Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Berbuat Baik Tak Pernah Menyesal

Agar dapat mengunjungi situs ini, harap matikan fitur Adblock saudara, ya!

Buah – Buahan yang Harus Dihindari Ibu Hamil Kalau Tidak, Bisa Fatal

/
177 Views

Buah yang Harus Dihindari Ibu Hamil – Buah menjadi konsumi makanan yang mengandung banyak nutrisi untuk tubuh kita. Tak jarang buah menjadi rujukan cemilan yang bisa menjadi teman bagi orang yang mempedulikan kesehatan tubuh. Apalagi untuk ibu hamil, buah menjadi makanan yang sangat penting karena dapat menyehatkan dan menyegarkan tubuh semasa kehamilan.

Untuk itu banyak pakar kesehatan yang selalu merekomendasikan ibu hamil agar mengkonsumsi buah semasa kehamilannya. Sebab, selain untuk kesehatan dirinya,  si bayi juga harus mendapatkan nutrisi yang cukup. Meski demikian, ada beberapa buah yang harus dihindari bahkan dibatasi dalam pengkonsumsiannya oleh para wanita yang sedang hamil.

Sebab secara alami buah ini mengadung kadar gula yang tinggi, atau karena sulit dicerna oleh tubuh, atau juga karena mengandung senyawa-senyawa yang berbahaya sehingga dapat menyebabkan kontraksi di dalam Rahim sang ibu. Inilah yang menjadi alasan mengapa beberapa buah harus dihindari atau dibatasi oleh wanita hamil.

Buah-Buahan yang Harus Dihindari Bumil

Untuk itu sangat dianjurkan kepada para ibu hamil agar mempunyai informasi yang banyak terkait buah-buahan sebelum hamil. Ini berfungsi untuk menjaga kehatian – hatian terkait dampak negative yang ada pada buah. Artikel ini akan menyajikan beberapa informasi terkait buah – buahan yang berdampak negatif semasa kehamilan. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kurma

jangan mengkonsumsi berlebihan
buah kurma

Untuk yang beragama Islam, Kurma adalah salah satu buah terfavorit yang biasa dikonsumsi ketika bulan ramadhan. Nutrisi kurma sangatlah banyak, tetapi bagi ibu hamil yang memiliki diabetes atau diabetes kehamilan harus mengurangi konsumsi buah ini. Sebab, akan sulit mencerna glukosa yang terkandung di dalamnya.

READ  1001 Manfaat Pete untuk Kolesterol dan Asam Urat

Ini akan berakibat pada peningkatan tekanan gula darah pada si ibu sehingga akan berdampak pada janin yang ada di dalam Rahim. Sebaiknya ibu diabetes kehamilan, mengkonsumsi kurma pada saat habis melahirkan saja. Ini akan mengurangi resiko kepada janin yang ada pada rahim ibu.

BACA : Manfaat Minyak Bulus untuk Kecantikan Wanita

2. Nanas

jangan mengkonsumsi berlebihan
buah nanas

Buah nanas adalah buah yang memiliki kadar protein, mineral dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Tetapi ketika kamu dalam kondisi hamil muda sebaiknya menghindari memakan buah ini.

Bukan hanya isapan rumor saja terkait nanas dapat menggugurkan kehamilan, sudah terbukti pengkonsumsian yang berlebihan akan memicu kontraksi pada Rahim sang ibu. Bromelain adalah enzim yang terkandung didalam nanas, ini yang membuat rumor tersebut bukan hanya sekedar isapan jempol.

Alasannya karena enzim ini akan menyebabkan serviks melemah, sehingga kontraksi bahkan keguguran bisa terjadi usai sang ibu hamil mengkonsumi buah ini. Selain itu, nanas juga mengandung kadar gula yang tinggi. Ini akan berbahaya bagi ibu hamil yang memiliki penyakit diabetes gestasional.

3. Anggur

jangan mengkonsumsi berlebihan
buah anggur

Ibu hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi anggur. Alasannya karena buah Anggur memiliki teksture kulit yang susah dicerna oleh tubuh, sehingga sangat beresiko terkena sembelit atau konstipasi ketika ibu hamil mengkonsumsinya ketika hamil.

Selain itu anggur merupakan buah yang banyak disirami pestisida ketika masa pembudidayaan. Ini sangat berbahaya jika para ibu hamil mengkonsumsi buah berpestisida. Disamping itu anggur mengadung karbohidrat yang bisa diubah menjadi glukosa dalam tubuh sehingga mengakibatkan pengingkatan tekanan gula darah pada ibu hamil.

3. Pepaya

jangan mengkonsumsi berlebihan
buah pepaya

Buah papaya merupakan buah yang memiliki banyak khasiat, terutama untuk mata, kulit dan juga pencernaan. Tetapi ibu hamil harus menghindari papaya yang mentah atau setengah matang karena ada kandungan senyawa dan lateks di dalam getahnya. Senyawa ini cukup berbahaya karena akan menimbulkan konstraksi bahkan dapat melunakan jalan lahir.

READ  1001- Manfaat Teh Bunga Rosella yang Bikin Tercengang

Ini bisa memicu kelahiran premature pada janin yang ada didalam kandungan ibu. Jadi, baiknya para ibu hamil yang suka papaya untuk tidak mengkonsumsi papaya mentah atau papaya setengah matang dulu ketika masa hamil tiba. Jika ingin mengkonsumsi papaya, para ibu dianjurkan untuk mengkonsumsi papaya yang memiliki kematangan yang bagus.

4. Durian

jangan mengkonsumsi berlebihan
buah durian

Durian merupakan buah yang banyak penggemarnya. Bukan hanya rasanya yang menggoda, baunya yang menusuk hidung, namun pada saat wanita sedang hamil sebaiknya menghidari mengkonsumsi buah ini dulu. Bukan karena efek bau yang menyengat atau kulit yang berduri, tetapi kandungan asam arachidonat serta alkohol yang berbahaya.

Efeknya bisa sampai mengakibatkan kelahiran premature. Apalagi para ibu yang memiliki penyakit magh, ini akan memicu efek nyeri dan mual ketika dimakan berlebihan semasa hamil.

BACA : Manfaat Wedang Jahe untuk Wanita Hamil

5. Nangka

jangan mengkonsumsi berlebihan
buah nangka
Buah yang mempunyai serat yang rendah kalori ini memang memiliki banyak kandungan nutrisi. Ketika menikmati buah ini kita akan mendapatkan nutrisi vitamin A, C, thiamin, kalium, kalsium, riboflavin, zat besi, niasin, dan seng. Tetapi untuk para ibu hamil agar menahan diri untuk mengkonsumsi buah ini semasa kehamilan.

Pasalnya, mengkonsumsi nangka saat hamil akan menyebabkan perut panas sehingga akan membuat perut ibu yang sedang hamil merasa terasa tidak nyaman.

6. Melon

jangan mengkonsumsi berlebihan
buah melon

Buah yang selalu menjadi pelengkap dalam es buah ini memang sedap dikonsumsi. Selain sedap, melon juga mempunyai banyak vitamin dan antioksidan yang bagus untuk tubuh kita. tetapi, ibu hamil diajurkan untuk tidak mengkonsumsinya, terlelbih melon yang berjenis melon merah atau cantaluope.

Ini dikhawatirkan karena kulit melon tercemar bakteri salmonella. Bakteri yang dapat menyebarkan virus TORCH. Jika ibu hamil terkena virus ini, maka bayi yang ada didalam kandungannya akan lahir prepature bahkan berpotensi cacat. Jadi para ibu hamil harus berhati – hati

7. Pisang

jangan mengkonsumsi berlebihan
buah pisang

Pisang adalah buah yang mempunyai kandungan karbohidrat, potassium, vitamin C dan vitamin B. Selain mempunyai banyak kandungan nutrisi, pisang bisa membantu mengatasi masalah pencernaan yang bermasalah.

READ  1001- Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan, Proses Membuat, Dosis, Lengkap

Tetapi, untuk para ibu hamil khususnya ibu hamil yang mempunyai riwayat diabetes gestasional, jangan mengkonsumsi pisang terlalu banyak saat masa kehamilan. Sebab ini akan memicu tekanan  gula darah menjadi naik dan akan berefek kepada kehamilan.

Buah-buah di atas hanya dihindari untuk sementara waktu. Bukan tidak boleh dikonsumsi total. Pada kali lain, ibu hamil boleh mengkonsumsinya dalam takaran secukupnya. Jika terus menerus dikonsumsi, nanti berdampak pada resiko yang akan terjadi untuk kesehatan ibu maupun bayi yang ada didalam kandungannya.

Jika para ibu hamil ingin mengkonsumsi buah, baiknya para ibu memfilter buah mana saja yang boleh dikonsumsi. Oleh sebab itu para ibu harus mempunyai banyak informasi terkait buah-buahan ataupun makanan yang boleh dimakan pada saat masa kehamilan.

Ditulis oleh : Nur Lie

BACA JUGA :

Buah-Buahan untuk Diet Paling Ampuh
 
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

1 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar