Manfaat Daun Bidara Bikin Geleng Kepala

Manfaat Daun Bidara – Pernah dengar nama pohon bidara? Kalau di kampung-kampung Namanya sering disebut widara, sementara di arab pohon ini disebut “sidr”. Umumnya pohon ini tumbuh di daerah kering sekitar 1000 meter di atas permukaan laut.

Dari mana asal pohon bidara ini? usut punya usut, ternyata mulanya berasal dari asia tengah lalu menyebar ke berbagai wilayah terdekatnya hingga ke Australia. Setelah itu, akhirnya banyak yang membudidayakannya, terlebih lagi secara ekonomi cukup menjanjikan.

Adapun karakteristik pohon bidara, ia memiliki ketinggian 5 sampai dengan 16 meter, daunnya memiliki duri, ranting dan cabangnya sangat banyak. Selain itu, daun bidara yang masih muda sering diolah oleh emak-emak untuk dijadikan sayuran dan lain-lain.

Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pohon bidara yang sering kita jumpai di Indonesia adalah pohon bidara arab. Pohon ini memiliki manfaat yang sangat beragam. Namun umumnya daun pohon ini sering digunakan untuk kegiatan rukiyah karena dianggap dapat mengusir jin.

manfaat daun bidara

daun bidara

 

Padahal, secara kesehatan ternyata daun bidara juga punya manfaat lain yang lebih logic. Nggak percaya? Mari kita perhatikan satu per satu manfaat daun bidara :

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun bidara punya khasiat untuk menjaga kesehatan jantung. Proses kerjanya, anda tinggal konsumsi saja daun pohon ini dengan cara dibuat jus. Ketika kita memakannya, maka berbagai penyakit yang berasal dari makan akan diseimbangkan dan distabilkan oleh ramuan jus ini.

BACA : Cara Mengolah Daun Kelor untuk Kesehatan

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Selain untuk jantung, daun bidara juga memiliki manfaat untuk mempercepat penyembuhan luka. Alasan ilmiahnya karena daun ini memiliki sisfat antiinflamasi dan antibakteri sehingga kaki yang lecet, kena sayatan, luka dan sejenisnya dapat dengan mudah kering dan sehat kembali.

3. Baik untuk Sistem Pencernaan

Manfaat daun bidara juga sangat positif untuk kesehatan pencernaan. Di antaranya mampu mencegah infeksi, membunuh racun, mengeluarkan zat-zat racun dalam pencernaan yang memiliki resiko terjadinya berbagai gangguan kesehatan. adapun cara konsumsinya, anda bisa meminum air rebusan daun bidara atau meminum teh daun bidara yang sudah jadi.

4. Mengatasi Gangguan Tidur

Bagi anda yang mengalami insomnia alias susah tidur alangkah baiknya mengkonsumsi daun ini. pasalnya daun bidara memiliki kandungan saponin yang bisa memberikan efek ketenangan pada tubuh seseorang. Dengan begitu, tidur pun semakin berkualitas.

5. Menurunkan Risiko Diabetes

Hingga saat ini penyakit diabetes masih menjadi momok yang menakutkan. Untuk menghindarinya, anda bisa melakukan langkah preventif dengan cara mengkonsumsi daun bidara. Pasalnya daun ini diklaim mampu menurunkan kadar gula darah yang menjadi penyebab utama terjadinya diabetes.

6. Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Kulit putih bersinar dan lembut merupakan dambaan setiap wantia. Dari pada melakukan berbagai upaya medis dan modern lainnya untuk memiliki wajah seperti itu, alangkah baiknya anda melakukan cara tradisional yang murah meriah dan hasil yang wah.

Ya, daun bidara ini ternyata punya khasiat melembutkan kulit, meremajakannya kembali dan memberi proteksi dari sinar ultaraviolet yang bisa merusak kulit. singkatnya, wajah dan kulit bisa kinclong dengan daun bidara.

7. Mengobat Wasir

Penyakit wasir memang tidak terlampau membahayakan, tetapi sangat merisikan penderitanya. Untuk mengatasinya, anda bisa konsumsi daun bidara ini atau dengan cara mengaplikasikan langsung melalui anus yang bengkak.

8. Melancarkan Haid

Bagi kaum hawa, haid kadang datang dengan cara yang ‘kejam’. Akhirnya mereka pun hanya berdiam diri di kamar sembari menahan nyerinya gangguan tersebut. Selain itu, terkadang siklus haid pun tidak beraturan sehingga membuat panik.

Untuk mengatasinya, anda bisa melalui daun bidara ini. caranya cukup dengan mengkonsumsinya baik dibuat jus atau pun dalam bentuk teh. Yang jelas, ketika seseoran mengkonsumsi daun ini, hormon dalam tubuhnya akan seimbang dan siklus haidnya normal kembali.

9. Menurunkan Berat Badan

Sudah berupaya diet namun tak kunjung terlihat hasil? Mungkin ada yang mengalami kejadian seperti ini. untuk mengetasinya, cobalah anda konsumsi daun bidara. Khasiat daun ini diklaim mampu membantu menurunkan berat badan.

Cara mengkonsumsinya anda bisa meminum air rendaman daun bidara setelah direndam semalaman. Manfaatnya ampuh untuk membakar lemak. Ini bisa dicoba!

10. Membersihkan Tubuh

Manfaat daun bidara juga bisa dijadikan bahan sabun dan ini sudah lumrah. Karena itu, anda juga bisa memanfaat daun ini untuk membersihkan tubuh secara langsung. Di samping itu, daun bidara juga bisa digunakan untuk membersihkan daerah kewanitaan sebagaimana daun sirih.

11. Merawat Rambut

Rambut termasuk bagian berharga dalam hidp ini. betul? Pasti betul. Kalao tidak, mana mungkin ada sekian orang yang menaroh perhatian ke khusus ke rambut. Nah, daripada melakukan perawatan di salon-salon yang super duper mahal, ternyata daun bidara juga bisa dijadikan alternative.

Melalui daun ini, rambut pun bisa sehat dan kuat sehingga berbagai penyakit rambut seperti rontok dan rusak pun dapat dihindari.

Itulah sekelumit manfaat daun bidara yang sangat misterius dan menakjubkan. Manfaat-manfaat di atas memang tidak didasarkan pada penelitian ilmian di labolatorium. Mudah-muadahan kedepannya ada yang berkenan melakukan itu sehingga kita bisa update informasi menjadi lebih valid lagi. Demikian terima kasih!

BACA : Manfaat Tanaman Bajakah

Manfaat Pohon Damar untuk Kehidupan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.