Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Berbuat Baik Tak Pernah Menyesal

Agar dapat mengunjungi situs ini, harap matikan fitur Adblock saudara, ya!

img

20 – Cara Mengobati Sakit Perut Anak Kecil Paling Ampuh

/
/
17446 Views

Seringkali seorang anak sakit perut sehingga membuat orangtuanya kebingungan. Penyebab sakit perut itu bisa diakibatkan diare, perut kembung, komsumsi makanan yang tidak terseleksi, minum minuman kemasan, atau bisa juga karena tekanan tugas sekolah yang tidak dimengerti. Nah, untuk mengatasi hal itu, ada beberapa tips untuk menyembuhkannya. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa cara mengobati sakit perut pada anak secara alami sebelum dibawa ke dokter, yaitu:

1. Berikan Minuman Jahe

minuman jahe obat sakit perut anak
minuman jahe

Minuman ini dipercaya mengandung gingerol aktif yang bisa menjaga sistem pencernaan anak. Ketika anak tiba-tiba sakit perut, yang membuatnya tidak tenang, membuatnya seperti ingin muntah-muntah, maka minuman jahe ini dapat menenangkannya. Tidak hanya itu, kandungan gingerol pada jahe juga dapat meredakan asam lambung berlebihan yang menyebabkan mag pada anak sehingga segera sembuh. Caranya membuatnya cukup sederhana, anda tinggal menyediakan air kemudian rebus bersama jahe segar. Setelah dirasa cukup matang, biarkan air tersebut sampai hangat. Lalu minumkan kepada anak, insyaAllah sakit perut anak akan sembuh (catatan: untuk anak yang berumur di atas 4 tahun aja ya).

2. Tempelkan air hangat ke bagian sakit perut anak (bisa pake botol atau kain)

kantong untuk kompres perut
alat kompres perut

Cara ini juga cukup efektif untuk mengatasi perut anak yang kembung, mual atau gas yang berlebihan. Dengan ditempelkannya kain atau botol yang berisi air hangat, dipercaya akan memberikan ransangan yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit pada perut. Cara ini memang sering dilakukan oleh ibu-ibu jaman old (dulu) untuk anak-anaknya, entah mereka tahu dari mana yang jelas cara ini dinilai memiliki pengaruh yang baik untuk menyembuhkannya.

3. Pijat ujung jari kaki anak

ujung jari kaki anak
memijat ujung jari kaki anak

Ada beberapa syaraf yang terhubung dengan organ di perut, salah satunya kaki. Maka ketika anak atau bayi sakit perut, kita bisa mencari urat syaraf khusus yang tersambung ke kaki tersebut. Dengan menekan kaki, tepat letaknya di dekat ibu jari dan ujung setiap jari kaki, maka tekanan itu akan membuat nyaman pada si anak sehingga sakitnya segera hilang. Coba saja praktekan, lakukan pijatan kaki ini sampai rasa nyeri si anak hilang alias sembuh.

4. Meminum teh daun mint

teh daun mint mengobati sakit perut anak
memijat ujung jari kaki anak

Teh daun ini bisa mengatasi rasa sakit pada perut anak. Bisa mengatasi sakit perut akibat gas berlebihan, sembelit, dan juga membuat saluran usus lebih baik. Daun ini bekerja dengan meningkatkan darah dalam empedu sehingga sistem pencernaan kembali normal. Cara membuatnya cukup gampang, campurkan daun mint dengan air hangat, bisa juga air dingin. Hanya saja perlu diperhatikan, jika setelah meminum air daun ini ternyata sakit si anak malah menjadi-madi, maka jangan diberikan lagi. Mungkin perut dia terlalu sensitif sehingga tidak cocok dengan daun air daun ini.

5. Makanan tawar

Bagi anak yang sakit perut karena mag, iritasi lambung dan gas berlebihan, mengkonsumsi makanan tawar sangat baik dan bisa mengurangi rasa nyeri perut. Makanan tawar misalnya nasi merah, sereal, roti tawar dan sebagainya. Pada konteks ini, jangan berikan makanan yang asam berlebihan, atau makanan-makanan yang bisa merangsang perut sakit.

Baca: Khasiat Wedang Jahe untuk Ibu Hamil

6. Berikan air putih

air putih mengobati sakit perut
air putih

Bagi anak yang perutnya sakit, air putih ini akan memberikan pengganti bagi cairan yang hilang. Apalagi anak yang muntah-muntah, mual-mual, tentu ia dapat mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, air putih ini dapat menggantikannya. Tidak hanya air putih, air-air yang bisa menggantikan elektrolit tubuh juga bisa didapat dari air sayur sup yang mengandung bawang putih dan juga air kaldu. Cukup sederhana kan?

7. Berikan makanan yang mudah dicerna usus

pisang makanan sehat
pisang

Upayakan selalu makanan-makanan seperti ini. Sebab, ketika sedang sakit perut, usus memerlukan makanan yang mudah dicerna, bukan yang sulit sehingga malah tugasnya semakin berat. Beberapa contoh makanan yang mudah dicerna misalnya sebagai berikut,

  1. Roti putih. Makanan ini untuk menggantikan nasi (karbohidrat). Tetapi jangan memberikan roti yang dicampur selai apalagi yang ada kacangnya. Cukup roti putih saja yang halus, lembut dan lembut agar mudah dicerna usus.
  2. Nasi putih yang lembut yang memiliki tekstur lunak, agak manis, seratnya sedikit.
  3. Apel, makanan ini mengandung gula dan karbohidrat. Sangat baik untuk anak yang sedang sakit perut. Buah ini juga mengandung pektin yang bisa mengatasi diare atau mual.
  4. Pisang, buah ini mengandung kalsium dan mineral kalium yang tinggi. Sangat baik untuk anak yang sakit perut.

8. Berikan teh adas

Teh dengan bahan adas manis mengandung senyawa alami sehingga dapat mengatasi perut yang sakit terutama akitbat kembung, mag, muntah dan juga mual. Yang penting tidak berlebihan, sesuai porsinya saja. Justru kalau dikonsumsi secara berlebih, akan menyebabkan sakit perut, iritasi dan bisul pada usus.

9. Berikan air lemon

air lemon mengatasi sakit perut anak
air lemon

Terutama pada anak dengan umur di atas lima tahun, minuman ini dapat membantu menyembuhkan mereka tatkala mengalami sakit perut. Air ini mengandung vitamin C sehingga sangat bagus untuk pencernaan dan mencegah penyakit flu dan masuk angin.

10. Air garam cegah sakit perut anak

air garam mengandung elektrolit
air garam

Saya pribadi masih inget, sewaktu kecil kalau saya sakit, ibu saya sering buatkan air ini. Garam dicampur air kemudian diminumkan ke saya. Ternyata air ini bisa menggantikan cairan elektrolit yang terkuras akibat sakit perut. Cara membuatnya sangat gampang, campurkan garam sebanyak setengah sendok dengan air hangat segelas. Selesai. 

11. Bawa ke dokter

Jika rasa sakit perut tak kunjung hilang, perasaan selalu mual dan ingin muntah, sementara berbagai obat alami justru memperparah, sebaiknya anak tersebut di bawa ke dokter. Tapi sebagai langkah terakhir, coba satu usaha lagi yaitu dikerik (dikerok) menggunakan bawang. Cara ini biasanya cukup ampuh menyembuhkan si anak. Adapun bagian yang dikerik, lakukan di punggung dan di balik lutut. Bila memiliki efek samping, biasanya si anak akan menangis keras-keras.

mengatasi masuk angin dengan dikerokin
bekas dikerokin

Berbeda dengan anak kecil, anak dewasa justru dianjurkan agar tidak sering dikerik. Menurut para doktorer hal itu akan membuat lubang pori-pori kulit semakin besar sehingga mudah mengalami masuk angin nantinya. Hanya saja, pada beberapa waktu dikerik sangat dibutuhkan. Misalnya, dulu saya mengalami sakit perut yang luar biasa, tubuh saya menggigil, kaki keram, penglihatan agak remang-remang. Sakit perutnya tidak seperti biasa, perasaannya seperti ada sesuatu di dalam tubuh bagian kanan.

Karena tak kunjung sembuh, padahal upaya-upaya seperti dipijat sudah dilakukan, maka saya putuskan pergi ke dokter. Di rumah sakit, dokter menyuntikan anti nyeri, ternyata tidak ampuh. Akhirnya dokter menganjurkan untuk diperiksa pake usg, menurutnya khawatir ada sesuatu seprti batu. Saya turuti, dan ternyata tetap sehat. Tidak ada apa-apa. Bayangkan, waktu itu saya ke rumah sakit sekitar jam 9, sampe dzuhur sakitnya tak kunjung hilang, bahkan sampe jam 1, jam 2, jam 3 semakin nyeri.

Beberapa teman memberi makan dan minum, tetapi setiap seteguk air dan secuil roti yang saya makan, malah muntah kembali. Lalu dokter menganjurkan periksa ke spesialis urine, Cuma tidak bisa hari itu. Katanya saya harus di rawat di rs dulu. Lalu saya menolak, saya katakan cukup. Saya ingin pulang. Apa boleh buat, dokter terpaksa mengizinkan saya yang ngotot itu.

Sewaktu di asrama, saya minta ke teman-teman untuk dikerik. Barangkali masuk angin yang terlalu lama. Dan waktu itu sudah jam setengah 17. Alhamdulillah, setelah dikerik ternyata sembuh. dan makanan yang saya makan setelah itu tidak muntah lagi. Alhamdulilah malamnya sembuh. makan dengan lahap dan tidur dengan pulas, mungkin karena seharian urat-urat perut menahan sakit, rasanya sangat capeeeeek dan remuk.
Intinya, jangan sepelekan pengobatan tradisional. Seperti dikerik, sewaktu-waktu menjadi obat ampuh.
Semoga bermanfaat

Artikel Populer

20- Manfaat Lada Putih Bubuk untuk Kesehatan

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

1 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar