Manfaat Rempah-Rempah Temu Kunci yang Tak Banyak Diketahui

Rempah rempah Temu Kunci adalah tanaman yang sering dijadikan bahan penambah cita rasa makanan. Karena itu, tanaman ini tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Meski memiliki nama yang bervariasi seperti “temu konci” “temo kunce” atau “kunci” saja tetapi tetap saja mudah dikenali.

Hal itu karena tanaman ini terlampau mudah dijumpai di setiap daerah. Kalau anda termasuk orang yang sering belanja ke pasar tradisional, mungkin tidak terlalu sulit mengenali rempah-rempah ini.

Sebaliknya, jika kesehariannya hanya bermain gadget, facebookan, instagraman, maen game layaknya anak milenial, mungkin sulit mengetahuinya.

Meski dikenal sebagai penambah cita rasa makanan, tetapi siapa sangka ternyata tanaman yang memiliki nama ilmiah “Boesenbergia rotunda” ini ternyata menyimpan seribu satu manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

So, mari kita kenali apa saja khasiat tersebut. Dengan begitu, kita akan tahu bahwa tanaman yang selama ini kita kenal ternyata sangat berharga.

Manfaat Rempah – Rempah Temu Kunci

Perlu kita ketahui, tanaman rempah temu kunci termasuk jenis tanaman temu-temuan seperti halnya lengkuas dan temulawak.

Dengan bentuk bulat seperti kencur dan warna kuning keputihan, tanaman ini dapat dengan mudah ditemua di negara-negara asia tenggara terutama di Indonesia. Adapun manfaat tanaman temu kunci adalah sebagai berikut :

1. Dapat Mencegah Maag

Infeksi bakteri helicobacter pylori dapat menyebabkan maag. Jika dibiarkan, bakteri ini akan berakibat lebih fatal lagi yaitu kanker usus besar dan penyakit lambung kronis.

Untuk mengatasi infeksi sejenis ini tubuh harus memiliki komponen flavonoid yang berfungsi untuk menghambat laju infeksi tersebut. Nah, kandungan flavonoid ada pada temu kunci.

Untuk mengkonsumsinya, anda bisa menggunakan berbagai cara termasuk menggunakan minyak ekstrak akar temu konci.

Hanya saja perlu anda ketahui, terapi herbal seperti ini barangkali tidak terlampau cepat mengatasinya, karena itu anggap saja terapi ini sebagai terapi tambahan dimana anda harus tetap berkonsultasi dengan dokter.

BACA :Manfaat Pete untuk Kolesterol 

2. Mencegah Gigi Berlubang

Gigi berlubang diakibatkan karena bakteri streptococcus mutans dan lactobacillus yang hidup secara alami di mulut.

Untuk mengatasi bakteri tersebut anda membutuhkan senyawa aktif yang bisa anda temukan pada tanaman temu kunci. Adapun cara menggunakannya, anda bisa lakukan dengan cara mencapurkannya ke pasta gigi lalu berkumur.

3. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Diyakini bahwa daunt emu kunci memiliki daya tangkal terhadap racun dan memiliki sifat anti radang, antibakteri dan antioksidan yang sangat diperlukan untuk mengatasi masalah pencernaan.

Selain itu, temu kunci juga memiliki kandungan senyawa pinostrobin yang berfungsi untuk melindungi kesehatan lambung, usus, dan organ lainnya.

4. Meningkatkan Gairah Seks

Kurang bergairahnya dalam hal seksual acapkali menjadi bibit penyebab keretakan rumah tangga. Meski mulanya biasa saja, tetapi jika tidak diatasi akan berakibat fatal.

Untuk mengatasinya, anda bisa mengkonsumi tanaman temu kunci. Dalam sebuah research oleh Pharmacognosy Reviews membuktikan bahwa dalam tanaman ini memiliki khasiat afrodisiak.

Afrodisiak adalah jenis makanan atau minuman yang memiliki khasiat menaikkan gairah seksual seseorang.

Oleh sebab itu, tak heran jika tanaman temu kunci yang memiliki berbagai zat aktif seperti minyak atsiri, alkaloid, asam fenolik, flavonoid dan ditambah lagi memiliki senyawa boesenbergin, panduratin, krachaizin, pinostrobin sangat bermanfaat untuk menaikkan libido.

Dengan demikian, bagi anda yang selama ini lemah atau tak bergairah sama sekali, cobalah konsumsi tanaman tersebut.

Banyak penelitian membuktikan bahwa pria yang mengkomsi tanaman ini memiliki kualitas sperma yang lebih baik.

Khasiat Tanaman Temu Kunci Lainnya :

temu konci

manfaat temu kunci

√ Sebagai Bumbu
√ Melancarkan Buang Air Kecil
√ Obat Masuk Angin
√ Meningkatkan Stamina Tubuh
√ Melancarkan Produksi ASI
√ Mengobati Gatal-gatal
√ Mengatasi Panas Dalam
√ Menurunkan Kolesterol dalam
√ Mencegah Penyakit Tumor dan Kanker
√ Obat Keputihan
√ Anti Mikroba
√ Obat Batuk
√ Mengurangi Jerawat
√ Meningkatkan Nafsu
√ Penghilang Nyeri
√ Melancarkan
√ Mengurangi Bau Badan
√ Sebagai Antioksidan
√ Memperindah Kulit
√ Meringankan Depresi
√ Mengurangi Kadar Gula dalam Darah

Demikian sekelumit tentang tanaman temu kunci yang dapat kami sharingkan. Mudah-mudahan bermanfaat.

Jika ada kekeliruan, atau ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tulis pada kolom komentar di bawah artikel ini. demikian!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.