Menu Sehat Saat Berbuka Puasa | Tips & Trik Terlengkap

Menu Sehat Saat Berbuka Puasa – Setelah seharian berpuasa, tentunya perlu untuk mengembalikan energi dan cairan dalam tubuh melalui menu berbuka puasa.

Sehari tidak makan dan minum, membuat cairan dalam tubuh akan banyak berkurang. Jika tidak dikembalikan kadarnya, maka bukannya tidak mungkin sobat mengalami dehidrasi.

Selain minuman, makanan sehat pun dibutuhkan ketika berbuka puasa. Tujuannya agar zat-zat yang diperlukan oleh tubuh dapat segera dipulihkan kembali.

Dengan begitu anda akan selalu fit menjalankan ibadah-ibadah ramadhan baik tilawah, tarawew, qiyamul lail lainnya dan sebagainya.

Untuk itu, berikut mimin akan sampaikan panduan menu berbuka puasa yang sehat untuk tubuh. Tidak nguluk-nguluk, min hanya sharing informasi ringan dengan isi yang ringan. Semoga bermanfaat, ya.

Makanan sehat ketika berbuka puasa

Makanan dan minuman manis sangat dianjurkan ketika berbuka puasa. Eits, tapi jangan sekedar manis saja, sobat mesti memperhatikan juga kadar gizinya.

Kalau yang penting manis, makan sambil liatin istri juga manis. upps. bukan itu ya maksudnya. Berikut tips menu sehat berbuka puasa :

1. Menu Takjil

kurma terbaik di dunia

Kurma Deglet Noor

Memilih takjil perlu dicermati kesehatannya, seperti sari buah alami atau jus. Sari buah alami biasanya mengandung sedikit serat, hal ini akan membuat penyerapan zat dalam tubuh menjadi sangat cepat dan tubuh akan segera kembali berenergi.

Buah kurma yang segar pun dapat menjadi pilihan menu takjil sehat. Sobat dapat memilih kurma yang kulitnya keras, karena kadar seratnya masih tinggi.

Selain itu, sobat dapat juga memilih menu takjil lainnya seperti sop buah dengan pemanis madu bukan gula, salad buah segar, agar-agar, dan buah segar.

Pilihan takjil ini akan membuat sobat segar dalam menjalankan ibadah solat magrib dan terawih.

BACA : Pengen Cepat Hamil? Konsumsi Jenis Kurma Langka Ini!

2. Menu Makan Berat

menu buka puasa paling sehat

ikan bakar buka puasa

Sobat dapat memilih lauk sehat yang cukup nutrisi. Seperti ayam panggang atau rebus, ikan bakar, aneka sop, kentang, sayur tumis, pecel, dan lainnya. Menu ini aman juga bagi para pelaku diet yang sedang menjalankan puasa.

3. Menu Jajanan Sehat

kue tradisional

kue apem

Untuk jajanan sehat ketika berbuka puasa, sobat dapat menghindari berbagai makanan yang digoreng. Pilih makanan jajanan tradisional untuk berbuka puasa yang menyehatkan, seperti apem kukus, kue pisang, klepon, serabi, dan sebagainya.

Kesalahan saat berbuka puasa

Banyak yang salah kaprah ketika berbuka puasa, diantaranya adalah menghidangkan berbagai makanan yang diinginkan dalam porsi yang besar dan tidak memperhatikan gizi.

Sehingga mengakibatkan pencernaan terganggu, keram perut, mual bahkan muntah. Berikut kesalahan yang biasanya dilakukan ketika berbuka puasa:

  1. Makan dan minum terburu-buru, hal ini dapat mengganggu sistem pencernaan. Karena itu, berbukalah secara perlahan-lahan dengan porsi makanan secukupnya.
  2. Minum kopi. Hal ini dapat membuat asam lambung menjadi encer, membuat kembung dan mengganggu pencernaan. Hindari kopi dan minuman berkafein lainnya dalam berbuka karena akan meningkatkan rasa haus dan menghilangkan cairan tubuh.
  3. Makanan pedas. Hal ini dapat mengakibatkan merangsang kambuhnya sakit maag dan diare pada orang-orang tertentu.

Yuk, jalani ramadhan sehat dan berkah. Salah satunya dengan memperhatikan asupan nutrisi dan gizi pada tubuh ketika menentukan menu berbuka puasa yang sehat.

BACA JUGA : 

7 Kurma Terbaik di Dunia yang Lagi Viral – 2020

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.