Manfaat Pohon Damar untuk Industri, Ekonomi, Seni dan Kesehatan

Manfaat Pohon Damar – Pohon Damar adalah satu jenis pohon pinus di Indonesia yang mulai langka. Persebarannya sudah mulai terancam kepunahan karena banyak penebangan liar yang terjadi.

Pohon ini bisa ditemukan di daerah pegunungan daerah Jawa, Maluku, dan Sulawesi.

Manfaat pohon damar ada pada bagian batang kayu dan getahnya. Karena itu, untuk mendapatkannya dibutuhkan upaya untuk mengeluarkan getah tersebut.

Aktifitas ini biasa disebut “Sadap” atau “Menyadap”. Maksudnya menyadap getah pohon damar.

Kalau anda pernah main ke kebun karet barangkali anda tahu aktifitas menyadap getahnya. Hanya saja ada sedikit perbedaan cara menyadap getah damar dengan getah karet.

Karena itu selain mengurai manfaat getah pohon damar, tulisan ini juga menyajikan informasi mengenai cara menyadap getah pohon damar.

Manfaat Getah Pohon Damar

Sebetulnya ada sekian banyak manfaat pohon damar. Selain getahnya yang menjadi sumber pencaharian sebagian masyarakat Maluku dan Sulawesi,

pohon ini juga memiliki sumbangsih untuk menjaga kesejukan udara karena pohonnya tinggi dan daunnya rindang.

Makanya dalam konteks Jawa, pohon ini sangat berguna untuk kontra polusi.

1. Untuk Pembuatan Kopal

Kopal adalah salah satu bahan terpenting dalam industri kertas. Yaitu hasil olahan dari resin getah pohon damar yang memiliki manfaat untuk melapisi kertas, sehingga tinta yang menempel pada kertas tidak luber.

Kopal ini dihasilkan oleh pohon damar.

2. Sebagai Mata Cincin

Kopal sering dimanfaatkan juga sebagai batu cincin. Kopal atau batu damar ini ketika membeku dapat mengeras dan mengeluarkan warna indah, sehingga banyak yang memanfaatkannya untuk batu cincin.

3. Sebagai Lem

Ekstrak atau resin kayu damar biasa digunakan untuk pembuatan lem. Lem yang diperoleh dari kayu damar ini dipakai pada kapal yang terbuat dari kayu. Dapat juga digunakan untuk berbagai furniture dari bahan kayu.

BACA : Buah Bintaro Pengusir Tikus, Lari Terbirit-Birit

4. Bahan Campuran Minyak Wangi atau Parfum

Ekstrak damar tidak asing lagi bagi penggiat bidang industri parfum. Ekstrak damar ini menjadi bahan utama pada pembuatan parfum. Pengolahan ekstrak damar ini dapat memunculkan wewangian alami dari pohon ini.

5. Sebagai Hiasan dan Juga Peneduh

Pohon damar adalah pohon besar berdaun lebat. Karena itu, pohon ini sering ditanam secara sengaja untuk menjadi media peneduh.

Bentuknya yang besar dan cantik, seringkali dimanfaatkan sebagai pohon hiasan baik di taman ataupun pinggiran jalan raya yang dapat mempercantik penataan kota.

6. Sebagai Vernis

Ekstrak damar sering dijadikan sebagai vernis. Dengan vernis pohon damar, objek-objek yang dilapisinya akan tampak lebih mengkilap.

Biasanya dibuat menjadi vernis untuk melapisi meubel atau furniture, bisa juga menjadi vernis dari lukisan-lukisan bermedia kanvas.

7. Sebagai Kayu Penyangga Atap Rumah

Di daerah-daerah tertentu, kayu damar digunakan untuk kerangka atap rumah. Meskipun tidak sekuat kayu jati atau kayu cendana, tapi para kontraktor biasanya memiliki minat besar terhadap kayu damar ini dalam pembuatan rangka atap rumah.

8. Penyedia Oksigen

Sebagai pohon yang berfotosintesis, biasanya ada proses memasak makanannya sendiri.

Pada saat itulah, pohon damar akan melepaskan oksigen ke udara yang akan membuat udara menjadi lebih segar dalam membantu proses pernafasan manusia.

9. Mencegah Banjir

Pohon damar memiliki batang besar dan kuat, sehingga dapat membantu pencegahan banjir di daerah-daerah. Sebab, sekumpulan pohon damar dapat menjadi tempat penyerapan dan peresapan air yang sangat baik.

10. Sebagai Pelapis Pada Korek Api

Lapisan dari kayu damar memiliki efek dapat membuat kayu dari korek api menjadi tidak mudah terbakar saat dinyalakan. Karena itulah, lapisan kayu damar ini digunakan dalam pembuatan korek api.

11. Bahan Campuran Pewarna Kain Batik

Batik adalah salah satu kesenian tradisional Indonesia. Dibuat dengan lukis tangan, dengan menggunakan lilin serta campuran dari ekstrak damar. Karena itu, ekstrak damar menjadi bahan penting dalam proses membatik.

12. Sebagai Pembungkus Kabel Bawah Tanah

Jalur kabel yang berada di bawah tanah dan kabel yang ada di dasar laut biasanya dibungkus oleh damar. Hal ini membuat kabel tersebut terlindungi dengan baik.

BACA : Manfaat Kumar Muda yang Bikin Geleng-Geleng Kepala

Harga Getah Damar Terbaru 2019 – 2020

panen getah damar

petani getah damar

Berdasarkan penelusuran kami yang paling update, harga getah damar saat ini -getah yang sudah dibersihkan- Rp. 20.000 per kg. Harga segitu adalah harga getah yang dijual ke pengepul di kampung.

Adapun harga di kecamatan, kabupaten atau pun provinsi tentu saja akan berbeda. Kami belum melacak harga di daerah-daerah tersebut.

Demikian manfaat pohon damar untuk kehidupan manusia. Karena manfaat yang banyak itulah, keterancaman kepunahan pada pohon damar meski diatasi.

Butuh ada upaya perlindungan dari pemerintah, agar populasi pohon damar ini bisa terlindungi dan terjaga.

Cara Sadap Getah Damar

manfaat pohon damar

getah pohon damar

Sadap adalah aktifitas tertentu yang dilakukan untuk mendapatkan getah dari sebuah pohon. Karena itu sadap bisa beragam tergantung getah apa yang hendak diambil.

Jika getah karet, disebut sadap getah karet. Jika getah damar maka disebut sadap getah pohon damar. Dan apa saja alat yang harus disiapkan untuk melakukan sadap getah damar dan bagaimana caranya, berikut penjelasannya.

Alat-alat sadap Getah Damar yang harus anda siapkan di antaranya sebagai berikut :

  1. Sediakan golok atau alat khusus sadap (kodukoni)
  2. Siapkan alat mal sadap untuk mengatur bidang yang akan disadap. Alat ini berfungsi untuk membuat gambar sadap terkait kemiringan, pola dan sebagainya untuk jangka tertentu.
  3. Sediakan wadah penampung getah (apa saja termasuk ember)
  4. Siapkan obat perangsang getah yang sudah ramah lingkungan (opsional saja)
  5. Siapkan seprayer kalau dibutuhkan
  6. Siapkan karung untuk tempat getah atau kopal
  7. Siapkan wadah atau kaleng ukuran 5x10cm untuk penampung getah
  8. Siapkan asahan untuk kebutuhan penajaman golok
  9. Siapkan sarana pendukung tangga bambu 3m atau sesuai kebutuhan

Cara Melakukan Sadap Getah Damar

  1. Hitunglah luas dan jumlah untuk mengetahui kuantitas pohon yang akan disadap
  2. pohon di mal atau diukur untuk bidang sadap sehingga tidak merusak bidang lain yang tidak disadap. Ukurannya sekitar 10cm tinggi 180 cm untuk masa 3 tahun
  3. Lakukan Quare penyadapan bidang sadap terhadap luka sadap setelah 3 hari dari penyadapan
  4. Pasang wadah penampung di Bagian bidang sadap yang telah diQuare (dilukai kulitnya)
  5. Biarkan kondisi seperti itu sampai 4 harian, lalu getah akan mengering dan dapat diambil menggunakan alat kodukoni
  6. Lakukan proses penyadapan sebagaimana biasanya
  7. Setelah getah damar diambil, proses berikutnya adalah pembersihan getah tersebut dari kotoran baik kotoran kulit atau benda apapun. Kualitas getar damar bergantung pada kebersihan getah dari campuran apa pun.

Begitulah ringkasan cara penyadapan getah damar yang bisa kami sharingkan. Semoga bermanfaat, ya.

BACA : Manfaat Pohon Kesambi yang Menakjubkan, Mitos atau Fakta?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.