Manfaat Hujan Petir, Nomor Terakhir bikin Kepo!

Manfaat Hujan Petir – Hey, sobat, musim hujan begini fenomena langit yang paling menyeramkan apa hayo? Yaps benar, geludug dan petir. Siapapun pasti akan terkaget-kaget, ketika peristiwa ini terjadi, biasanya kita harap-harap cemas sambil tutup telinga, dan membaca berbagai doa.

Selain itu, kita pun biasanya urung untuk keluar rumah. akhirnya kita hanya berdiam diri di dalam rumah sampai hujan petirnya reda.

Tentu saja hal itu dilakukan karena mempertimbangkan aspek keamanan. Sebab kita mendengar banyak cerita ada  yang tersambar kilatan yang mengerikan ini.

berita terakhir, ada seorang penggembala kerbau beserta kerbaunya tersambar hingga hangus. Uhh…semoga khusnul khatimah, ya sobat.

Sebegitu menyeramkannya, sampe-sampe tidak ada lagi yang berani memandang langit tatkala kejadian hujan petir berlangsung.

Kendati demikian menakutkannya, sobat tetap harus positif thingking kepada Sang Pencipta petir. Terbukti, ternyata petir ini memiliki berjuta manfaat bagi kehidupan manusia. Serius!

Dari sinilah mimin semakin takjub akan kuasanya Allah, Sang Pencipta. Setiap ciptaan-Nya selalu memiliki manfaat. Tak tanggung-tanggung, manfaatnya pun amat banyak.

Makanya, kalau petir -yang menyeramkan aja- memiliki banyak manfaat, apalagi kita manusia, pastinya lebih berpotensi memiliki manfaat yang lebih besar lagi.

Kalau begitu, jangan lagi pesimis dan putus asa di dalam hidup ini ya, sob. Kalau pesimis dan putus asa, malu lah sama petir. yang menyeramkan aja punya manfaat apalagi kita yang ganteng2 dan cantik2 ini. Hah kita? gue aja kale. hiks.

Faktor Terjadinya Petir

Sebelum ke manfaat petir, coba kita kaji dulu apa sih penyebab terjadinya petir. nah, usut-punya usut, ternyata petir terjadi lantaran adanya perbedaan potensial antara bumi dengan awan, atau antara sesama awan.

Selain itu, proses terjadinya petir juga diakibatkan sebagai berikut :

  1. Akibat pergerakan awan yang masif dan terus menerus. Awan-awam ini akhirnya saling berinteraksi satu sama lain yang menyebabkan adanya awan bermuatan positif dan awan bermuatan negatif.
  2. Akibat perbedaan potensial bumi dengan awan yang cukup besar, akhirnya terjadi pembuangan muatan negatif dari awan ke bumi agar mencapai keseimbangan. Proses pembuangan elektron (muatan negatif) ini terjadi melalui udara.
  3. Ketika elektron menembus ambang batas isolasi udara, akhirnya terjadi ledakan yang sangat keras. Ledakan ini kita sebut dengan geludug alias petir.

BACA : Manfaat Ganggang Biru yang banyak Tak Tahu

Manfaat Hujan Petir

Agar kita terhindar dari kejadian mengerikan ini, kita harus melakukan langkah preventif. Di antaranya menggunakan satelit dan weather station yang dapat membantu manusia untuk memperkirakan kapan datangnya hujan petir.

Nah, lantas apa saja sih manfaat petir bagi kita ? berikut jawabannya :

1. Menghabisi Kuman dan Bakteri

manfaat hujan petir

manfaat hujan petir

Jika sobat termasuk yang anti dengan hal yang kotor-kotor, tentu sobat akan tercengang dengan fakta ini.

Ternyata kuantitas kuman dan bakteri yang melayang-melayang di udara, banyaknya sampai mencapai jutaan bahkan milyaran. Waw, banyak sekali kan.

Kuman dan bakteri ini jumlahnya sangat banyak sekali, apalagi di tempat-tempat kotor seperti tong sampah, kali, selokan dsb. Ketika hujan turun, awan melingkupi permukaan bumi dan akan membuatnya terasa panas.

Lalu kadar air yang semakin meningkat di udara, akan mengakibatkan udara menjadi lebih lembab sehingga menjadi kondisi yang berpotensi untuk menumbuhkembangkan bakteri dan kuman.

Nah, ketika muncul sambaran petir, otomatis kuman dan bakteri di udara yang dilewati menjadi mati. Waw keren, tapi kenapa bisa begitu? Heemm, ini disebabkan karena petir itu memiliki muatan energi listrik yang sangat besar.

Ditambah sambaran petir itu akan meningkatkan suhu daerah tersebut sehingga hanya sekilat saja bisa langsung menghabisi kuman dan bakteri yang dilaluinya.

Jadi, bersyukurlah wahai sobat sekalian. Ternyata sesuatu yang kita anggap menyeramkan dapat membantu kita dalam membersihkan udara di sekitar kita. Luar biasanya lagi, plasma petir yang sangat tinggi itu menjadi faktor  sehat dan nyamannya udara kita. Luar biasaaa, ini no bokis, brow!

Kalau begitu, jangan sesekali menghujat-hujat petir lagi yaa.

2. Memelihara Kesuburan Tanah

manfaat hujan petir

petir memelihara kesuburan tanah

Manfaat lain dari petir yang tak kalah mencengangkan adalah menyuburkan tanah. Ko bisa? Logikanya begini, sob, ketika petir menyambar ternyata sambil memproduksi lapisan ozon dan reaksi-reaksi kimia antara udara dengan air hujan yang sedang turun ke bumi. Salah satu zat kimia yang ada di bumi adalah nitrogen.

Maka, ketika nitrogen yang terdapat di lapisan atmosfer ini tersambar petir maka akan turut bereaksi dengan air hujan.

Pada saat itulah, air hujan yang turun ke tanah akan membawa unsur hara ke dalamnya, yang pastinya akan membuat tanah menjadi semakin subur.

Jadi, peristiwa sambaran petir saat hujan itu seperti ‘pabrik urea’ yang sedang menghasilkan unsur hara bagi tanah.

Spektakuler kan, bro? semakin takjub diri ini pada Sang Pencipta yang sudah mengatur alam ini dengan rapi dan menakjubkan.

3. Sumber Energi Listrik

manfaat hujan petir

manfaat hujan petir

Sebelumnya, energi listrik yang dihasilkan petir belum menghasilkan manfaat. Kemudian, ilmuwan Brasil mengadakan penelitian hingga akhirnya menemukan manfaat besar dari sumber energi listrik alami tersebut.

Dimulai oleh Fernando Galembeck dan timnya di laboratorium, ia mengatakan bahwa mereka berhasil menemukan proses reaksi kimia yaitu dengan mensimulasikan reaksi uap air dengan partikel debu yang terjadi di atmosfer bumi.

Selain itu, para ahli kimia dari Universitas Campinas di Brazil juga menyatakan bahwa mereka telah membuat penelitian dan menyimpulkan bahwa mereka saat ini sudah mengetahui bagaimana listrik terbentuk dan dilepaskan di atmosfer.

BACA : Jenis – Jenis Fitting Lampu Paling Bagus

4. Petir Dapat Memproduksi Ozon (O3)

manfaat hujan petir

manfaat hujan petir untuk ozon

Bumi ini diselimuti oleh lapisan ozon. Yaitu sekumpulan udara di atmosfer yang melindungi bumi dari radiasi sinar matahari (ultraviolet/UV) yang berbahaya bagi kehidupan.

Dengan adanya lapisan ozon, maka sinar UV yang sampai di bumi jumlahnya tidak terlalu membahayakan.

Lalu bagaimana lapisan ozon ini terbentuk dengan adanya petir? Jadi, ceritanya begini. Petir memiliki fungsi untuk memicu terjadinya reaksi kimia dari O2 menjadi O3. Nah, O3 inilah zat yang terdapat pada lapisan ozon.

Begitulah kira-kira sob, manfaat ini. Mulai saat ini kita mesti banyak-banyak terima kasih pada petir. Karena kehadirannya sudah membuat kehidupan kita semakin terlindungi melalui produksi ozon ini. Akhirnya kita pun terhindar dari bahaya sinar UV. Demikian semoga bermanfaat!

BACA : Mesin Penyedot Debu Otomatis Paling Mencengangkan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.