Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Berbuat Baik Tak Pernah Menyesal

Agar dapat mengunjungi situs ini, harap matikan fitur Adblock saudara, ya!

img

8 Cara Mengatasi Preparing Automatic Repair Windows 10 Laptop Lenovo

/
/
15460 Views

Dear para pembaca yang budiman, baru saja dua hari ketika saya beli laptop Lenovo yang sudah dilengkapo OS Windows 10 tiba-tiba terjadi blue screen. Tertulis di layer laptop tulisan LENOVO dan di bawahnya bertuliskan Preparing Automatic Repair. Karena saya tidak tahu penyebabnya, saya tunggu saja tulisan itu hingga laptop berfungsi kembali. Eh ternyata sampe 3 jam setengah tak kunjung selesai.

mengatasi lenovo automatic repair windows 10
preparing automatic repair leaptop lenovo

Ada yang mengalami begitu? Nah berikut ini saya akan berbagi tips dan trik mengatasi preparing automatic repair windows 10 pada laptop Lenovo dan juga laptop lainnya yang menggunakan windows 10. Yang jelas, jika itu terjadi pada laptop anda jangan sekali-kali dibiarkan dan ditunggu. Kayaknya sampe lebaran monyet pun tulisan tersebut tak akan hilang. Padahal kan bisa jadi para pembaca sedang butuh banget menggunakannya. Berikut ini tipsnya;

1. Lakukan Hard Restart Windows

Pertama-tama anda matikan laptop anda, tungguh sampai beberapa lama, ya kira-kira dua sampe tiga menitlah. Kemudian anda copot charger, copot batere laptop, dvd, flashdisk dan sebagainya. Pokoknya semua piranti yang nyambung ke laptop harus dilepas semua. Nah sekarang anda tahan nafas dulu, berdoa, lalu pasang kembali chargernya dan nyalakan laptopnya. Mudah-mudahan Windows dapat boot seperti biasa. Berhasil? Jika belum, lakukan langkah kedua.

READ  Ini Dia Penyebab Munculnya Tulisan Automatic Repair System

2. System Restore

Nah, kalau preparing automatic repair masih majang di laptop anda, sekarang coba anda lakukan cara ini, system restore. Tahu kan artinya? Caranya, pertama-tama restar PC, kemudian tekan tombol F8 pas startup PC. Anda juga harus berkali-kali cara menekannya. Lalu masuk ke Safe Mode, kemudian nanti akan muncul menu Windows Repair Tool. Di situ anda pilih System Restore.

Pada opsi tanggal, anda pilih tanggal sebelum terjadinya insiden tersebut. Lalu lanjutkan proses sampai restart. Kalau cara ini berhasil, windows pasti boot dengan lancar. Kalau masih bandel, yah anda harus lakukan langkah ketiga. Mudah-mudahan sih berhasil. 😊

3. Lakukan mengulang Proses Automatic Repair

Lakukan restart PC lalu masukan DVD instalasi Windows 10 dengan mengubah urutan boot ke DVD dulu. Klik saja next pada layar windows setup, pilih layout keyboard dan pilih juga metode input, kemudian pilih menu repair your computer pada prompt windows tool, lalu pilih troubleshoot dan klik advanced option lalu pilih automatic repair dan pilih bagian system operasi yang mau di repair.
Nah, sekarang anda tinggal tunggu saja proses repair dan restart. Kemudian anda cek windows, sudah boot dengan normal atau belum. Selamat mencoba. Masih belum bisa juga? Jangan kuatir gan, lakukan cara keempat seprti di bawah ini.

4. Perbaiki Sektor MBR dan Boot

Caranya, anda masuk ke menu Windows Repair Tool, lalu klik Command Prompt ketika computer menampilkan prompt password administrator di console. Lalu ketik perintah di console:
bootrec /fixMBR, tekan Enter;
bootrec /fixboot – tekan Enter;
bootrec /rebuildBCD – tekan Enter;
Restart PC lalu cek sudah normal atau belum.

READ  Ini Dia Penyebab Munculnya Tulisan Automatic Repair System

5. Menjalankan SFC

System File Checker (SFC) dapat digunakan untuk upaya perbaikan file system windows. Caranya, buka terlebih dahulu command prompt seperti cara di atas lalu ketik perintah
Sfc/scanow kemudian tekan tombol enter
Restart lagi lalu periksa apakah windows sudah boot dengan normal atau belum. Mudah-mudahan bisa.

6. Nonaktifkan Automatic Repair

Sebenarnya cara ini tidak direkomendasikan kecuali kalau anda memahami teknis perintah command prompt yang berkaitan dengan pemartisian dan utilitas system windows. Setelah fitur automatic repair didisable, ia tidak akan pernah ada lagi. Tapi gantinya kita mesti mendiagnosi secara manual jika nanti bermasalah lagi. Caranya mendiagnosa manual ya melalui tool Command Prompt.

Mau dengan cara ini? Pertama buka Command Prompt dgn hal akses administrator. Lalu ke start menu, ketik Command Promp kemudian klik kanan di icon Comand Prompt. klik saja Run As Administrator. Setelah itu di jendela command prompt, ketik dengan : bdedit/set rocoveryenabled NO restart pc. Nah, kalau nanti mau aktifkan automatic repair lagi, anda tinggal ganti saja NO ke YES dengan cara semula.

7. Instal ulang Windows

Ini cara kedua terakhir, yaitu dengan menginstal ulang windows. Tentu dengan clean-instal. Artinya anda akan menghapus OS Windows plus besertai partisi sistemnya. Cara ini dijamin berhasil sebab seperti menginstal ulang laptop yang baru dibeli. Tapi resikonya ya cape juga, harus install ulang lagi semua aplikasi. Tentu saja akan menghapus lisensi windows jika anda menggunakan license windows original jenis OEM.

8. Jika dari cari kesatu hingga ketujuah tak ada satupun yang anda ketahui, sebaiknya anda bawa saja ke tukang service atau ke tempat anda membeli kaptop tersebut. Hehe

Demikian seputar Repair Automatic Windows yang bikin menyebalkan itu. Saya sendiri sudah mencoba beberapa cara di atas. Dan ada yang berhasil. Cuma saya lupa persisnya caya mana yang saya gunakan saat itu. Semoga bermanfaat ya,

READ  Ini Dia Penyebab Munculnya Tulisan Automatic Repair System

Oya, agar masalah anda segera selesai, perbanyaklah berbuat baik kepada orang lain. Kami himbau agar anda berkenan mengklik iklan di tulisan ini. Hehe. Jika pun tidak, kami tidak keberatan. Semoga kebaikan menyertai anda!

Yang suka ngehits di pantai, coba deh buka situs ini : daarulaman

BACA JUGA:

Ini Dia Penyebab Munculnya Tulisan Automatic Repair System

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar