Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Berbuat Baik Tak Pernah Menyesal

Agar dapat mengunjungi situs ini, harap matikan fitur Adblock saudara, ya!

1001 Manfaat Pete untuk Kolesterol dan Asam Urat

/
113 Views

Meski terkesan bau, tetapi manfaat pete sangat penting bagi kesehatan tubuh khususnya untuk kolestrol. Memang tak banyak yang suka, tetapi tuhan tak mungkin sia-sia menciptakannya. Setiap butir per butir pete memiliki kandungan yang luar biasa seperti karbohidrat, protein, lemak, kalsium, vitamin C, citamin E, Thiamin dan sejumlah senyawa kimia lainnya.

Ya makanan yang paling gampang dijumpai di pasar ini memang murah, tetapi ada sekian orang yang bisa terjaga kesehatannya dan tersembuhkan penyakitnya karena mengkonsumsi pete. Oleh sebab itu, meski terkadang makanan ini dikonotasikan makanan pedesaan, makanan orang miskin, tetapi siapa sangka ternyata khasiatnya sangat berguna.

Harganya murah, manfaatnya mahal. Mungkin itulah kata yang pantas untuk mewakili sebuah “pete”. Lantas, jika sebegitu berharganya sebuah pete, apa saja manfaatnya untuk kesehatan. Baiklah, ini dia manfaat pete untuk kesehatan tubuh manusia.

manfaat pete
manfaat pete

1. Memberikan Efek Antioksidan

Seperti yang penjelasan di atas, pete memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi melawan stress oksidatif. Stress ini memiliki dampak yang buruk untuk tubuh karena mampu menghambat detoksifikasi sehingga tidak berjalan sempurna di dalam tubuh. Akhirnya, kangker muncul, darah tinggi, kolestrol dan lain-lain juga bisa muncul. Nah, dengan adanya kandungan oksidan ini, semua itu dapat dihindari.

BACA : Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan

2. Mengurangi Pengerasan Arteri

Selain memiliki antioksidan, pete juga memiliki kandungan likopen yang merupakan karotenoid supaya mampu mengurangi pengerasan arteri dan menurunkan kadar kolestrol. Buah-buahan lain yang mendandung likopen ini contohnya adalah jeruk, semangka dan tomat. Dibanding buah-buahan ini, memang kandungan likopen pada pete masih lebih sedikit, tetapi cukup ampuh untuk memberi efek positif di kelenjar postat dan mengurangi kolesterol jahat.

3. Memiliki Kandungan Niasin

Pete juga memiliki kandungan vitamin B (niasin) dimana kandungan ini memiliki peranan penting untuk menurunkan kolesterol jahat. Bagi anda yang memiliki kandungan kolesterol tinggi, mengkonsumsi lalapan pete sangat penting dan disarankan.

READ  1001- Manfaat Madu Lebah Asli Untuk Kesahatan dan Kecantikan

4. Mengandung Vitamin B3

Selain itu, vitamin B3 juga merupakan vitamin yang larut di air sehingga mampu mengubah karbohidrat menjadi sumber energy dan dalam bersamaan mampu menjaga system pencernaan, system saraf, dan memutihkan kulit. kandungan vitamin B3 dalam pete ini mencapai 15% sehingga mampu meningkatkan kolesterol BAIK sebesar 15%.

5. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas bisa diproduksi tubuh ketika melakukan olah raga misalnya. Untuk mengatasinya, tubuh membutuhkan vitamin C atau asam askorbat yang memiliki antioksidan. Nah kandungan asam askorbat ini juga dapat dijumpai pada pete. Karena itu, untuk membantu tubuh menangkal radikal bebas, konsumsilah pete secara proporsional.

BACA : Manfaat Serah Wangi untuk Kesehatan

6. Mencegah Penyakit Arteri Perifer

Pete memiliki banyak kandungan senyawa, mineral dan vitamin yang mampu mengikis penumpukan plak kolestrol di dinding arteri. Padahal penumpukan plak kolesterol di dindin arteri ini bisa menimbulkan penyakit arteri perifer. Karena itu, untuk mengikis plak tersebut, anda membutuhkan pete dengan segala kandungan yang bermanfaat di dalamnya.

7. Mengikat Kolesterol dan Asam Empedu

Selain kandungan di atas, petei juga memiliki kandungan kalsium yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sebagaimana diketahui, kalsium mampu mengikat asam empedu dan kolesterol dengan mekanisme yang serupa dengan sereat. Dengan begitu, kolesterol dalam tubuh dapat diserap dan tentu saja akan berkurang. Lalu akan keluar menjadi kotoran bersama tinja.

Begitulah sekelumit manfaat pete yang kini hari tak banyak diketahui orang. Barangkali, yang paling masyhur hanyalah sekedar baunya. Padahal, khasiat pete sangat berharga untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, untuk kesekian kalinya kita tercengang dengan ciptaan tuhan ini. sungguh, tak ada yang sia-sia. Semoga bermanfaat.

READ  2019 Manfaat Kayu Ular untuk Pengobatan dan Kesehatan
BACA JUGA: 

1001 Manfaat Minyak Bulus untuk Kecantikan Wanita

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

2 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar