena itu, perhatikan anjuran dari dokter untuk mengkonsumsinya.

Artikel Favorit :

Manfaat Teripang Laut untuk Wajah Cantik & Tubuh Sehat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.